Tanaman Hias Jakarta
Tips Cara Memperbanyak Gelombang Cinta Dirumah Tips Cara Memperbanyak Gelombang Cinta Dirumah
Bercocok tanam kini menjadi salah satu hobi yang digemari banyak orang. Ramai dari mereka yang mengoleksi berbagai jenis tanaman hias, salah satunya adalah Anthurium... Tips Cara Memperbanyak Gelombang Cinta Dirumah

Bercocok tanam kini menjadi salah satu hobi yang digemari banyak orang. Ramai dari mereka yang mengoleksi berbagai jenis tanaman hias, salah satunya adalah Anthurium gelombang cinta. Tanaman ini memiliki bentuk yang unik dan menarik tak heran jika banyak yang ingin mengetahui cara memperbanyak gelombang cinta.

Tentang Gelombang Cinta

Sesuai namanya, tanaman ini orang-orang namai gelombang cinta karena bentuk daunnya yang bergelombang. Jenis bunga Anthurium ini memiliki bentuk yang cantik dan indah. Seiring berjalannya waktu gelombang cinta juga bisa tumbuh subur dan besar dari ukuran saat penanaman.

Daya tarik tanaman gelombang cinta memang cukup tinggi sebagai tanaman hias di dalam ruangan dengan bentuk gelombang daunnya yang indah. Tanaman ini juga dikenal dengan anthurium dan merupakan varietas asli dari Indonesia.

Untuk tanaman jenis anthurium sendiri terdiri dari berbagai jenis. Contohnya seperti pedatoradiatum/wali songo, macrolobum, hybridum/lidah gajah, scherzerianum, crystallinum/kuping gajah, rafidooa, dan andraeanum.

tips cara memperbanyak anthurium gelombang cinta dirumah

Cara Budidaya Gelombang Cinta

Gelombang cinta atau anthurium memang sangat cocok untuk Anda tempatkan di dalam ruangan agar terlihat lebih indah, sejuk, dan memberikan kesan natural. Tanaman ini bahkan dulunya dipuja sebagai tanaman sang raja.

Jika ingin membudidayakannya, Anda bisa mengikuti tips dan cara memperbanyak gelombang cinta berikut ini:

1. Menanam dengan Biji

Salah satu cara efektif memperbanyak gelombang cinta adalah dengan menanam banyak biji atau benih. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya:

  • Ambil biji yang sudah mulai matang dari gelombang cinta yang biasanya tampak ketika biji sudah berjatuhan
  • Siapkan media semai untuk menanam biji gelombang cinta
  • Media semai bisa berupa campuran arang sekam padi, tanah halus, atau pupuk organik yang tercampur secara merata
  • Masukkan media semai ke dalam pot kecil
  • Semai satu per satu pot agar tidak repot untuk memindahkan bibit
  • Gunakan pupuk organik atau arang sekam padi secara tipis kira-kira 2-3 cm untuk menutup biji gelombang cinta
  • Tutup pot dengan plastik agar tanah atau media semai biji terjaga kelembabannya setelah disiram
  • Lakukan penyiraman setiap hari secara rutin hingga bibit tumbuh dan pindahkan ke media yang ukurannya lebih dari 3 cm
Baca Juga :  7 Cara Merawat Bunga Gelombang Cinta dalam Pot

2. Menggunakan Metode Split

Anda juga dapat memperbanyak tanaman gelombang cinta dengan metode split. Teknis pengerjaannya adalah sebagai berikut:

  • Potong atau pisahkan tanaman menggunakan split dan pastikan tanaman tersebut dalam kondisi baik, sehat, serta tidak terserang hama penyakit
  • Letakkan tanaman yang Anda split di area teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung
  • Tunggu hingga tunas baru muncul
  • Gunakan pisau yang tajam dan steril untuk menghindari terjadinya pembusukan pada bekas yang Anda potong
  • Gunakan pasir sebagai campuran media tanam dan jaga kelembabannya agar jangan terlalu basah maupun terlalu kering
  • Bekas yang dipotong bisa Anda berikan fungisida atau anti jamur
  • Jangan terlalu tergesa-gesa untuk memindahkan tunas meskipun sudah muncul pada bonggolnya dan tunggu hingga 2 – 3 helai daun muncul
  • Tambahkan nutrisi dengan dosis yang tepat agar pertumbuhan akar dan tunas dapat terangsang

Merawat Anthurium Gelombang Cinta di Rumah

Kurang lengkap rasanya jika kami tidak memberikan informasi mengenai beberapa hal yang juga perlu anda perhatikan setelah mengetahui cara memperbanyak gelombang cinta. Untuk itu, harap perhatikan beberapa hal berikut ini selama anda merawatya:

beberapa tips cara memperbanyak gelombang cinta dirumah

1. Memilih Pot yang Tepat

Setelah bibit yang Anda tanam sudah mulai tumbuh dengan baik, maka sudah saatnya untuk memindahkannya ke dalam pot atau wadah yang lebih besar. Pilih pot yang tepat sesuai jenis dan ukuran tanaman. Pada umumnya pot plastik adalah jenis pot yang paling sering orang-orang gunakan.

Baca Juga :  Cara Merawat Anthurium Crystallinum Untuk Pemula

Karena pot ini memiliki kelebihan berupa bobotnya yang ringan, ukuran beragam, lebih mudah dalam penyimpanan, warna banyak, serta relatif lebih murah. Namun, pori-pori pada pot ini hanya sedikit di bagian bawah sehingga dapat memperlambat penggantian air.

Sebaiknya sesuaikan ukuran pot dengan tanaman gelombang cinta yang Anda tanam. Karena semakin besar ukuran pot yang digunakan, maka gelombang cinta akan tumbuh lebih besar dan lebih subur. Perbandingan antara diameter pot dengan tinggi tanaman idealnya adalah 1:2. Diameter pot harus mencapai 705 panjang tanaman.

2. Pemilihan Media Tanam

Memilih media tanam untuk Anthurium adalah hal yang tak kalah penting dengan tips lainnya. Anda bisa menggunakan pupuk kandang, hukum, atau pasir sebagai media tanam. Pada sebagian bawah pot bisa diisi dengan pecahan genteng dan masukkan bibit tanaman ke dalamnya.

Setelah itu timbun hingga menutupi akar menggunakan campuran media tanam lainnya. Tujuan dari cara ini adalah untuk melancarkan sirkulasi air agar akar memiliki ruang untuk tetap bertumbuh tanpa ada hambatan berarti. Pecahan genteng memberikan ruang atau rongga bagi tanaman agar dapat tumbuh dengan maksimal.

3. Perawatan Rutin

Proses perawatan tak kalah penting untuk Anda perhatikan agar budidaya gelombang cinta dapat tumbuh dengan baik. Letakkan tanaman ini di bawah tempat yang teduh dan beratap. Berikut ini langkah-langkah perawatan yang tepat untuk gelombang cinta, di antaranya:

  • Mengganti pot secara berkala sesuai dengan pertumbuhan dari gelombang cinta
  • Pindahkan tunas baru yang sudah tumbuh ke dalam pot yang lebih kecil sehingga dapat berkembang dengan maksimal dan sempurna
  • Jemur di pagi hari untuk mendapatkan sinar matahari, namun pastikan agar tidak terpapar sinar matahari langsung dalam waktu lama
  • Menyesuaikan proses penyiraman dengan kondisi media tanam dan sebaiknya jangan biarkan terlalu kering maupun basah
  • Tumbuhan tidak akan berkembang dengan baik jika tanaman terlalu basah sehingga cukup lakukan penyiraman sebanyak 2 kali setiap harinya
  • Jaga keindahan daun dengan cara mengoleskan cairan susu ke permukaannya agar tetap terjaga keindahannya
  • Lakukan pemupukan dengan dosis yang tepat untuk merangsang pertumbuhan tanaman
Baca Juga :  Tips Merawat Anthurium Andraeanum Untuk Pemula

Cara memperbanyak gelombang cinta pada dasarnya cukup mudah, hanya saja Anda perlu telaten untuk mengurusnya. Jangan sampai tanaman atau biji yang telah tertanam terbengkalai begitu saja karena tidak ada yang mengurus dengan baik.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published.