Tanaman Hias Jakarta
Cara Merawat Anthurium Jari Pedatoradiatum Di Rumah Cara Merawat Anthurium Jari Pedatoradiatum Di Rumah
Anthurium Pedatoradiatum merupakan salah satu jenis bunga Anthurium dengan bentuk daun yang cukup unik. Daun nya yang menyebar terlihat seolah seperti jari-jari tangan, sehingga... Cara Merawat Anthurium Jari Pedatoradiatum Di Rumah

Anthurium Pedatoradiatum merupakan salah satu jenis bunga Anthurium dengan bentuk daun yang cukup unik. Daun nya yang menyebar terlihat seolah seperti jari-jari tangan, sehingga tanaman ini juga sering disebut sebagai Anthurium Jari. Banyak pecinta tanaman hias memilih jenis ini karena bentuk daunnya yang berbeda serta cara merawat Anthurium Jari Pedatoradiatum yang tergolong cukup mudah.

Anthurium Jari adalah tanaman yang berasal dari Meksiko. Dengan perawatan yang baik, jumlah jari-jari dari tanaman ini bisa tumbuh hingga lebih dari 12. Jika anda ingin mendapatkan nuansa tropis dan asri, merawat Anthurium Pedatoradiatum sebagai hiasan di rumah adalah pilihan yang tepat.

Cara merawat Anthurium Jari Pedatoradiatum

1. Gunakan tanah gambut sebagai media tanam

Anthurium Jari tumbuh dengan baik di tanah gambut dengan drainase yang cukup baik. Tanah gambut biasanya lebih gembur dan tidak padat, ini sangat membantu akar tanaman untuk memperoleh nutrisi dan bertahan lebih lama.

tanah gambut organik cara merawat anthurium jari pedatoradiatum

Tanah gambut juga dapat menyerap air dengan lebih baik. Ini dapat menghindari akar yang membusuk karena genangan air yang telalu lama.

Gambut adalah jenis tanah yang terbentuk dari akumulasi sisa-sisa tumbuhan yang setengah membusuk. Oleh sebab itu, kandungan bahan organiknya tinggi.

2. Pastikan mendapat cahaya matahari yang sedang

Anthurium Pedatoradiatum menyukai intensitas cahaya matahari yang sedang. Ini berarti meletakkannya di tempat yang teduh dan terang adalah pilihan yang tepat. Jika anda menjadikan Anthurium Jari sebagai hiasan di dalam rumah, posisikanlah di dekat jendela yang menghadap ke arah timur. Siraman sinar matahari pagi masih bisa di tolerir di bandingkan panas di siang dan sore hari.

Baca Juga :  Cara Merawat Anthurium Crystallinum Untuk Pemula

Jika anda menempatkannya di halaman, tempatkanlah di bawah tanaman yang lebih tinggi agar dapat terlindung dari sengatan matahari. Terlalu lama terkana sinar matahari dapat menyebabkan daunnya hangus dan terbakar.

3. Siram ketika tanah sudah mulai mengering

Karena Anthurium Jari ditempatkan di lokasi yang teduh, frekuensi penyiraman harusnya tidak akan terlalu sering. Cukup perhatikan media tanam apakah sudah mulai mengering atau tidak. Menjaga agar tanah selalu dalam keadaan lembap dapat membantu pertumbuhan Anthurium Pedatoradiatum menjadi lebih baik.

Waktu penyiram bisa berbeda-beda tergantung dari cuaca dan dimana anda menempatkan tanaman ini. Cuaca yang panas terik tentu akan menyebabkan tanah lebih cepat mengering. Sementara, ketika anda tinggal di daerah yang cukup dingin, mungkin kelembapan tanah akan lebih terjaga.

cara merawat anthurium jari pedatoradiatum indoor

4. Tempatkan di lokasi dengan suhu yang konsisten

Anthurium Pedatoradiatum adalah jenis tanaman yang cukup mudah beradaptasi dengan lingkungan. Seperti kebanyakan bunga Anthurium, tanaman ini menyukai lingkungan yang hangat dengan suhu berkisar antara 21-30 derajat celcius.

Selama tidak ada perubahan suhu yang ekstrim, Anthurium Jari dapat menyesuaikan diri dengan baik. Untuk perawatan terbaik, usahakan agar anda menjaga tanaman ini tetap berada pada lokasi dengan suhu yang disarankan.

5. Jaga kelembapan yang ideal

Sebagai tanaman dari daerah tropis, bunga Anthurium Jari menyukai lingkungan dengan kelembapan yang sedang dan sedikit tinggi. Idealnya, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dengan kelembapan antara 45 – 70%. Jika anda tidak dapat memenuhi kondisi tersebut di lingkungan rumah, anda dapat mencoba dengan menambahkan alat untuk meningkatkan kelembapan udara.

Baca Juga :  Jenis Jenis Tanaman Hias Yang Sedang Populer Saat Ini

cara merawat anthurium jari pedatoradiatum di rumah

Namun, jika anda tidak ingin repot, cukup letakkan tanaman ini berdampingan dengan beberapa tanaman hias yang lain. Menggunakan wadah air dengan kerikil juga dapat membantu meningkatkan kelembapan. Letakkan pot Anthurium Pedatoradiatum diatas wadah tersebut, kelembapan akan terjaga seiring dengan menguapnya air. Jika daun tanaman ini mulai terlihat kecoklatan dan menguning, berarti ada kesalahan mengenai kelembapan.

6. Rutin melakukan pemupukan

Untuk menjaga agar tanaman tidak kekurangan nutrisi, anda dapat memberikan pupuk cair secara rutin setiap sebulan sekali pada masa-masa awal pertumbuhan. Untuk tanaman yang sudah dewasa, anda dapat memberikan pupuk untuk waktu yang lebih lama, setidaknya dua atau tiga bulan sekali.

7. Ganti pot sesuai umur dan ukuran tanaman

Banyak pecinta tanaman hias yang sering melupakan proses ini. Tidak hanya Anthurium Jari, hampir semua jenis tanaman disarankan untuk secara rutin mengganti pot agar perkembangannya tidak terhenti. Pot yang sudah terlalu kecil dapat menghambat pertumbuhan akar sehingga nutrisi yang diperoleh semakin berkurang.

Lakukan penggantian pot setidaknya setahun sekali pada masa-masa awal pertumbuhan. Dengan demikian tanaman anda akan tetap tumbuh dan berkembang dengan baik. Jika tanaman sudah cukup dewasa, anda dapat menunda proses ini hingga beberapa tahun kemudian.

Itulah beberapa hal dan cara merawat Anthurium Jari Pedatoradiatum yang bisa anda praktekkan di rumah. Dengan penanganan yang tepat, tentu tanaman ini bisa hidup lebih lama menghiasi rumah dan pekarangan anda.

Baca Juga :  Cara Merawat Anthurium Superbum Agar Tampil Menawan

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *