Tanaman Hias Jakarta
Cara Merawat Calathea Crimson Agar Warna Makin Indah dan Segar Cara Merawat Calathea Crimson Agar Warna Makin Indah dan Segar
Dari banyak jenis tanaman calathea, calathea crimson merupakan jenis yang paling unik dan paling sering diburu. Sebab tanaman yang berasal dari daerah tropis ini,... Cara Merawat Calathea Crimson Agar Warna Makin Indah dan Segar

Dari banyak jenis tanaman calathea, calathea crimson merupakan jenis yang paling unik dan paling sering diburu. Sebab tanaman yang berasal dari daerah tropis ini, memiliki corak dengan gradasi warna yang sangat cantik. Lalu, bagaimana cara merawat calathea crimson agar tumbuh sehat dan subur?

Cara Merawat Calathea Crimson

1. Pencahayaan

Seperti kebanyakan jenis yang lain, calathea crimson juga membutuhkan cahaya yang tersebar namun tidak secara langsung terpapar. Tanaman ini hanya butuh cahaya sedang, serta tidak dapat tahan pada hawa yang panas atau kering.

Sinar matahari terang atau langsung dapat memudarkan warna daunnya menjadi cenderung lebih pucat atau bahkan mengering. Maka dari itu, calathea crimson cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan. Meski demikian, sebaiknya tidak diletakkan di dekat jendela karena ada kemungkinan tetap terpapar langsung sinar matahari.

Anda bisa menakar apakah calathea crimson tumbuh dengan baik dengan melihat keadaan daunnya. Apabila warnanya tua dan cerah, artinya ia tumbuh subur dan sehat.

Namun jika daunnya tampak renyah dan memudar, segera ganti tempat peletakannya. Anda juga bisa terus mengeksplorasi berbagai tempat peletakan, hingga menemukan yang paling pas.

2. Suhu

Idealnya, calathea crimson paling cocok berada di suhu 18-25 derajat celcius. Jangan sampai tanaman berada di suhu yang terlalu panas atau dingin.

Baca Juga :  Cara Merawat Tanaman Calathea Orbifolia Dari A-Z

Apabila suhu di luar sudah sangat panas, Anda dapat segera membawanya masuk ke dalam rumah. Setelah itu, spray atau semprot tanaman dengan air untuk tetap menjaga kelembabannya.

3. Media tanam

Media tanam calathea crimson yang paling sering digunakan adalah cocopeat. Selain ramah lingkungan, cocopeat juga mampu menyimpan air dalam jumlah banyak sehingga cocok untuk calathea crimson yang membutuhkan kelembaban.

Campuran dari cocopeat, sekam bakar, pupuk kandang, dan kompos menjadikan media tanam yang paling baik. Pilihan lain yang bisa digunakan adalah porous dan cacahan andam.

cara merawat calathea crimson agar warna makin indah dan segar dirumah

4. Pemilihan Pot

Pot terakota merupakan pot yang paling baik untuk menanam calathea crimson. Karena, pot ini dapat menjaga akar tetap lembab namun tidak sampai basah. Sehingga, tanaman akan tumbuh subur dan sehat.

Namun, jika Anda berada di lingkungan yang sangat kering, pertimbangkan untuk tetap menggunakan pot plastik. Yang penting, pot memiliki lubang drainase di bawah. Sehingga, walaupun media tanamnya kelebihan air, air bisa turun dan akar tidak menjadi busuk.

5. Penyiraman

Pastikan untuk menyiram air yang cukup, tidak kurang ataupun berlebihan. Karena calathea crimson biasanya diletakkan di tempat yang teduh dan lembab, maka air pada media tanamnya cenderung lama untuk menguap. Sehingga, Anda tidak perlu sering-sering untuk menyiramnya.

Anda bisa menjadwalkan penyiraman tanaman dalam 3-4 hari sekali atau seminggu 2 kali sampai permukaan tanah telah mongering.

Baca Juga :  Cara Merawat Bunga Calathea

Namun, kondisi ini tentu dapat berubah ketika memasuki musim panas, di mana kelembaban media tanam akan cepat hilang. Untuk itu, Anda harus sering-sering mengecek keadaanya dan lebih rajin menyiram.

Media tanam juga tidak boleh tergenang air karena terlalu sering disiram. Anda dapat menyiasatinya dengan meletakkan pot di dalam nampan yang berisi kerikil. Ini dapat mencegah pot menjadi terendam air.

6. Pemberian Pupuk

Calathea crimson membutuhkan kadar nitrogen yang rendah. Untuk itu, jangan memberikan pupuk yang terlalu kaya nitrogen. Karena, daun tanaman tidak hijau dan dominan berwarna ungu dan pink hingga ke batangnya.

Anda bisa memberikan pupuk cair organik sebulan sekali atau 2 kali. Contoh pupuk calathea crimson lainnya adalah NPK dengan harga yang tidak terlalu mahal. Anda juga bisa menggunakan pupuk growmore atau slow release decastar 6 bulan sekali.

7. Budidaya

Budidaya calathea rimson dapat dilakukan dengan memotong akar rimpang terlebih dahulu. Sehingga, akan tumbuh anakan-anakan selanjutnya yang siap dipisahkan.

Apabila kita menemukan daun yang layu dan menguning, jangan ragu untuk memotong daunnya. Kondisi ini biasanya disebabkan media tanam terendam air.

Untuk itu, Anda perlu segera mengganti media tanamnya. Apabila tanaman telah dipindah, Anda dapat menunggu 1-2 minggu sampai akarnya mengikat media tanam dan tumbuh sehat dan subur.

Memotong daun yang layu, menguning, atau kecoklatan juga berfungsi untuk memacu pertumbuhan tunas baru. Karena, setelah dibuang, maka nutrisi pupuk akan terfokus pada tunas baru.

Baca Juga :  Tips Cara Merawat Calathea Ornata Agar Tampil Menawan

Untuk pemisahan anakan dan indukannya, cuci terlebih dahulu seluruh bagian akarnya. Berikan vitamin B1 dan letakkan di tempat teduh. Pada hari pertama dan kedua mungkin akan sedikit layu, namun setelah itu tumbuhnya menjadi fresh.

Nah itulah cara-cara merawat calathea crimson agar dapat tumbuh sehat dan subur. Jika sudah ahli dalam merawatnya, Anda tentu dapat melakukan budidaya dan mendapatkan keuntungan dari menjualnya. Harga calathea crimson berkisar antara Rp 750 ribu hingga Rp 1,2 juta.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published.