Tanaman Hias Jakarta
Mengenal Jenis Tanaman Hias Janda Bolong dan Cara Merawatnya Mengenal Jenis Tanaman Hias Janda Bolong dan Cara Merawatnya
Tanaman hias janda bolong atau monstera merupakan salah satu jenis tumbuhan unik yang banyak peminatnya. Bentuknya cukup berbeda dengan tampilan daun yang bolong membuat... Mengenal Jenis Tanaman Hias Janda Bolong dan Cara Merawatnya

Tanaman hias janda bolong atau monstera merupakan salah satu jenis tumbuhan unik yang banyak peminatnya. Bentuknya cukup berbeda dengan tampilan daun yang bolong membuat tanaman ini menjadi primadona di kalangan pecinta tanaman.

Bagi anda yang ingin memelihara tanaman hias monstera ini wajib tahu jenis dan cara perawatannya. Khusus untuk Anda kami akan membahas secara lengkap mengenai tanaman monstera atau lebih dikenal dengan nama janda bolong.

Jenis Tanaman Hias Janda Bolong

Sebenarnya tanaman hias monstera merupakan tumbuhan yang mengalami mutasi gen yang menyebabkan daunnya berlubang. Mutasi gen ini menyebabkan daunnya menjadi bolong dan tidak tumbuh sempurna. Justru hal inilah yang menjadi daya tarik dari tanaman hias ini.

Sebelum menjadikan tanaman ini sebagai hiasan di rumah, kami sarankan agar Anda wajib mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Meskipun jenis tanaman janda bolong cukup banyak, berikut ini adalah 3 jenis monstera yang cukup terkenal dan banyak peminatnya:

1. Monstera adansonii

Jenis tanaman janda bolong ini yang paling banyak peminatnya. Sering disebut juga dengan tanaman janda bolong topeng monyet. Daun dari jenis tanaman ini berwarna hijau dengan lubang yang cantik. Kecantikan warna dan lubangnya ini membuat banyak orang tertarik untuk menjadikannya sebagai dekorasi ruangan.

Baca Juga :  Jenis Jenis Tanaman Hias Yang Sedang Populer Saat Ini

Monstera adansonii termasuk salah satu jenis monstera yang populer dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, untuk perawatannya juga tidaklah terlalu sulit. Sangat cocok untuk memelihara tanaman ini meskipun anda masih seorang pemula.

mengenal jenis tanaman hias janda bolong dan cara merawatnya

2. Monstera obliqua

Tanaman hias monstera atau janda bolong yang populer selanjutnya adalah monstera obliqua. Sekilas janda bolong jenis ini hampir mirip dengan monstera adansonii. Namun jika diperhatikan lubang di daunnya lebih rapat dan merata.

Karena sekilas sama, banyak orang yang sulit untuk membedakan kedua jenis tanaman janda bolong ini. Diperlukan ketelitian agar Anda bisa tahu mana janda bolong adansonii dan obliqua. Keduanya cocok untuk diletakkan di dalam ruangan.

3. Monstera variegata

Jenis tanaman hias janda bolong variegata salah satu yang cukup unik. Hal ini karena warna daunnya yang putih dan hijau. Tanaman monstera jenis ini sangat bervariasi, ada yang daunnya semua berwarna putih ada juga yang separuh putih,separuh hijau.

Lubang daun di janda bolong jenis ini cukup berbeda dengan dua jenis sebelumnya. Daunnya tidak berlubang di tengah melainkan sobek sampai ke ujung daun. Hal ini justru menjadi keunikan tersendiri dan menjadi daya tariknya.

Manfaat Tanaman Hias Janda Bolong

Tidak hanya sebagai penghias ruangan atau teras rumah saja, monstera atau janda bolong juga mempunyai manfaat. Adapun manfaat tanaman janda bolong yaitu:

mengenal jenis tanaman hias janda bolong dan cara merawatnya monstera adansonii

1. Membantu Menjaga Kualitas Udara Menjadi Lebih Baik

Manfaat utama dari tanaman hias ini adalah membantu menjaga kualitas udara. Tanaman janda bolong mampu menyerap karbondioksida dan racun yang ada di udara sehingga menjadikan udara menjadi lebih segar. Tidak salah jika tanaman ini cocok untuk diletakkan di dalam ruangan. Selain sebagai dekorasi juga bisa membantu membuat udara menjadi semakin segar dan sejuk.

Baca Juga :  Kunci Sukses Cara Merawat Bunga Monstera Borsigiana

2. Menyegarkan Mata Lelah

Tanaman janda bolong atau monstera juga bermanfaat menyegarkan mata yang lelah. Anda yang lelah bekerja menghadap layar gadget bisa menyegarkan mata dengan memandang daun janda bolong ini.

Tidak hanya bisa menyegarkan mata saja, menurut dr. Adeline Jaclyn melihat tanaman hijau yang cantik juga bisa meningkatkan mood. Stres Anda bisa berkurang bahkan langsung hilang setelah memandang tanaman hias yang satu ini.

Cara Merawat Tanaman Hias Janda Bolong

Merawat tanaman janda bolong gampang-gampang susah, Anda harus memberikan perawatan yang tepat. Berikut ini cara merawat tanaman hias janda bolong yang benar:

1. Gunakan Tanah Poros

Salah satu kunci agar janda bolong bisa tumbuh subur adalah menanamnya dengan media tanam yang tepat. Media tanam yang tepat untuk menanam tanaman hias ini adalah tanah poros yang tidak padat. Tanah poros bagus untuk akar tanaman monstera karena bisa mensuplai air dan oksigen ke akar dengan baik. Media tanam ini juga perlu Anda ganti maksimal 1 tahun sekali agar janda bolong tetap subur.

2. Hindari Sinar Matahari Langsung

Cara merawat tanaman janda bolong yang tepat adalah dengan tidak meletakkannya langsung di bawah sinar matahari. Letakkan pot janda bolong di dalam rumah atau di luar rumah yang tidak terkena cahaya matahari langsung.

Walaupun harus menghindari sinar matahari langsung tapi tanaman janda bolong tetap membutuhkan sinar matahari. Jadi pastikan ada cukup cahaya agar tanaman ini bisa tumbuh subur.

Baca Juga :  Perbedaan Monstera dan Philodendron Yang Perlu Anda Ketahui

3. Beri Ruang Untuk Merambat

Belum banyak yang tahu jika kebanyakan jenis tanaman janda bolong adalah tanaman merambat. Oleh karena itu pastikan Anda meletak pot janda bolong tidak terlalu rapat. Berilah sedikit ruang agar tanaman ini bisa merambat. Anda bisa meletakkan kayu di tengah pot untuk menopang tanaman ini. Jika Anda meletakkan menggantung maka pastikan ada ruang untuk tanaman ini merambat ke bawah.

4. Semprot dengan Air Kecil Dua Kali Sehari

Tanaman janda bolong juga perlu untuk disiram dan diberi nutrisi. Agar tumbuh subur Anda bisa menyiramnya dua kali sehari dengan cara disemprot dengan air kecil. Anda bisa memberi tanaman ini pupuk 2 minggu sekali dan memberinya nutrisi tambahan.

Harga Tanaman Hias Janda Bolong

Apakah Anda tertarik untuk merawat janda bolong di rumah? Tenang saja harga tanaman hias janda bolong sebenarnya tidak terlalu mahal. Harga tumbuhan ini sangat bervariasi, ada yang puluhan ribu, ratusan ribu, bahkan jutaan rupiah. Tentu saja harganya sesuai dengan ukuran dan jenis dari tanamannya.

Semakin besar tanamannya maka harganya akan semakin mahal. Apalagi jika jenis tanaman monstera yang Anda inginkan termasuk jenis langka, maka harganya juga semakin mahal. Jumlah dan bentuk lubang pada daun tanaman ini juga mempengaruhi harga tanaman tersebut.

Apakah Anda tertarik untuk merawat tanaman janda bolong atau monstera ini? Tumbuhan ini memang indah untuk dijadikan dekorasi interior maupun eksterior rumah. Apalagi tanaman ini juga mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *