Tanaman Hias Jakarta
Cara Merawat Anthurium Superbum Agar Tampil Menawan Cara Merawat Anthurium Superbum Agar Tampil Menawan
Anthurium Superbum merupakan salah satu jenis tanaman terbaik untuk dijadikan sebagai dekorasi di rumah. Seperti jenis bunga Anthurium lain, tanaman ini juga tergolong mudah... Cara Merawat Anthurium Superbum Agar Tampil Menawan

Anthurium Superbum merupakan salah satu jenis tanaman terbaik untuk dijadikan sebagai dekorasi di rumah. Seperti jenis bunga Anthurium lain, tanaman ini juga tergolong mudah untuk merawatnya. Karena karakteristik daunnya yang berdiri tegak, tanaman ini juga di kenal dengan nama Anthurium Sarang Burung / Bird Nest Anthurium.

Sebagai tanaman hias, Anthurium Superbum merupakan tumbuhan asli dari hutan tropis di wilayah Ekuador. Dengan daun yang runcing dan lebar, Anthurium Superbum memiliki daya tarik tersendiri. Menjadikannya hiasan di dalam rumah akan membawa suasana ruangan menjadi segar dan asri.

Anthurium Superbum memiliki kandungan kristal kalsium oksalat yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan mata.

Cara merawat Anthurium Superbum

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam merawat Anthurium Superbum :

1. Media tanam

Perlu anda ketahui, di habitat aslinya bunga Anthurium tidak tumbuh langsung di tanah. Tanaman ini justru tumbuh di atas lumut dan cabang-cabang pohon yang sudah membusuk. Menyesuaikan seperti kondisi alami tentu akan sedikit sulit. Namun jangan khawatir, anda masih bisa menamannya di tanah.

cara merawat tanaman anthurium superbum

Anthurium Superbum menyukai kondisi tanah yang gembur dan sejuk. Tanah yang dapat mengalirkan air dengan baik sangat disarankan sebagai media tanamnya. Anda bisa menggunakan campuran tanah gambut, tanah biasa, dan perlite sebagai media tanam.

Baca Juga :  Anthurium Lidah Gajah, Tanaman Hias Kekinian

2. Cahaya

Tanaman ini tidak menyukai sinar matahari secara langsung. Ini dapat menyebabkan daun menjadi hangus dan terbakar. Pastikan anda meletakkan tanaman ini terlindung dari sinar matahari langsung. Meletakkannya di teras yang teduh atau di dalam ruangan adalah pilihan yang bijak.

3. Penyiraman

Sebelum membahas penyiraman, anda perlu mengetahui bahwa bunga Anthurium Superbum memiliki fase aktif dan fase pasif untuk pertumbuhan. Memasuki musim panas dan kering, tanaman ini berada di fase yang aktif. Sementara ketika musum hujan, tanaman ini berada pada fase pasif untuk pertumbuhan.

Penyiraman pada kedua fase ini juga berbeda. Ketika sedang berada di fase aktif, periksa kondisi tanaman minimal dua sampai tiga kali dalam seminggu. Anda dapat langsung meyiram ketika tanah sudah mulai mengering. Menjaga kondisi tanah agar selalu lembap adalah salah satu faktor agar tanaman ini dapat tumbuh dengan baik.

Sementara ketika fase pasif, anda dapat memeriksa kondisi tanah setidaknya seminggu sekali. Namun, jangan sampai menunggu tanah terlalu kering dan bahkan mengeras. Kekurangan air juga tidak baik untuk tanaman Anthurium Superbum.

4. Suhu dan temperatur

Anthurium Superbum termasuk tanaman yang cukup sensitif dengan suhu. Idealnya, letakkan tanaman ini di lingkungan yang ber suhu antara 18 – 25 derajat celcius. Sebagai tanaman dalam ruangan, hindari meletakkannya di dekat kipas angin atau AC. Suhu yang terlalu dingin dapat menyebabkan tanaman mati.

Baca Juga :  Bunga Gelombang Cinta, Legenda Yang Sekarang Sudah Tidak Berharga

5. Kelembapan

Sebagai tanaman hutan tropis di daerah Ekuador, Anthurium ini menyukai kondisi lingkungan yang lembab. Lingkungan yang kering dapat menyebabkan daun menjadi coklat dan kemudian mati. Meletakkan tanaman ini di dalam kamar mandi juga bukanlah ide yang bagus, karena Anthurium juga memburuhkan lingkungan yang terang.

Menggunakan nampan berisi air di bawah pot dapat membantu meningkatkan kelembapan. Cara lainnya adalah dengan menggabungkan Anthurium Superbum berdekatan dengan tanaman yang lain.

cara merawat bunga anthurium superbum

6. Pemupukan

Pemupukan tanaman bisa di anggap sebagai pisau bermata dua. Antara memberinya nutrisi atau memberikan racun sangat tipis perbedaannya. Memberikan pupuk dengan jumlah yang cukup akan membatu tanaman tumbuh dengan baik. Sebaliknya, pemupukan yang berlebihan malah akan membakar akar dan menyebabkan tanaman mati.

Lakukan pemupukan pada saat tanaman berada pada fase aktifnya. Ketika memasuki fase pasif, anda dapat menunda pemupukan karera tanaman tidak butuh ransangan untuk pertumbuhan. Pupuk yang mengadung fosfor adalah jenis yang disukai oleh tanaman ini.

Harga Anthurium Superbum

Sebagai tanaman hias yang banyak peminat, Anthurium Superbum tergolong tanaman dengan harga yang lumayan mahal. Jika anda memeriksa harganya di market place atau toko online, bunga ini dihargai mulai dari 300 ribu hingga jutaan rupiah.

Harga tanaman ini tergantung kepada ukuran dan kondisinya. Tanaman dewasa dengan kondisi yang sangat bagus (baik batang dan daun) harganya bisa mencapai 5 juta rupiah.

Baca Juga :  Cara Merawat Anthurium Hookeri Yang Benar

Demikianlah beberapa tips dari kami tentang cara merawat Anthurium Superbum agar terlihat semakin menawan. Anda juga dapat mencoba merawat tanaman Anthurium jenis lain seperti :

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *