Tanaman Hias Jakarta
Kunci Sukses Cara Merawat Bunga Monstera Borsigiana Kunci Sukses Cara Merawat Bunga Monstera Borsigiana
Bunga Monstera Borsigiana belakangan ini menjadi salah satu tanaman hias yang sangat populer dan banyak diminati. Selain memiliki bentuk daun yang unik, cara merawat... Kunci Sukses Cara Merawat Bunga Monstera Borsigiana

Bunga Monstera Borsigiana belakangan ini menjadi salah satu tanaman hias yang sangat populer dan banyak diminati. Selain memiliki bentuk daun yang unik, cara merawat bunga monstera Borsigiana juga tidak terlalu sulit. Jadi, sekalipun anda masih pemula, memilih tanaman hias jenis ini bukanlah keputusan yang buruk.

Ada lebih dari 40 jenis tanaman Monstera yang bisa dijadikan sebagai hiasan. Salah satunya adalah Monstera Borsigiana. Setiap jenis memiliki bentuk daun dengan ciri khas nya tersendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman Monstera yang banyak diminati :

  1. Monstera Dubia
  2. Monstera Siltepecana
  3. Monstera Deliciosa
  4. Monstera Epipremnoides
  5. Monstera Pinnatipartita
  6. Monstera Adansonii
  7. Monstera Obliqua
  8. Monstera Thai Constellation
  9. Monstera Karstenianum
  10. Monstera Acuminata
  11. Monstera Standleyana

Cara merawat bunga Monstera Borsigiana yang benar

1. Penyiraman

Normalnya, anda dapat dengan rutin melakukan penyiraman seminggu dua kali. Anda harus menjaga tanaman ini agar tidak kekeringan dan tidak juga kelebihan air. Sering-seringlah untuk memeriksa kondisi tanah. Jika tanah sudah mengering, maka saatnya untuk melakukan penyiraman.

Monstera Borsigiana termasuk jenis tanaman yang tidak terlalu menyukai penyiraman yang berlebihan. Jadi, yang perlu anda jaga adalah agar tanah tetap lembab, bukan terlalu basah. Waktu penyiraman yang di sarankan adalah pada pagi hari.

2. Cahaya dan temperatur

Seperti umumnya Monstera, tidak direkomendasikan untuk meletakkan tanaman ini di bawah paparan sinar matahari secara langsung. Jangan lakukan hal tersebut kecuali anda ingin daunnya terbakar.

Baca Juga :  Perbedaan Monstera dan Philodendron Yang Perlu Anda Ketahui

Jika anda ingin tanaman ini mendapatkan cahaya, posisikan terhadap paparan sinar matahari pagi. Karena cahaya matahari pagi tidak sekuat di sore hari. Meletakkan tanaman ini di tempat yang teduh adalah opsi yang paling bagus.

Walaupun Monstera Borsigiana tidak tahan terhadap cahaya matahari langsung, kekurangan cahaya juga dapat meyebabkan daun tidak memiliki celah dan berlobang. Selain cahaya, anda juga harus memperhatikan kondisi suhu lingkungan.

Idealnya, tanaman ini menyukai lingkungan dengan suhu antara 15 – 27 derajat celcius. Jika anda meletakkan di lokasi yang lebih dingin, ini dapat menyebabkan tanaman berhenti tumbuh dan akarnya menjadi mati. Paling tepat adalah meletakkan tanaman hias ini didalam ruangan. Karena anda dapat mengontrol cahaya dan suhu yang ideal untuk Monstera Borsiginia.

tips cara merawat tanaman -monstera borsigiana

3. Media tanam

Monstera Borsigiana menyukai tanah yang bersifat basa daripada asam. Anda dapat menanamnya pada pH antara 7 – 14. Selain itu, tanaman ini menyukai tanah yang memiliki drainase yang bagus. Gunakan tanah yang sudah di campur dengat perlite agar air dapat menyerap lebih baik.

4. Pemupukan

Apapun jenis tanaman hias anda, memberikan pupuk merupakan salah satu bagian yang penting agar tanaman tidak kekurangan nutrisi. Tanah biasa, lama kelamaan akan kehabisan nutrisi. Jadi, anda perlu memperbaikinya dengan penambahan pupuk.

Pilihan pupuk yang baik untuk Monstera Borsigiana adalah pupuk organik cair dengan kandungan nitrogen, fosfor, kalium, dan magnesium. Disarankan untuk melakukan pemupukan sebulan sekali.

Pada saat musim penghujan, anda dapat menghentikan proses pemupukan. Karena pada masa ini tanaman biasanya tidak berkembang.

5. Pemangkasan

Jika tanaman anda terserang hama atau ada daun yang rusak, disarankan untuk segera memotong untuk mencegah kerusakan tidak menyebar ke bagian yang lain. Gunakan pisau atau gunting yang sudah di sterilkan. Hindari mematahkannya menggunakan tangan karena dapat merusak tanaman. Saat proses pemangkasan, gunakanlah sarung tangan untuk mencegah iritasi.

