Tanaman Hias Jakarta
Tips Merawat Dan Pemupukan Bunga Aglonema Tips Merawat Dan Pemupukan Bunga Aglonema
Merawat tanaman hias merupakan kegiatan yang belakangan ini menjadi hobi banyak orang. Ada berbagai jenis tanaman hias yang cukup populer dan banyak diminati, salah... Tips Merawat Dan Pemupukan Bunga Aglonema

Merawat tanaman hias merupakan kegiatan yang belakangan ini menjadi hobi banyak orang. Ada berbagai jenis tanaman hias yang cukup populer dan banyak diminati, salah satunya adalah Aglaonema. Agar dapat tumbuh dengan subur, anda perlu mengetahui cara merawat dan pemupukan bunga Aglonema ini.

Aglaonema merupakan tanaman yang berasal dari beberapa wilayah di Asia. Seperti Cina, Malaysia, Thailand, hingga Indonesia. Bunga Aglaonema bagi sebagian orang juga dikenal degan nama Sri Rejeki atau Chinese Evergreen.

Cara merawat bunga Aglonema

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda lakukan agar tanaman Aglaonema dapat tumbuh dengan subur :

1. Perhatikan pencahayaan

Di habitat aslinya, Aglaonema hidup dibawah lindungan daun-daun pohon yang lebih tinggi. Tanaman ini tidak menyukai paparan sinar matahari secara langsung karena dapat menyebabkan daunnya terbakar. Sebagai tanaman hias, anda bisa memposisikan tanaman ini ditempat yang teduh seperti teras rumah atau di dalam ruangan.

Meletakkan Aglaonema ditempat yang teduh juga bukan berarti meletakkannya di tempat yang sangat minim cahaya. Tempat teduh dan terang adalah lokasi yang ideal untuk tanaman ini. Jika anda merawat Aglaonema di dalam ruangan, posisikan tanaman ini di dekat jendela agar tidak kekurangan siraman cahaya matahari.

Baca Juga :  Jenis Aglaonema Lokal Yang Cantik Dan Wajib Untuk Dimiliki

2. Jaga suhu dan temperatur

Suhu kamar adalah lingkungan yang sangat disukai oleh hampir semua jenis bunga Aglaonema. Letakkan tanaman ini pada lokasi dengan suhu antara 18 – 25 derajat celcius. Sebagai tanaman hutan hujan tropis, suhu yang terlalu dingin atau yang terlalu panas sangat tidak baik untuk tanaman ini.

cara merawat dan pemupukan bunga aglonema

3. Jaga kelembapan udara

Di habitat aslinya, tanaman Aglaonema hidup di lingkungan yang lembab. Idealnya, anda dapat meletakkan tanaman ini di lokasi dengan kelembapan diatas 50%. Kelembapan yang turun hingga 40% masih bisa di toleransi, namun jika melebihi batas tersebut tentu ini tidak baik untuk tanaman.

Anda dapat meningkatkan kelembapan dengan cara memposisikannya berdekatan dengan beberapa tanaman hias yang lain. Atau, gunakan pot yang memiliki wadah penampungan air. Sehingga ketika air tersebut menguap, maka kelembapan di sekitar tanaman ini juga akan tetap terjaga.

4. Jangan siram berlebihan

Aglaonema menyukai kondisi tanah yang lembab. Disarankan untuk segera lakukan penyiraman jika tanah sudah terlihat mulai kering. Jika tanaman ini diletakkan di luar ruangan, frekuensi penyiraman akan lebih sering dibandingkan dengan tanaman yang ada di dalam ruangan.

Faktor cuaca dan panas akan mempengaruhi jadwal penyiraman anda. Perlu di perhatikan, menyiram tanaman ini secara berlebih juga tidak di sarankan. Air yang menggenang dapat merusak akar dan membuatnya membusuk. Kuncinya adalah mengontrol kondisi tanah agar selalu dalam keadaan lembap.

Baca Juga :  Cara Merawat Aglonema Suksom Jaipong Agar Merah Merona

5. Lakukan pemupukan bunga Aglaonema secara rutin

Setiap tanaman membutuhkan tambahan nutrisi agar bisa tumbuh lebih baik. Begitu juga halnya dengan tanaman hias yang satu ini. Berikut ini beberapa pilihan pupuk yang bisa anda berikan :

  • Humus. Pupuk jenis ini memang agak sulit untuk ditemukan. Berikan cukup satu genggam pupuk untuk satu pot tanaman Aglaonema.
  • Kompos. Pupuk kompos memiliki kandungan unsur hara yang cukup tinggi. Pupuk jenis ini berasal dari penguraian sisa hewan dan tanaman.
  • Pupuk Kandang. Sisa-sisa dari kotoran hewan sangat bagus untuk perkembangan tanaman Aglaonema. Namun, jika anda menempatkan tanaman ini didalam ruangan, tentu memberikannya pupuk kandang dapat menganggu kualitas udara di ruangan.
  • NPK Mutiara. Tidak sulit untuk menemukan pupuk jenis ini. Haluskan terlebih dahulu butiran pupuk ini kemudian benamkan di sekeliling tanaman.

Demikianlah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam merawat dan pemupukan bunga Aglaonema. Semoga tulisan ini bisa membantu dan tanaman anda bisa tumbuh dengan subur.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *