Tanaman Hias Jakarta
Kenali Cara Menanam dan Merawat Kaktus Kelinci dengan Benar Kenali Cara Menanam dan Merawat Kaktus Kelinci dengan Benar
Kaktus kelinci merupakan tanaman hias hits yang cukup menarik perhatian belakangan ini. Tanaman ini juga memiliki nama panggilan lain kaktus mickey mouse atau kaktus... Kenali Cara Menanam dan Merawat Kaktus Kelinci dengan Benar

Kaktus kelinci merupakan tanaman hias hits yang cukup menarik perhatian belakangan ini. Tanaman ini juga memiliki nama panggilan lain kaktus mickey mouse atau kaktus bunny ears.

Tanaman yang asalnya dari Meksiko ini memiliki nama latin Opuntia microdasys. Anda tentu sudah familiar dengan jenis kaktus yang satu ini karena keberadaannya mudah Anda temukan di sekitar.

Untuk satu potnya, harga kaktus kelinci dibanderol cukup murah karena bukan merupakan jenis yang langka, yaitu mulai dari 25 ribu saja. Lalu, bagaimanakah sebenarnya ciri-ciri khusus dari kaktus ini? Kemudian, bagaimanakah cara menanam dan merawat kaktus ini dengan benar? Simak penjelasan kami berikut ini.

Ciri-ciri Kaktus Kelinci

Hadir dengan warna polos tak menyurutkan popularitas kaktus ini. Malahan, banyak orang yang gemar mengoleksi tanaman hias ini dalam jumlah cukup banyak karena bentuknya yang lucu dan imut menyerupai telinga kelinci.

Nah, bagi Anda yang masih penasaran seperti apa itu kaktus kelinci, inilah ciri-ciri kaktus kelinci yang dapat Anda cermati:

  • Memiliki bentuk elips dan berumpun.
  • Tidak berduri sangat tajam, namun masih memiliki duri halus pendek yang disebut glochid.
  • Dapat tumbuh dengan tinggi hingga 90 cm dan lebar hingga 1,8 m.
  • Memiliki bunga berwarna kuning cenderung krem yang muncul saat musim panas.
  • Dapat memunculkan buah berwarna merah keunguan.
Baca Juga :  Cara Merawat Kaktus Koboi Berduri

Serupa dengan mayoritas jenis kaktus lainnya, perawatan kaktus telinga kelinci ini terbilang cukup mudah. Selain itu, cara memperbanyak kaktus kelinci pun juga masih termasuk wajar. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, cari tahu di penjelasan berikut ini!

Cara Gampang Menanam Kaktus Kelinci

Kaktus kelinci merupakan salah satu jenis kaktus yang sangat mudah Anda temukan. Oleh karena itu, sebenarnya Anda bisa saja langsung membeli yang sudah jadi di dalam pot di toko bunga sekitar rumah Anda dengan harga relatif murah meriah.

cara menanam dan merawat kaktus kelinci dengan benar dirumah

Namun, jika Anda penasaran dan ingin menanam sendiri, inilah sederet langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  1. Siapkan benih kaktus kelinci beserta potnya.
  2. Sediakan media tanam yang terdiri dari kompos.
  3. Masukkan media tanam ke dalam pot dan tekan perlahan hingga agak padat. Ingat, jangan terlalu padat, ya!
  4. Taburkan benih kaktus kelinci secukupnya ke permukaan media tanam dengan merata.
  5. Lapisi benih dengan taburan pasir halus.
  6. Simpan di tempat yang kering dan terkena sinar matahari cukup.
  7. Sirami benih secara berkala.

Saat bibit tanaman ini sudah mulai tumbuh, Anda dapat memindahkannya ke pot yang lebih proper dengan cara mengambilnya menggunakan sendok atau garpu. Ambil bibit secara hati-hati agar tak merusak keseluruhan tanamannya.

Setelah dipindahkan ke dalam pot baru, letakkan beberapa kerikil di atas permukaan pasir agar penampilannya semakin menarik.

Baca Juga :  Perbedaan Kaktus dan Sukulen Serta Jenis Yang Direkomendasikan

Hal Yang Wajib Anda Ketahui Saat Merawat Kaktus Kelinci

Kaktus kelinci adalah salah satu tanaman yang cukup low maintenance. Namun, Anda pun harus tetap tahu bagaimana perawatan yang tepat agar tanaman milik Anda bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal.

1. Perhatikan Cahaya, Suhu, dan Kelembaban

Pada dasarnya, kaktus membutuhkan sinar matahari yang cukup agar pertumbuhannya juga makin pesat. Anda dapat meletakkannya di area dengan akses sinar mentari yang cukup, seperti di samping jendela.

Namun, apabila Anda tak memiliki spot yang tepat untuk akses sinar mentari, Anda juga bisa membantu pertumbuhannya dengan memberikan cahaya buatan dari lampu fluoresen.

Kemudian, pastikan suhu ruangan tak lebih dari 38°C dan tak kurang dari 7°C agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan sempurna. Lalu, kelembaban tanaman juga cukup sekitar 10-30% saja.

2. Pilih Jenis Pot yang Sesuai

Pot yang tepat untuk jenis kaktus ini adalah pot tanah liat atau terakota. Pot dengan bahan ini memiliki rongga sirkulasi udara yang bagus sehingga akan lebih cepat untuk mengalirkan air yang berlebih. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi resiko pembusukan akar.

3. Buat Jadwal Penyiraman Berkala

Sejatinya, kaktus adalah tanaman outdoor. Jadi, jika Anda merawatnya indoor dan di dalam pot, penyiraman tak perlu dilakukan terlalu sering. Jika tanaman ini terlalu sering dibasahi, maka ia akan jadi rentan busuk. Untuk jadwal penyiraman, Anda bisa menyiramnya setiap media tanam sudah terlalu kering atau setiap 2 minggu sekali.

Baca Juga :  Cara Merawat Kaktus Di Luar Rumah

4. Lakukan Pemupukan dengan Teratur

Ingin tanaman hias Anda lebih cepat tumbuh? Maka pemupukan adalah solusi yang dapat Anda lakukan. Namun, pemupukan tanaman ini di dalam pot sebenarnya tidak terlalu disarankan karena akan merangsang pertumbuhannya terlalu cepat dan beresiko cacat pembalut.

Jika kaktus milik Anda ini sudah mulai besar dan bisa ditanam di luar ruangan, Anda bisa memberinya pupuk dengan takaran yang pas.

5. Lindungi Tanaman dari Serangan Hama

Jenis hama yang umum menyerang tanaman ini adalah kutu putih dan serangga sisik yang memancing getah kaktus keluar. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat mengolesnya dengan alkohol gosok isopropil dengan kadar 70%.

6. Perbanyakan Berkala

Setelah dewasa, sebaiknya tanaman ini mulai Anda perbanyak dengan cara stek atau pematahan tiap ruas telinga kelinci dan menanamnya di tempat lain. Anda bisa menanamnya di tanah dengan kedalaman 2,5 cm.

Jangan lupa, pada tahun pertama, kaktus yang baru saja dipindahkan harus disiram secara berkala agar sistem akarnya dapat terdorong menjadi sehat.

Itu dia penjelasan sekilas mengenai tanaman kaktus kelinci sekaligus cara menanam dan merawatnya. Memang terkesan low maintenance, namun Anda harus tetap konsisten dan hati-hati dalam menanam dan merawat kaktus ini agar dapat tumbuh maksimal.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *