Tanaman Hias Jakarta
Cara Merawat Tanaman Hias Adenium Agar Berbunga Lebat Cara Merawat Tanaman Hias Adenium Agar Berbunga Lebat
Tanaman hias Adenium, atau yang juga populer dengan nama Kamboja Jepang, memiliki bunga yang cantik dan pohon yang unik, apalagi setelah menjadi bonsai. Hal... Cara Merawat Tanaman Hias Adenium Agar Berbunga Lebat

Tanaman hias Adenium, atau yang juga populer dengan nama Kamboja Jepang, memiliki bunga yang cantik dan pohon yang unik, apalagi setelah menjadi bonsai. Hal ini juga menjadi alasan banyak pecinta tanaman hias berlomba-lomba memiliki tanaman ini. Selain itu, karena harga Adenium yang cukup mahal, tentu ini juga menjadi daya tarik tersendiri.

Apabila Anda berniat untuk merawat tanaman hias berbunga yang satu ini, simak tips dari kami berikut ini agar tanaman hias Adenium anda dapat tumbuh dengan baik dan subur.

Cara Merawat Adenium yang Baik dan Benar

Meskipun pohonnya terlihat kokoh dan tahan segala elemen di luar ruangan, tanaman hias yang satu ini rupanya juga memiliki kelemahan. Apabila Anda tidak hati-hati dalam merawatnya, bunga tanaman ini akan mudah layu dan pohonnya pun lekas busuk.

Secara umum, tanaman ini tidak minta yang muluk-muluk. Namun kami sarankan Anda tetap memberikannya intensitas air yang tepat dan sinar matahari yang cukup.

1. Berikan banyak sinar matahari

Tanaman Adenium adalah jenis yang menyukai banyak cahaya alami dan akan mudah berbunga apabila mendapatkan cahaya langsung yang diperlukan. Maka, kami sarankan untuk meletakkan pot tanaman ini di tempat yang mendapatkan paparan cahaya matahari penuh ketika siang hari.

Baca Juga :  Inilah Daftar Tanaman Hias Yang Langka Dan Mahal

Bahkan akan jauh lebih baik jika tanaman ini tidak terlindungi oleh tanaman peneduh lainnya. Namun pastikan ketika cahaya matahari sedang harsh, tanaman ini mendapatkan perlindungan yang cukup.

2. Perhatikan kebutuhan airnya

Lalu, berapa kali menyiram Adenium yang tepat? Untuk kebutuhan air, setiap jenis bunga Adenium memiliki kebutuhan air yang berbeda, terutama di musim-musim tertentu.

Misal, ketika musim tumbuh, tanaman ini memerlukan tanah yang sangat lembab namun tidak suka apabila disiram lagi padahal kondisi tanah belum sepenuhnya kering. Makanya, tanaman ini memerlukan pot yang punya drainase baik karena air menggenang bukan kegemarannya.

Sedangkan ketika musim lebih dingin dan bukan musim berbunga, Anda perlu mengurangi tingkat kelembaban sekaligus mengurangi intensitas penyiraman. Ciri-ciri tanaman Adenium yang sehat terdapat pada akarnya. Apabila akar tersebut terlihat gemuk dan tebal, bisa dipastikan tanaman ini terhidrasi dengan baik.

3. Media tanam yang kering

Adenium sendiri memiliki nama Desert Rose Plant di luar sana. Seperti namanya, tanaman ini menyukai tempat yang kering dan memang di alam liar lebih banyak tumbuh di area yang aslinya kering.

Untuk merawatnya di taman yang ada di rumah Anda, pastikan media tanamnya memiliki drainase yang sangat baik. Maka dari itu, media tanam Adenium yang bagus adalah yang mengandung pasir maupun berbatu. Dan juga, perhatikan pH keasaman tanah ada di angka 6.0, kurang lebih.

Baca Juga :  Tanaman Dalam Vas Air Untuk Alternatif Hiasan Di Dalam Rumah

4. Menyukai suhu hangat

Tanaman ini sangat menyukai suhu yang hangat sepanjang tahun. Bahkan apabila lingkungan sekitar ada di bawah 14 derajat dalam waktu lama, Adenium akan layu, busuk, dan mati.

Suhu yang ideal untuk tanaman ini adalah antara 18 derajat hingga 35 derajat. Bahkan di suhu tersebut tanaman Anda akan berbunga dengan lebat dan cantik. Oleh karena itu, sebaiknya Anda meletakkan tanaman ini di luar ruangan apabila Anda tinggal di daerah dengan iklim yang kering dan hangat.

5. Berikan pupuk yang sesuai

Pemberian pupuk tetap kami sarankan, apalagi jika Anda ingin tanaman hias yang satu ini segera berbunga lebat. Pemberian pupuk juga sebaiknya Anda sesuaikan dengan musim yang sedang berlangsung. Misal, ketika musim hujan, Anda bisa melakukan pemupukan seminggu sekali.

Pupuk yang tepat untuk Kamboja Jepang adalah NPK cair dengan perbandingan 20:20:20. Perbandingan tersebut terbukti cocok mendorong pertumbuhan akar, daun, dan bunga Adenium Anda.

Lalu ketika kemarau tiba, Anda bisa beralih dengan pupuk kompos dari limbah organik di dapur rumah Anda – Adenium menyukai pupuk sawi. Nanti ketika usia tanaman ini setidaknya sudah mencapai usia 3 tahun, pemberian pupuk cair sudah tidak diperlukan lagi.

cara merawat tanaman hias adenium agar berbunga lebat dirumah

Bagaimana Cara Agar Adenium Berbunga Lebat?

Tanaman hias yang satu ini memiliki ciri khas akar yang menonjol dan berbonggol. Namun, tentu saja, tampilannya akan semakin cantik apabila berbunga lebat. Lalu, apa yang harus Anda lakukan agar tanaman ini banyak bunganya?

Baca Juga :  5 Jenis Tanaman Gantung Yang Bermanfaat

Agar tanaman ini lekas berbunga, Anda bisa mulai merontokkan daun-daunnya untuk memancing pertumbuhan tunas baru. Hal ini juga memicu pertumbuhan kuncup-kuncup bunga secara bersamaan.

Selain itu, biarkan Adenium tanpa air setidaknya selama seminggu. Lalu, Anda bisa menyiramnya dengan air bercampur NPK seperti yang kami sarankan di atas. Anda bisa melakukan metode ini selang-seling. Puasa air ini bisa Anda lakukan hingga bunga-bunga tersebut bermekaran. Setelahnya, Anda bisa menyirami tanaman ini seperti biasa.

Salah satu alasan kenapa banyak pecinta tanaman yang mengejar tanaman ini adalah karena bunganya yang bisa dinikmati dalam waktu yang cukup lama, hingga berbulan-bulan selama kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Dan untuk membasmi hama serangga yang membuat bunga-bunganya mudah rontok, Anda bisa menggunakan pestisida berjenis kelthane dan menyemprotkannya dua kali sehari ketika matahari tidak terlalu panas.

Adenium masih menjadi salah satu tanaman hias yang masih punya tempat spesial di hati para pecintanya. Meskipun saat ini popularitasnya sedikit tergeser oleh tanaman lainnya, bukan berarti pesona bunga yang satu ini pudar. Bahkan Adenium bonsai masih memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Dengan memahami tips serta kebutuhan tanaman hias Adenium Anda di rumah, akan lebih mudah untuk membuatnya cepat berbunga dan tumbuh subur. Semakin sehat tanamannya, semakin cantik pula taman Anda. Selamat mencoba!

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published.