Baca Juga :  11 Jenis Tanaman Monstera Yang Lagi Viral

Cara memperbanyak bunga Monstera Borsigiana

1. Stek batang

Agar metode ini berhasil, usahakan anda memotong tanaman ini pada pangkal batang nya. Buang daun bagian bawah, cukup sisakan beberapa daun yang masih muda. Batang yang sudah anda potong tadi bisa langsung di tanam.

Cara lain untuk memperbanyak Monstera Borsigiana melalui stek batang adalah dengan meletakkannya terlebih dahulu di wadah berisi air. Tunggu sekitar 4 – 6 minggu hingga muncul akar. Setelah itu anda bisa langsung menanamnya ke tanah.

Memperbanyak Monstera Borsigiana dengan menggunakan wadah air sekaligus dapat menjadi dekorasi sementara di rumah anda. Ganti air setiap 3 atau 4 hari dan letakkan tanaman ini di lokasi yang hangat dan terang.

2. Memisahkan dari tanaman induk

Sebelum membongkar tanaman induk, disarankan anda untuk menyiramnya terlebih dahulu. Tunggu sekitar satu jam kemudian baru anda bongkar dengan hati-hati. Potong akar tanaman menggunakan gunting yang bersih untuk memisahkannya menjadi beberapa bagian.

Kemudian anda dapat meletakkan bagian tersebut ke tempat yang sudah disediakan. Metode ini sangat cocok jika tanaman induk anda sudah telalu besar dan memakan tempat.

Mengganti pot bunga Monstera Borsigiana

Seperti umumnya tanaman hias, Monstera Borsigiana juga perlu dilakukan pergantian pot secara berkala. Ini bertujuan agar tanaman dapat tetap tumbuh dan tidak stress karena sudah tidak dapat bergerak secara leluasa di pot yang kecil.

Pilih pot yang ukuranya lebih besar sekitar 5 – 10 cm dari pot semula. Dengan demikian akar dapat kembali tumbuh dan berkembang di wadah yang baru. Sebelum melakukan proses ini, siram tanaman lebih kurang satu jam sebelumnya. Air akan membantu melunakkan tanah.

Ketika memindahkan, lakukan dengan hat-hati. Periksa apakah ada akar yang membusuk. Segera potong dan buang bagian yang membusuk agar tidak menyebar. Jika tanaman anda menjadi sedikit layu setelah dipindahkan, ini hal yang wajar, tunggulah beberapa hari hingga tanaman kembali segar.

cara merawat bunga -monstera borsigiana dalam vas air

Masalah ketika merawat bunga Monstera Borsigiana

Berikut ini adalah beberapa masalah yang umum terjadi ketika anda merawat tanaman hias yang satu ini.

Baca Juga :  Mengenal Jenis Tanaman Hias Janda Bolong dan Cara Merawatnya

1. Daun mejadi kuning

Jika daun Monstera Borsigiana anda berubah menjadi kuning, ini disebabkan karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Pindahkan lokasi tanaman ke tempat yang lebih teduh. Selain kelebihan sinar matahari, masalah ini juga bisa disebabkan karena tanaman kelebihan air.

2. Daun bewarna coklat

Jika pinggiran daun bewarna coklat, masalah ini terjadi karena kelembapan yang tidak terjaga. Lakukan pengelapan rutin menggunakan kain yang lembab atau menggunakan semprotan air. Lain halnya juga ada bintik bintik coklat pada daun, ini bisa di sebabkan karena paparan sinar matahari yang berlebih dan menyebabkan daun menjadi terbakar.

3. Daun tidak ada celah / lobang

Salah satu keunikan dari tanaman hias Monstera adalah daun nya yang memiliki celah atau lobang. Jika Monstera Borsigiana anda tidak memilikinya, ini bisa disebabkan karena umur tanaman yang masih terlalju muda. Anda hanya perlu menunggunya dan melakukan perawatan yang baik.

Beberapa pertanyaan dalam merawat bunga Monstera Borsigiana

1. Apakah perbedaan Monstera Deliciosa dan Monstera Borsigiana?

Ada banyak perbedaan dari kedua jenis tanaman ini, untuk lebih detail anda dapat membaca tulisan kami : Perbedaan Monstera Deliciosa dan Borsigiana.

2. Apakah Monstera Borsigiana dapat membersihkan udara?

Tanaman hias jenis Monstera dapat membersihkan udara. Ini akan membantu ruangan anda menjadi lebih segar karena udara yang bersih.

3. Apakah Monstera Borsigiana dapat tumbuh di air?

Tanaman ini dapat tumbuh di air. Namun, lingkungan seperti itu bukan lah yang di rekomendasikan. Umur dan ukuran tanaman akan jauh berbeda ketika anda menanamnya langsung menggunakan tanah.

4. Apakah Monstera Borsigiana beracun?

Ya, tanaman ini beracun dan berbahaya untuk anak-anak dan hewan peliharaan. Dapat menyebabkan iritasi, muntah, hingga pembengkakan mulut.

Semoga dengan tulisan ini dapat menambah wawasan anda tentang cara merawat bunga Monstera Borsigiana.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *