Tanaman Hias Jakarta
Inilah Cara Memperbanyak Bunga Anthurium Inilah Cara Memperbanyak Bunga Anthurium
Anthurium merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat banyak peminat. Tak heran, pernah ada masa di mana harga tanaman ini melambung tinggi hingga... Inilah Cara Memperbanyak Bunga Anthurium

Anthurium merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat banyak peminat. Tak heran, pernah ada masa di mana harga tanaman ini melambung tinggi hingga membuat orang-orang ingin tahu cara memperbanyak bunga anthurium agar dapat dijual kembali.

Hingga kini pun, popularitas anthurium terpantau tak kunjung surut. Tanaman dengan bentuk bunga yang ikonik ini tetap menjadi primadona, khususnya bagi para plant lovers. Terlebih, ada begitu banyak jenis bunga Anthurium dengan bentuk daun yang unik dan menarik. Tapi, Anda tahu nggak sih kalau di balik popularitasnya itu, anthurium juga menyimpang beberapa manfaat untuk kesehatan?

Manfaat Anthurium untuk Kesehatan, Banyak yang Belum Tahu!

Inilah beberapa manfaat anthurium untuk kesehatan hasil rangkuman kami:

1. Menjadi obat bengkak tenggorokan

Jenis anthurium yang dapat digunakan sebagai obat bengkak tenggorokan adalah Anthurium Andreanum. Cara membuat ramuannya pun cukup mudah, yaitu dengan merebus daun anthurium dan meminum air hasil rebusan tersebut.

2. Mengatasi mulut bengkak

Anthurium Andreanum pun dapat menjadi penawar untuk mulut bengkak. Rebus daunnya dan gunakan air hasil rebusan untuk berkumur secara rutin.

3. Mengurangi stres

Tak diragukan lagi, memelihara dan merawat tumbuhan adalah kegiatan yang therapeutic. Dengan merawat bunga Anthurium, anda bisa menjadi lebih rileks dan santai saat melihatnya tumbuh dan memiliki bunga yang indah. Dengan begitu, secara tidak langsung level stres Anda bisa berkurang.

Baca Juga :  6 Kesalahan Dalam Merawat Bunga Anthurium!

Manfaat-manfaat lain pun bisa Anda dapatkan dari budidaya anthurium ini. Jika Anda bersungguh-sungguh dalam budidaya dan perawatannya, maka bunga anthurium Anda bisa bahkan bisa menghasilkan uang, lho. Caranya, Anda bisa mengikuti lomba anthurium atau menjual anthurium yang telah Anda budidayakan tersebut.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar mengetahui cara mudah budidaya dan perawatan anthurium. Salah satu cara merawatnya adalah dengan menaruh anthurium di tempat yang tidak terkena sinar mentari secara langsung.

Selain itu, siram anthurium dengan air yang cukup dan beri pupuk secara rutin. Nah, jika Anda merupakan pecinta anthurium yang telah familiar dengan cara menanam anthurium, namun masih ingin tahu cara memperbanyak tanaman anthurium, kami sudah sediakan penjelasannya.

Cara Budidaya Anthurium Paling Mudah

1. Budidaya Anthurium dengan Biji

cara memperbanyak bunga anthurium dengan metode ini hanya bisa Anda lakukan jika tanaman Anda telah memiliki buah dan biji yang kiranya telah matang dan siap dipanen. Inilah langkah-langkahnya:

cara memperbanyak bunga anthurium dengan biji

  • Pilih anthurium dengan buah dan biji yang telah matang. Biasanya, karakteristiknya adalah buahnya telah keluar dari bonggol dan warnanya merah.
  • Keluarkan biji dengan hati-hati. Gunakan tangan atau pinset untuk mempermudah proses pengeluaran biji.
  • Setelah itu, taruh biji di tempat lain dan jemur selama kurang lebih 2 jam agar biji tidak busuk dan tetap kering.
  • Setelah 2 jam berlalu, pindahkan biji ke dalam wadah kecil. Lapisi wadah tersebut dengan 2 lembar tisu terlebih dahulu.
  • Lapisi bagian atas biji dengan 1 lembar tisu.
  • Kemudian, semprot tisu dengan air sampai basah, namun tak perlu terlalu kuyup.
  • Tutup rapat wadah agar tak ada udara yang dapat masuk.
  • Letakkan wadah berisi biji tersebut ke dalam kulkas dan tunggu hingga berkecambah.
  • Setelah nampak berkecambah, siapkan pot baru dan isi dengan media tanam. Anda dapat menggunakan gelas plastik bekas air mineral sebagai potnya.
  • Tanam biji berkecambah ke dalam pot baru.
Baca Juga :  7 Cara Merawat Bunga Gelombang Cinta dalam Pot

Jangan lupa untuk selalu rutin menyiram tanaman Anda setiap hari. Anda hanya perlu menyemprotnya dengan air secukupnya. Tunggu sekitar 3-4 bulan dan anthurium Anda akan mulai berakar dan memiliki daun.

2. Budidaya Anthurium dengan Stek

Cara memperbanyak daun anthurium lainnya adalah dengan menggunakan teknik stek. Berikut langkah-langkah budidayanya:

cara memperbanyak bunga anthurium dengan stek

  • Pilih tanaman anthurium yang ingin Anda perbanyak.
  • Keluarkan tanaman dari media tanam dengan hati-hati. Lalu, bersihkan media tanam yang masih menempel di area akar tanaman dengan mengetuknya pelan.
  • Setelah itu, potong bonggol anthurium jadi 2 bagian. Jangan lupa, setiap potongan wajib masih lengkap dengan akarnya.
  • Oleskan zat pengatur tumbuh atau ZPT pada bagian yang telah Anda potong agar tidak stress dan lebih terangsang pertumbuhannya.
  • Siapkan pot baru dan isi dengan media tanam.
  • Tanam masing-masing bonggol di media tanam baru dengan hati-hati.

Nah, itu dia cara memperbanyak anthurium dengan stek. Penggunaan metode stek ini memang tak akan menghasilkan lebih banyak bibit baru jika dibandingkan dengan metode lainnya. Namun, metode stek dapat membuat tanaman lebih cepat tumbuh karena sejatinya Anda hanya membagi 1 tanaman dewasa menjadi dua.

3. Budidaya Anthurium dengan Persilangan

Cara mudah memperbanyak anthurium lainnya adalah dengan melakukan persilangan. Bunga anthurium dari hasil persilangan akan menjadi lebih unik karena pada dasarnya, Anda akan menyilangkan 2 jenis anthurium. Anda bebas untuk menyilangkan jenis anthurium yang Anda inginkan.

Baca Juga :  Cara Merawat Anthurium Crystallinum Untuk Pemula

cara memperbanyak bunga anthurium dengan persilangan

Namun, ingat bahwa metode budidaya ini bersifat eksperimental. Jadi, tak selalu hasil persilangan Anda akan berhasil 100%. Mari kita lihat langkah-langkahnya:

  • Pilih 2 tanaman anthurium milik Anda yang memiliki bunga.
  • Setelah itu, laksanakan penyerbukan buatan dengan manual. Anda tinggal menempelkan putik bunga betina pada benang sari bunga jantan.
  • Gesekkan sebentar hingga sari-sari tersebar secara merata.
  • Tunggu hingga anthurium Anda berbunga.

Budidaya Anthurium, Tak Usah Dibikin Repot

Bagaimana, mudah dan sederhana bukan alternatif budidaya anthurium di atas? Anda dapat memilih satu dari tiga cara di atas maupun mencoba semua caranya, baik stek, biji, dan persilangan. Selanjutnya, Anda harus rutin melakukan perawatan yang benar kepada tiap-tiap tanaman anthurium yang Anda miliki.

Dengan cara memperbanyak bunga anthurium yang tepat serta perawatan yang mantap, maka budidaya anthurium Anda akan senantiasa berhasil.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *