Tanaman Hias Jakarta
Cara Merawat Anthurium Crystallinum Untuk Pemula Cara Merawat Anthurium Crystallinum Untuk Pemula
Dari sekian banyak jenis bunga Anthurium, salah satunya selalu menarik perhatian banyak orang, yaitu Anthurium Crystallinum. Tanaman yang satu ini tidak kalah populer dari... Cara Merawat Anthurium Crystallinum Untuk Pemula

Dari sekian banyak jenis bunga Anthurium, salah satunya selalu menarik perhatian banyak orang, yaitu Anthurium Crystallinum. Tanaman yang satu ini tidak kalah populer dari Anthurium Andraeanum maupun Anthurium Gelombang Cinta. Apalagi, cara merawat Anthurium Crystallinum juga tergolong sangat mudah bahkan bagi pemula sekalipun.

Tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan ini banyak disukai masyarakat karena daun nya yang berbentuk hati dan cukup lembut saat di sentuh. Yang istimewa dari tanaman ini adalah urat daunnya yang bewarna putih. Ini sangat kontras dengan daunnya yang bewarna hijau tua.

Meskipun Anthurium Crystallinum adalah tanaman hutan tropis, dengan perawatan yang benar tanaman ini dapat tumbuh sebagai tanaman hias di dalam (indoor) maupun luar ruangan (outdoor). Berikut ini adalah cara merawat Anthurium Crystallinum yang perlu anda ketahui:

1. Pencahayaan

Sebagai tanaman tropis, Anthurium Crystallinum membutuhkan banyak cahaya agar dapat tumbuh dengan baik. Jika kekurangan cahaya matahari dapat menyebabkan tanaman ini layu. Namun, hindari agar tanaman ini tidak terkena sinar matahari secara langsung supaya tidak merusak daunnya.

Di habitat aslinnya, tanaman ini hidup dibawah naungan pohon-pohon besar. Ini berarti sebagai tanaman hias, anda harus meletakkanya di tempat yang terang dan teduh.

Baca Juga :  6 Kesalahan Dalam Merawat Bunga Anthurium!

cara merawat anthurium crystallinum di rumah

Jika anda memiliki banyak waktu luang, usahakan di pagi hari untuk memindahkan tanaman ini ke tempat yang terkena sinar matahari. Ketika sudah siang maka anda dapat mengembalikannya lagi ke tempat semula yang terlindung dari panas matahari siang dan sore hari.

Bagi mereka yang tinggal di tempat atau dataran tinggi, ini mungkin akan sedikit berbeda dalam perawatannya. Agar tetap mendapatkan lingkungan yang hangat, anda mungkin bisa menempatkan tanaman ini di dalam rumah dengan bantuan lampu atau penghangat.

2. Suhu dan Temperatur

Sebagai tanaman tropis, Anthurium Crystallinum menyukai tumbuh di lingkungan yang cukup hangat. Suhu ideal agar tanaman ini dapat tumbuh dengan optimal adalah berkisar antara 18 – 27 derajat celcius. Ketika musim hujan, anda dapat memindahkannya kedalam ruangan agar suhu lingkungannya tetap terjaga dan tidak terlalu dingin.

3. Kelembapan

Di Amerika Tengah dan Amerika Selatan, dimana tanaman ini berasal, memiliki tingkat kelembapan yang cukup tinggi. Menyesuaikan kondisi lingkungan dengan habitat aslinya tentu akan meningkatkan keberhasilan agar tanaman ini dapat tumbuh dengan baik.

Anthurium Crystallinum menyukai lingkungan dengan kelembapan sekitar 70% – 80%. Anda dapat meletakkan tanaman ini di kamar mandi, namun pastikan memiliki jendela yang cukup untuk pencahayaan. Selain itu, anda juga dapat meningkatkan kelembapan dengan membeli alat pelembap udara.

4. Penyiraman

Apapun jenis tanaman hias yang anda rawat, semuanya membutuhkan penyiraman yang cukup. Apalagi untuk tanaman yang biasa hidup di hutan tropis seperti Anthurium Crystallinum. Anda harus bisa memastikan bahwa tanaman ini tidak kekurangan air.

Baca Juga :  Inilah Cara Memperbanyak Bunga Anthurium

Kekurangan atau kelebihan air, sama-sama tidak baik untuk tanaman ini. Air yang berlebih bisa menyebabkan akarnya membusuk. Untuk menghindari air yang menggenang, anda dapat menggunakan tanah dengan drainase yang baik.

cara merawat anthurium crystallinum di dalam ruangan

Selama musim panas dan kering, setidaknya anda mesti menyiram tanaman ini dua hingga tiga kali dalam seminggi. Sedangkan pada saat musim hujan, anda bisa mengurangi frekuensi penyiraman menjadi sekali dalam seminggu.

Idealnya, penyiraman dilakukan ketika media tanam sudah mulai mengering. Anda bisa menjadikan ini sebagai patokan. Jika media tanaman masih lembap, anda dapat menunda proses penyiraman. Begitu juga sebaliknya, jangan biarkan media tanama terlalu kering hingga mengeras. Menjaga agar media tanam tetap dalam keadaan lembap adalah kondisi yang ideal untuk tanaman ini.

5. Media Tanam

Media tanam yang baik untuk Anthurium Crystallinum adalah menggunakan tanah dengan drainase yang bagus. Menggunakan tanah gambut bisa menjadi alternatif untuk anda gunakan. Mencampur dengan sedikit perlite juga dapat membantu meningkatkan kualitas drainase dari media tanaman yang anda gunakan.

6. Pemupukan

Seperti umunya tanaman hias, Anthurium Crystallinum juga memerlukan pemupukan agar dapat tumbuh dengan baik. Anda dapat menggunakan pupuk organik untuk merangsang pertumbuhan dari tanaman ini. Namun, jika anda menggunakan pupuk kimia harap berhati-hati. Jangan terlalu sering memberikannya karena dapat merusak akar dan tanaman.

Idealnya pemupukan dapat anda lakukan sebulan sekali. Jika tanaman sudah dewasa, anda dapat melakukan pemupukan setiap dua atau tiga bulan sekali.

Baca Juga :  7 Cara Merawat Bunga Gelombang Cinta dalam Pot

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *