Tanaman Hias Jakarta
Tanaman Lidah Mertua Mini, Si Cantik Pembersih Udara Tanaman Lidah Mertua Mini, Si Cantik Pembersih Udara
Ada banyak pilihan tumbuhan untuk dekorasi rumah agar makin cantik. Salah satunya Sansevieria atau lidah mertua. Tapi, kamu tahu kalau ada yang wujudnya mini?... Tanaman Lidah Mertua Mini, Si Cantik Pembersih Udara

Ada banyak pilihan tumbuhan untuk dekorasi rumah agar makin cantik. Salah satunya Sansevieria atau lidah mertua. Tapi, kamu tahu kalau ada yang wujudnya mini? Iya, tanaman lidah mertua mini.

Tanaman Lidah Mertua Mini

Umumnya, jenis tanaman hias lidah mertua mampu tumbuh bertambah besar dan panjang. Namun, tidak sedikit dari jenisnya mempunyai ukuran yang imut.

Lidah mertua atau nama latinnya Sansevieria mempunyai nama lain snake plant. Asal mula nama lidah mertua karena penampakan tanamannya yang berupa daun pipih, panjang, tegak, dan bertekstur keras.

Daunnya mempunyai corak yang beragam, mulai dari kominasi hijau tua, silver, kuning, hingga merah jambu. Penampakan daun dan campuran warna yang unik dengan corak beraneka ragam ini membawa kekhasan pada tanaman yang memikat pecinta tanaman hias.

Apalagi ditambah dengan fakta bahwa flora wilayah tropis kering ini merupakan tanaman yang berdaya absorpsi polutan cukup efektif. Semakin banyak pula yang berbondong-bondong menanamnya.

Di sisi lain, tumbuhan Agavaceae ini mempunyai karakter yang pas untuk hiasan rumah bergaya Mediterania. Nah, jika sebelumnya kamu merasa terlalu memakan tempat dengan tumbuhan ular ukuran biasa. Kini kamu dapat memilih yang tipe mini.

Sesuai dengan namanya beberapa jenis berikut memiliki ukuran yang imut, kecil, dan praktis untuk diposisikan di mana saja. Salah satunya, meja kerja.

Baca Juga :  Mudah dan Cepat, Inilah Cara Memperbanyak Sansevieria

Untuk harga tanaman hias lidah mertua mini beragam tergantung dari jenisnya. Namun, untuk yang mini harga mulai dari Rp10.000 sampai Rp75.000.

Jenis Tanaman Sansevieria Mini

Apa saja jenis tanaman lidah mertua mini? Berikut ini adalah beberapa jenis Sansevieria dengan ukuran mini yang bisa anda rawat di rumah:

jenis tanaman lidah mertua mini si cantik pembersih udara

1. Sansevieria Golden Hahnii

Jenis lidah mertua Golden Hahnii mempunyai bentuk daun agak bulat runcing dengan tepian terbingkai warna kuning. Sementara tulang daunnya berwarna hijau bercorak putih.

2. Sansevieria Bird Nest

Atau nama lainnya lidah mertua kodokan. Daunnya full hijau gelap dengan corak putih. Sesuai dengan namanya juga, rupa mekarnya menyerupai dengan sarang burung.

Di sisi lain, ini merupakan kembaran dari Sansevieria Golden Hahnii, hanya tidak ada warna kuning alias full hijau. Posisi meletakkannya berada pada tempat yang terlindung sinar matahari tetapi tanaman harus mendapat posisi yang full penyinaran. Jadi, dari sudut mana pun, harus mendapat sinar tidak langsung.

3. Sansevieria Silver Hahnii

Masih kerabat dengan Golden Hahnii, penampakannya sangat mirip dengan Golden Hahnii hanya bedanya Silver Hahnii memiliki dasar daun berwarna silver.

Nama lain dari Sansevieria ini adalah lidah mertua daun perak atau Hahnii Silver Frost. Sanseviera ini memiliki banyak kerabat lainnya yang tak kalah cantik meski penampakan mirip-mirip, seperti Sanseviera Hahnii Silver Cream yang berkombinasi warna krim.

4. Sansevieria Pagoda

Untuk jenis lidah mertua mini satu ini merupakan favorit para pencinta lidah mertua. Karena sangat cantik untuk hiasan rumah. Dengan warna daun paling menonjol hijau gelap dan tepian lebih tegas berwarna putih kekuningan.

Baca Juga :  8 Cara Mengkilapkan Daun Sansevieria Agar Bersinar

5. Sansevieria Yellow

Sesuai dengan namanya, lidah mertua mini kuning ini merupakan kerabat dari Bird Nest karena bentuknya yang serupa tetapi ada garis kuning pada tepinya.

6. Sansevieria Green Silver

Selanjutnya ada Green Silver yang serupa dengan tipe Pagoda. Bedanya ada pada bagian tengahnya terdapat pola silver. Daunnya sendiri bercorak hijau gelap dengan garis putih kekuningan.

7. Sansevieria Pingui

Kemudian ada Pingui yang mempunyai garis sisi berwarna merah jambu berkombinasi putih. Bagian ujung daun runcing sedikit tajam dan tebal. Sekilas mirip aloe vera.

8. Sansevieria Kirkii

Bentuknya selain mini juga unik lantaran membentuk lekuk-lekuk pada daunnya. Ada yang menyebutnya lekuk bintang atau keris. Dengan corak warna hijau tua dan putih. Dibandingkan lidah mertua yang lain, Sansevieria ini memiliki aroma yang paling wangi.

9. Sansevieria Moonshine

Masih ada lagi nih lidah mertua yang unik, yaitu Moonshine dengan rupa daun sedikit lebar dan memanjang tegak. Namun, tidak begitu panjang, ya. Dibandingkan dengan yang lain, warnanya lebih terang dengan lis hijau tua di tepinya.

Manfaat Lidah Mertua

Tanaman hias dengan nama lain tanaman ular atau nanas Belanda sering dipakai untuk sampul ground lanskap, menambah estetika foto, tanaman hias dalam pot baik dalam ruang maupun luar ruangan, terrarium, juga keperluan dekoratif lain.

Selain untuk estetika, lidah mertua juga memiliki banyak fungsi. Fungsi lidah mertua di antaranya adalah:

  1. Membersihkan udara.
  2. Menyaring udara.
  3. Menyerap bau dan racun dalam udara.
  4. Menyediakan oksigen yang cukup.
  5. Menyegarkan udara.
  6. Menjaga kelembaban udara.
  7. Membantu mengatasi SBS.
  8. Aromaterapi.
Baca Juga :  Karakter dan Cara Perawatan Sansevieria Trifasciata Laurentii

Selain dari daftar tersebut, sebenarnya masih banyak lagi khasiat dan fungsi dari tanaman ini.

Cara Merawat Lidah Mertua Mini

Tata cara perawatannya sedikit berbeda dari tanaman hias lidah mertua biasa. Namun, pada dasarnya tata cara perawatannya sangat mudah. Bahkan untuk pemula sekalipun. Tidak membutuhkan treatment khusus, tetapi tetap rawat dengan baik agar tampil cantik.

cara merawat tanaman lidah mertua mini si cantik pembersih udara

Untuk penyiraman, lidah mertua mini harus kamu siram sekali sehari. Namun, jangan sampai menggenang karena bisa mempercepat kematian tanaman lantaran akarnya busuk. Cukup siram sampai tanahnya basah juga lembab.

Tolak ukur lain untuk menyiram tumbuhan ini adalah dengan melihat tanahnya. Apabila tanahnya kering, itu artinya sudah masuk waktu untuk menyiram.

Di sisi lain, Anda juga bisa sesekali menyiramnya dengan air beras untuk menambah nutrisi dalam tanah. Sedangkan media tanamnya menggunakan tanah humus atau kompos dengan intensitas pemupukan ulang setiap sebulan sekali.

Jangan lupa untuk membersihkan daunnya dari debu. Bisa dengan treatment khusus seperti membersihkannya menggunakan sabut dan air susu untuk mendapatkan daun sukulen yang lebih cantik dan mentereng warnanya.

Ingin dekorasi cantik menggunakan tanaman Sansevieria mini? Kamu bisa memilih satu dari sembilan jenis tanaman lidah mertua mini di atas. Tentunya, masih ada jenis mini lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan, seperti Sansevieria Gold Flame, Black Dragon, dan lain-lain.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published.