Tanaman Hias Jakarta
Cara Merawat Bunga Begonia agar Subur dan Tidak Busuk Cara Merawat Bunga Begonia agar Subur dan Tidak Busuk
Apakah Anda punya tanaman begonia di rumah? Jika ya, maka sebaiknya Anda membaca cara merawat bunga begonia pada tulisan kami berikut ini. Seperti tanaman... Cara Merawat Bunga Begonia agar Subur dan Tidak Busuk

Apakah Anda punya tanaman begonia di rumah? Jika ya, maka sebaiknya Anda membaca cara merawat bunga begonia pada tulisan kami berikut ini.

Seperti tanaman hias lain pada umumnya, begonia memerlukan serangkaian perawatan agar tetap subur. Bahkan jika terjadi sedikit kesalahan dalam perawatannya, tanaman yang satu ini akan mudah membusuk.

Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan berbagai kiat yang bisa Anda lakukan untuk merawat tanaman hias yang satu ini.

Cara Merawat Bunga Begonia

Terlepas dari jenis begonia yang Anda miliki, kiat merawatnya relatif sama. Simak beberapa hal krusial berikut ini yang berpengaruh besar dalam merawat tanaman yang satu ini.

1. Gunakan Media Tanam yang Tepat

Seperti tanaman pada umumnya, begonia juga membutuhkan media tanam yang tepat. Selain memastikan media dalam kondisi gembur, sebaiknya media juga terdiri dari beberapa campuran, seperti tanah, sekam padi yang dibakar, dan juga pupuk kandang. Penggunaan sekam untuk media tanam begonia sendiri sebaiknya mencapai setengah dari pot.

2. Hindari Sinar Matahari Langsung

Seperti tanaman yang lain, begonia pun membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh dan berkembang biak. Namun karena tanaman yang satu ini sangat lembut maka sebaiknya Anda tidak meletakkannya di bawah sinar matahari langsung.

Baca Juga :  Karakteristik dan Cara Merawat Tanaman Begonia Rex

Pastikan lokasi pot cukup teduh namun masih terjangkau sinar matahari. Area di bawah pohon yang rindang, misalnya, bisa menjadi tempat yang cocok untuk meletakkan tanaman yang satu ini sepanjang hari.

Untuk memenuhi kebutuhan sinar matahari hariannya, Anda bisa membiarkan begonia berjemur selama beberapa jam di pagi hari. Dan apabila tanaman in untuk hiasan rumah, Anda bisa meletakkannya di dekat jendela.

3. Perhatikan Kebutuhan Air

Begonia terbilang sebagai jenis tanaman yang susah-susah-gampang perihal kebutuhan air. Tentu saja, Anda tidak bisa membiarkannya kekeringan namun tanaman ini juga tidak bisa menyimpan air terlalu lama – hal ini akan menyebabkan pembusukan mulai dari akar.

cara merawat bunga begonia agar subur dan tidak busuk penyiraman

Oleh karena itu, memilih media tanam yang tepat adalah sebuah keharusan. Dengan komposisi media yang tepat, air akan dengan mudah mengalir dan akar tanaman pun tetap mendapatkan asupan yang dibutuhkan.

Lalu, berapa kali begonia disiram? Dua kali sehari akan cukup untuk memenuhi kebutuhan air harian tanaman hias yang satu ini – setiap pagi dan sore.

Namun ketika suhu lebih hangat dari biasanya, Anda bisa menyiramnya dengan lebih sering. Lalu ketika suhu mulai dingin, Anda bisa mengurangi intensitas penyiraman.

Sedangkan cara merawat begonia rex agak sedikit berbeda terkait dengan kebutuhan airnya. Kami sarankan untuk menyemprot daunnya dua kali dalam seminggu dengan air hangat. Cara ini akan memberikan kelembaban yang cukup untuk jenis begonia yang satu ini.

Baca Juga :  9 Jenis Bunga Begonia Termahal di Pasar Indonesia

4. Gunakan Pupuk yang Sesuai

Apakah begonia membutuhkan pupuk? Tentu saja – bahkan hal ini adalah sebuah keharusan agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik.

Untuk tanaman yang satu ini, Anda bisa memberikan pupuk NPK dengan kadar yang seimbang. Namun akan lebih baik jika Anda memiliki pupuk organik buatan sendiri.

Apabila Anda menggunakan NPK maka pemupukan bisa dilakukan setiap enam bulan sekali. Sedangkan dengan pupuk organik, Anda bisa melakukan pemupukan setiap tiga bulan.

Tanpa menggunakan pupuk maka pertumbuhan tanaman Anda akan terganggu atau kurang maksimal. Namun terlalu sering menggunakan pupuk akan merangsang pembusukan akar.

5. Pruning Secara Teratur

Ketika tanaman tumbuh besar, mungkin Anda akan mendapati beberapa bunga dan daun yang layu atau kering. Sebaiknya Anda segera memangkas bagian tanaman yang sudah mati agar tanaman selalu terlihat sehat.

Selain itu, Anda bisa memangkas batang yang patah atau daun yang menua agar merangsang pertumbuhan tunas yang baru. Pruning juga merupakan salah satu cara agar nutrisi dari media tanam, pupuk, dan air tersalur ke seluruh bagian tanaman dengan baik.

6. Hindari Hama dan Gulma

Hama dan gulma yang paling umum Anda temui pada tanaman ini adalah keong dan bintik daun. Untuk menangkal keong, Anda bisa menaburkan cangkang telur yang sudah dihaluskan di permukaan media tanam.

Sedangkan untuk membasmi bintik daun maka sebaiknya Anda menggunakan obat kimia yang bisa Anda beli di toko bunga terdekat.

Baca Juga :  Bagaimanakah Cara Memperbanyak Bunga Watermelon?

Masalah pada Tanaman Begonia

Daun begonia membusuk adalah salah satu masalah yang paling umum. Hal ini bisa terjadi karena asupan air yang berlebihan atau bahkan kekurangan air.

cara merawat bunga begonia agar subur dan tidak busuk dan mati

Lalu jika daun tiba-tiba berubah warna dan mengering, maka terpapar sinar matahari langsung dalam durasi lama adalah penyebabnya. Pada dasarnya, begonia hanya membutuhkan area yang terang – tidak perlu panas.

Ketika kelembaban udara sekitar turun hingga di bawah 40%, ada kemungkinan daunnya akan mengering. Oleh karena itu, pastikan kelembaban tanaman ini terjaga – begonia menyukai tempat yang lembab.

Selain itu, berbagai penyakit dan hama bisa mengakibatkan kerusakan dan kematian pada tanaman hias yang satu ini. Jamur tepung, misalnya, bisa membuat batangnya berair. Apabila Anda tidak segera mengambil langkah maka tanaman akan mati dalam waktu dekat.

Begonia adalah jenis tanaman yang cocok untuk menghias taman dan juga area indoor. Namun agar kecantikannya tidak hilang maka Anda harus memperhatikan asupan air, pemilihan media tanam, nutrisinya, dan lain-lain.

Cara merawat begonia polkadot dan jenis lainnya pun relatif sama; yang penting jangan sampai kekeringan, terlalu banyak air, dan terpapar sinar matahari langsung.

Nah, demikian berbagai cara merawat bunga begonia yang bisa Anda terapkan. Apabila tanaman ini sudah cukup besar, sebaiknya Anda segera mengganti media tanamnya sehingga tanaman ini mendapatkan nutrisi dan unsur hara yang seimbang.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published.