Tanaman Hias Jakarta
Cara Merawat Anthurium Hookeri Yang Benar Cara Merawat Anthurium Hookeri Yang Benar
Anthurium Hookeri adalah salah satu jenis bunga Anthurium yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain Bunga Gelombang Cinta, hampir semua pecinta Anthurium memiliki tanaman... Cara Merawat Anthurium Hookeri Yang Benar

Anthurium Hookeri adalah salah satu jenis bunga Anthurium yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain Bunga Gelombang Cinta, hampir semua pecinta Anthurium memiliki tanaman ini di pekarangan rumahnya. Tidak hanya memiliki bentuk daun yang menawan, cara merawat Anthurium Hookeri juga tergolong cukup mudah.

Sebagai tumbuhan tropis, Anthurium Hookeri di habitat aslinya adalah tanaman epifit. Mereka dapat tumbuh dan berkembang tanpa bantuan tanah. Melainkan hidup dengan “menumpang” pada tumbuhan yang lain. Selain itu, tanaman ini juga dapat menghasilkan buah beri bewarna putih. Banyak pecinta tanama hias yang tidak mengetahui hal ini.

Pada tulisan ini kami akan membahas secara detail cara merawat Anthurium Hookeri. Anda dapat mengikuti petunjuk yang kami sampaika agar tanaman kesayangan anda dapat tumbuh dan terawat dengan baik.

Cara merawat Anthurium Hookeri

1. Media tanam

Media tanam yang baik untuk bunga Anthurium adalah jenis tanah yang gembur dan sedikit kering. Gunakanlah tanah yang dapat menyerap kelembapan namun tidak menahan aliran air. Anda juga dapat menggunakan tanah dengan campuran perlite. Dengan campuran perlite akan membantu tanah memiliki drainase yang baik.

cara merawat bunga anthurium hookeri

2. Pot

Tidak hanya untuk Anthurium, pot yang disarankan untuk semua jenis tanaman hias adalah yang memiliki saluran air yang baik. Saluran air yang baik dapat menjaga air bekas penyiraman dapat mengalir dan tidak menggenang. Jika anda memiliki pot dengan saluran air yang cukup besar, letakkan saringan kopi diatasnya sehingga ketika melakukan penyiraman tanah tidak akan terbawa dan terbuang.

Baca Juga :  26 Jenis Bunga Anthurium Yang Lagi Ngetren

Menggunakan pot dengan bahan tanah liat juga cukup baik untuk bunga Anthurium Hookeri. Pot dengan bahan seperti ini dapat menyerap air. Sehingga dapat meminimalisir kemungkinan tanaman mengalami overwatering (kelebihan air).

3. Cahaya matahari

Untuk pertumbuhan dan kesehatan yang optimal, hindari meletakkan tanaman ini langsung terpapar cahaya matahari. Namun, meletakkannya di tempat yang gelap juga perlu dihindari. Karena tanaman ini membutuhkan cahaya matahari untuk proses pertumbuhan dan fotosintesis.

Anthurium di habitat aslinya hidup dibawah naungan daun-daun pohon yang lebih tinggi namun tidak kekurangan cahaya matahari. Terlalu lama terpapar sinar matahari akan menyebabkan daun mengering dan hangus. Harap perhatikan kondisi cahaya jika anda meletakkan tanaman ini di teras atau di halaman rumah.

4. Penyiraman

Hampir semua jenis bunga Anthurium menyukai kondisi tanah yang lembap, begitu juga dengan Anthurium Hookeri. Tanah yang lembap bukan berarti anda haru sering melakukan penyiraman. Kelebihan air (overwatering) justru malah menjadikan akar membusuk dan merusak tanaman.

Cara sederhana untuk memastikan kapan waktu penyiraman adalah dengan menusukkan jari anda ke tanah. Jika satu ruas jari sudah mulai kering, maka waktunya bagi anda untuk memberi tanaman ini air.

cara merawat tanaman hias anthurium hookeri

5. Temperatur

Karena Anthurium adalah tumbuhan tropis, mereka tidak tahan lingkungan dengan kondisi yang sangat dingin. Suhu yang ideal agar tanaman ini dapat tumbuh dengan baik adalah antara 21 – 32 derajat celcius. Hindari meletakkannya tanaman ini didekat AC atau kipas angin jika anda meletakkannya di dalam ruangan.

Baca Juga :  Anthurium Lidah Gajah, Tanaman Hias Kekinian

6. Kelembapan

Lingkungan dengan kelembapan yang tinggi adalah kondisi yang sangat baik untuk Anthurium Hookeri. Setidaknya, jagalah kelembapan sekitar 80% agar tanaman anda tidak stres. Jika anda tinggal di daerah yang cukup kering, anda dapat meningkatkan kelembapan dengan menggunakan nampan air yang berisi kerikil.

Caranya, isikan nampan dengan air dan kerikil. Kemudian letakkan tanaman anda di atas kerikil tersebut. Air yang menguap nantinya akan menjaga kelembapan disekitar tanaman. Selain metode ini, anda juga dapat meletakkan bunga Anthurium berdekatan dengan tanaman hias yang lainnya. Alteratif lain yang bisa anda lakukan adalah dengan membeli pelembap udara.

7. Pemupukan

Ketika tanaman masih dalam tahap pertumbuhan di tahun-tahun awal, lakukanlah pemupukan secara rutin sebulan sekali. Namun, ketika tanaman sudah lumayan dewasa dan berumur, anda dapat memberikannya pupuk setiap tiga bulan sekali. Pupuk dengan kandungan fosfat sangat disukai oleh tanaman ini karena dapat menjadikan daun lebih subur.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *