Tanaman Hias Jakarta
Karakteristik dan Cara Merawat Tanaman Begonia Rex Karakteristik dan Cara Merawat Tanaman Begonia Rex
Tanaman Begonia Rex menjadi salah satu jenis bunga hias yang banyak diincar saat ini. Selain memiliki perawatan yang mudah, tanaman ini juga memiliki tampilan... Karakteristik dan Cara Merawat Tanaman Begonia Rex

Tanaman Begonia Rex menjadi salah satu jenis bunga hias yang banyak diincar saat ini. Selain memiliki perawatan yang mudah, tanaman ini juga memiliki tampilan yang cantik dan penuh estetika. Karena hal inilah banyak yang tertarik menjadikan tanaman ini sebagai hiasan di dalam ruangan.

Ada berbagai jenis tanaman Begonia yang banyak disukai oleh masyarakat, diantaranya Begonia Rex, Begonia Cane, Begonia Rhizomatous, Begonia Shrubs, Begonia Tuberous, dan masih banyak lagi. Namun, dalam artikel ini hanya akan dibahas satu jenis saja, yaitu Begonia Rex.

Bagaimana karakteristik dan cara perawatan tanaman ini? Semuanya akan terjawab di ulasan berikut!

Karakteristik Begonia Rex

Memiliki sebutan lain painted leaf Begonia, Begonia rex terbilang cukup populer dan menjadi primadona bagi para pecinta tanaman hias. Ini di sebabkan karena karakteristik dari tanaman ini yang cukup unik.

Tanaman yang termasuk dalam kategori tumbuhan tropis ini memiliki warna daun yang cenderung mencolok. Lebih menariknya, tanaman ini juga menghadirkan berbagai variasi warna daun yang cantik dan pastinya estetik.

Selain itu, pola, ukuran, dan bentuk tanaman ini juga bervariasi dan dapat Anda sesuaikan dengan selera, kebutuhan, serta kondisi. Umumnya, Begonia rex memiliki bentuk daun lebar dengan panjang mencapai 6 inci.

Baca Juga :  Aneka Jenis Bunga Begonia Yang Populer

Sementara pilihan warna daunnya cenderung cerah, seperti perak, hijau, merah, dan juga ungu. Tanaman ini juga memiliki bunga yang kurang mencolok karena ukurannya yang kecil. Namun, tingkat pertumbuhan tanaman semi-tropis ini terbilang sedang. Bahkan, setiap tahunnya, tanaman ini dapat tumbuh kira-kira sekitar kurang dari 12 inci saja.

karakteristik dan cara merawat tanaman begonia rex dirumah

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Begonia Rex?

Pada dasarnya, cara merawat tanaman Begonia rex ini cukup mudah. Namun, karena tanaman ini termasuk dalam tanaman dedaunan, Anda mesti waspada dan berhati-hati dalam merawatnya. Agar tanaman Begonia rex ini tumbuh dengan subur, berikut beberapa tips merawat Begonia rex yang bisa anda terapkan dirumah:

1. Perhatikan penyakit dan hama yang sering menyerang

Tanaman Begonia rex kerap kali diserang oleh hama botrytis dan penyakit jamur. Kehadiran hama dan jamur tentu membuat pertumbuhan tanaman ini terhambat atau justru bisa membuat tanaman ini mati.

Di samping itu, kehadiran hama serangga layaknya ulat juga dapat menimbulkan masalah bagi tanaman ini. Untuk itu, gunakan fungisida sistemik yang dapat membantu Anda mengatasi masalah hama dan jamur.

Selain itu, jika ada daun yang mati, segera buang lalu letakkan di tempat yang memiliki sirkulasi udara baik. Sementata jika ada gulma, segera bersihkan tanaman ini.

2. Jaga intensitas cahaya

Pada dasarnya, tanaman ini tidak terlalu membutuhkan asupan cahaya matahari. Meski begitu, sebaiknya tetap letakkan tanaman ini di tempat yang dapat memperoleh sinar matahari langsung.

Baca Juga :  Begonia Tapak Macan, Tanaman Hias Yang Menarik Perhatian

Jika Anda hendak meletakkan tanaman ini di luar, pastikan area tersebut memiliki pelindung, seperti paranet atau atap. Anda juga dapat meletakkan tanaman ini di bawah pohon besar yang memiliki daun rimbun dan rindang.

3. Lakukan penyiraman dengan benar

Begonia jenis rex termasuk ke dalam kategori tanaman yang menyukai air. Namun, bukan berarti Anda dapat menyiram tanaman ini dengan intensitas tinggi. Anda tetap perlu berhati-hati dan jangan sampai menyiraminya terlalu banyak.

Sebelum Anda melakukan penyiraman, sebaiknya pastikan kondisi tanah sudah benar-benar kering dan juga tidak lembab. Hal ini untuk mencegah terjadinya pembusukan akibat tanah terlalu lembab dan mengandung banyak air.

4. Letakkan pada suhu yang ideal

Agar tanaman ini dapat tumbuh dengan subur, sebaiknya letakkan pada suhu antara 15-21 derajat celcius. Tanaman ini lebih menyukai tempat-tempat bersuhu sedang dan sedikit dingin.

Sama halnya beberapa jenis tanaman hias lainnya, Begonia rex juga menyukai tempat-tempat yang lembab, seperti dekat kolam renang atau kolam ikan. Kadar kelembaban yang baik untuk tanaman ini yaitu sekitar 50 persen.

5. Jangan lupa diberi pupuk

Bisa dibilang, tanaman ini membutuhkan makanan tambahan dalam jumlah cukup banyak. Untuk memenuhi kebutuhannya, Anda dapat memberinya pupuk cair setiap dua minggu sekali.

Anda juga dapat memberinya pupuk yang kaya akan kandungan P, K, dan N. Pupuk jenis ini nantinya perlu Anda masukkan ke dalam tanah secara hati-hati, mengingat akar Begonia ini sangat sensitif.

Baca Juga :  Bagaimanakah Cara Memperbanyak Bunga Watermelon?

Pemberian pupuk jenis ini juga sebaiknya jangan terlalu banyak, hanya lakukan setiap 6 bulan sekali. Ini bertujuan agar akar tanaman tidak mudah membusuk akibat akumulasi kandungan garam dalam tanah.

6. Repotting

Saat tanaman ini mulai tumbuh dengan rimbun, besar, dan memiliki akar yang sudah penuh, sebaiknya lakukan repotting. Apa maksud dari repotting? Yaitu memisahkan tanaman ke dalam pot baru.

Nantinya, tanaman yang sudah rimbun ini dipotong, kemudian di tanam kembali di pot yang sesuai dengan ukuran begonia yang baru. Penanaman ini juga perlu menggunakan media tanam yang baru.

7. Pemilihan media tanam yang cocok

Pemilihan media tanam yang sesuai juga harus Anda perhatikan saat hendak membeli Begonia. Sebaiknya, tanam Begonia dalam pot dengan media tanam yang gembur dan subur. Ini sangat baik untuk pertumbuhan tanaman Begonia rex.

Media tanam yang sebaiknya Anda gunakan terdiri atas campuran sekam padi, pupuk kandang, dan juga campuran tanah.

Penutup

Buat Anda yang ingin mempercantik rumah dengan berbagai tanaman hias, jangan lewatkan Begonia rex. Tanaman ini memiliki karakteristik unik dengan tampilan warna daun yang mencolok.

Selain itu, cara perawatannya juga cukup mudah dan tidak memerlukan banyak biaya. Menariknya lagi, harga tanaman Begonia rex ini terbilang cukup terjangkau, yaitu dapat Anda tawar mulai dari Rp 25.000. Bagaimana? Apakah Anda sudah siap untuk menghias halaman rumah dengan tanaman Begonia rex?

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *