Tanaman Hias Jakarta
Serba-Serbi Alocasia Melo Badak, Pecinta Tanaman Wajib Tahu Serba-Serbi Alocasia Melo Badak, Pecinta Tanaman Wajib Tahu
Alocasia Melo Badak, atau yang memiliki nama lain Alocasia Rugosa, adalah salah satu jenis tanaman hias yang sedang naik daun. Meskipun hanya berupa daun,... Serba-Serbi Alocasia Melo Badak, Pecinta Tanaman Wajib Tahu

Alocasia Melo Badak, atau yang memiliki nama lain Alocasia Rugosa, adalah salah satu jenis tanaman hias yang sedang naik daun. Meskipun hanya berupa daun, nyatanya satu lembar daun Alocasia jenis yang satu ini dihargai setidaknya Rp. 60.000.

Melo Badak sendiri merupakan daun yang teksturnya sangat tebal dan kasar, sehingga memiliki nama “Kulit Badak”. Tanaman yang satu ini awalnya banyak tumbuh di hutan Kalimantan hingga Sabah, namun sekarang bisa tumbuh di mana saja.

Lalu bagaimana cara merawat tanaman yang satu ini? Simak penjelasan kami tentang Alocasia Kulit Badak pada tulisan kami berikut ini.

Ciri-ciri Alocasia Melo Badak

Jenis Alocasia Melo Badak ini memiliki daun berwarna hijau kebiruan dan teksturnya kasar serta tebal, hampir seperti karton. Bahkan penampakannya mirip seperti tanaman artifisial. Bentuk dan warnanya membuat tanaman ini sering disamakan dengan Kuping Gajah.

Ciri-ciri lain tanaman ini adalah sebagai berikut:

  • Alocasia Melo Badak Borneo dan lainnya memiliki tinggi maksimal 70 cm dan tumbuh dengan subur dari tanah. Ketika sudah tumbuh subur dan bergerombol, tanaman ini akan membentuk seperti semak-semak di alam liar.
  • Daun yang sudah dewasa bisa mencapai lebar 25 cm dan panjang 50 cm. Selain itu, teksturnya akan semakin kasar seiring usia yang terus bertambah.
  • Alocasia yang satu ini memiliki bunga yang tidak beraroma dan bentuknya seperti Anthurium.
  • Apabila tertelan akan mengakibatkan reaksi alergi pada mata dan kulit, sehingga sebaiknya tanaman ini Anda jauhkan dari jangkauan hewan peliharaan.
Baca Juga :  Cara Merawat Alocasia Dragon Scale Untuk Pemula

serba serbi alocasia melo badak pecinta tanaman hias wajib tahu

Tanaman ini sebenarnya terbilang manja dan perlu perhatian, meskipun terlihat kuat dan keras. Tampilannya yang unik membuat banyak pecinta tanaman memburu tanaman yang satu ini, berapapun harganya. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan dalam merawat Alocasia Melo ini? Simak terus penjelasannya pada artikel ini!

Bagaimana Cara Merawat Alocasia Melo Badak?

Cara perawatan tanaman yang satu ini sebenarnya susah-susah gampang dan Anda perlu mendedikasikan ketelatenan untuk merawat tumbuhan yang satu ini.

Kebutuhan Air

Di alam liar, Alocasia yang satu ini menyenangi area bebatuan dan akarnya tidak terlalu suka apabila terlalu banyak kena air. Oleh karena itu, Anda sebaiknya hanya menyirami tanaman ini ketika tanahnya benar-benar kering.

Kami juga menyarankan Anda untuk membuat jadwal penyiraman agar tanaman tidak kekurangan maupun kebanyakan air. Misal ketika musim kemarau, Anda bisa menyiramnya dua hari sekali. Namun ketika musim beranjak lebih sejuk, biasanya kebutuhan tanaman akan air juga semakin menurun, sehingga Anda bisa menyesuaikan intensitas untuk menyirami tanaman.

Daun Alocasia layu biasanya disebabkan oleh akar yang terlalu basah, bisa jadi karena tanah yang drainasenya kurang baik maupun terlalu sering terpapar air. Agar ketika hujan air tidak merusak tanaman ini, Anda bisa memasang paranet.

Kebutuhan Sinar Matahari

Seperti tanaman pada umumnya, Alocasia pun butuh sinar matahari untuk tumbuh dan bertahan hidup. Namun, apakah Alocasia tahan panas?

Baca Juga :  Tips Menanam dan Merawat Tanaman Hias Alocasia Bisma

Tidak, Alocasia tidak tahan panas – dan ini berlaku untuk semua jenis Alocasia. Untuk memenuhi kebutuhan cahaya matahari tanaman ini, Anda bisa meletakkannya di tempat yang teduh, seperti di bawah pohon rindang. Meskipun Melo Badak terlihat sangat kuat dan tahan terhadap apapun, Alocasia tetaplah tanaman yang lembut.

Suhu yang Ideal

Alocasia Melo Badak Kapuas dan jenis lainnya bisa tumbuh subur di iklim tropis. Oleh karena itu, selama suhunya di atas 18 derajat dan di bawah 35 derajat, tanaman ini akan tetap tumbuh dengan baik. Yang penting, Anda terus memastikan kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Bicara soal kelembaban, tanaman ini menyukai area yang lembab lebih dari apapun. Oleh karena itu, apabila musim sedang kering, jangan ragu untuk memasang humidifier di sekitar tanaman.

Media Tanam

Seperti penjelasan sebelumnya, tanaman ini menyukai tanah yang penyerapannya baik dan tidak menyebabkan genangan. Bahkan di alam liar tanaman ini suka tumbuh di antara bebatuan.

Oleh karena itu, kami sarankan Anda menyiapkan media tanam berupa tanah lempung bercampur daun bambu. Berdasarkan pengamatan kami, Alocasia tidak menyukai pasir sehingga sebaiknya Anda tidak menggunakan media yang satu itu.

serba serbi alocasia melo badak pecinta tanaman dan bunga wajib tahu

Keperluan Pupuk

Untuk merawat Alocasia Rhino Skin, Anda sebenarnya tidak memerlukan pupuk perangsang apapun. Namun untuk memastikan unsur hara terserap optimal, Anda bisa menggunakan pupuk NPK dengan kandungan N yang tinggi.

Baca Juga :  Inilah Jenis Alocasia Langka Yang Banyak Dicari!

Kami tidak menyarankan untuk menggunakan pupuk kimia tambahan karena akan meningkatkan kandungan garam mineral. Unsur tersebut tidak baik untuk pertumbuhan tanaman. Pemupukan bisa Anda lakukan sebulan sekali dan Anda bisa memecah bonggol-bonggol tanaman ketika daun sudah rimbun.

Masalah yang Sering Menyerang Alocasia Melo Badak

Seperti tumbuhan lainnya, hama dan penyakit bisa saja menyerang Alocasia secara tiba-tiba. Hama yang sering menyerang di antaranya adalah tungau, kutu daun, kutu putih, dan serangga yang berbentuk seperti siput.

Anda bisa menghilangkan hama secara manual dan setelahnya membersihkan hama yang mati. Namun Anda harus memastikan bahwa air bekas mencuci hama tadi tidak terkena media tanam. Namun apabila hama sudah parah, sebaiknya Anda menyemprotkan insektisida saja.

Alocasia memiliki berbagai jenis yang bisa Anda budidaya atau sebatas menjadi penghias taman di rumah Anda. Meskipun beragam dan beraneka rupa, tanaman hias yang satu ini memiliki kesamaan: tidak tahan panas dan suka tempat lembab.

Demikian segala sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang Alocasia Melo Badak. Dengan menerapkan perawatan yang tepat, tanaman hias Anda akan tumbuh subur dan segar sepanjang tahun.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *