Tanaman Hias Jakarta
Cara Merawat Aglonema Suksom Jaipong Agar Merah Merona Cara Merawat Aglonema Suksom Jaipong Agar Merah Merona
Pernahkah anda dengar bunga Aglonema Suksom Jaipong? Tentu bunga yang satu ini sudah tidak asing untuk para pecinta tanaman hias. Lalu, bagaimanakah cara merawat... Cara Merawat Aglonema Suksom Jaipong Agar Merah Merona

Pernahkah anda dengar bunga Aglonema Suksom Jaipong? Tentu bunga yang satu ini sudah tidak asing untuk para pecinta tanaman hias. Lalu, bagaimanakah cara merawat aglaonema jenis ini dengan baik dan benar? Apa yang harus dilakukan agar daunnya tetap merah merona dan tidak layu?

Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips dan rahasia menanam aglaonema suksom jaipong agar tetap indah di taman rumah Anda. Tanaman yang harganya bisa menyentuh jutaan ini sebaiknya mendapatkan perawatan yang tepat agar tumbuh subur dan cepat beranak.

Tentang Aglonema Suksom Jaipong

Aglonema Suksom Jaipong adalah primadona di kalangan pecinta tanaman hias di Indonesia. Salah satu ciri khas dari jenis bunga aglaonema ini adalah warnanya yang merah merona di seluruh permukaan daun dan hijau tua di bagian pinggirnya.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pecinta tanaman hias memburu tanaman yang satu ini. Suksom Jaipong sendiri merupakan tanaman hybrid dari aglaonema Cochinchinense.

Karakter utama aglonema yang satu ini adalah daunnya yang tumbuh bergerombol dan menumpuk rapi simetris. Oleh karena itu, Anda mungkin menyukai tanaman ini karena tampilannya yang luwes dan menarik perhatian.

Baca Juga :  Jenis Aglaonema Lokal Yang Cantik Dan Wajib Untuk Dimiliki

tips cara merawat aglonema suksom jaipong agar merah merona

Warnanya sendiri mulai dari merah mudah hingga merah merona, yang semakin menjadikan aglonema ini nyentrik daripada jenis lainnya. Nah, aglaonema berdaun merah sendiri memiliki karakter manja dan sebaiknya Anda tidak meletakkannya di tempat yang harsh.

Tidak jarang penghobi tanaman hias yang masih pemula sering mendapati aglonemanya suka layu padahal baru beli beberapa waktu lalu. Sebenarnya, bagaimana cara merawat tanaman yang satu ini agar tetap segar dan merona?

Cara Merawat Aglonema Suksom Jaipong

Agar aglonema di rumah Anda tetap sehat dan subur serta tidak mudah layu, kami punya beberapa tips yang bisa Anda ikuti.Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Hindarkan dari sinar matahari langsung

Tentu saja, sebagai tanaman, aglonema membutuhkan cahaya matahari untuk berfotosintesis. Namun, apabila terpapar cahaya matahari langsung, maka bukan tidak mungkin kalau daunnya akan mudah menguning dan layu.

Kami sarankan, Anda meletakkan pot atau tanaman ini di bawah pohon yang rindang, sehingga sinar matahari tetap masuk namun lingkungan sekitarnya tetap sejuk.

2. Perhatikan intensitas penyiraman

Selain tidak bisa terpapar sinar matahari langsung, tanaman hias yang satu ini juga tidak doyan air. Memang benar, Aglaonema Suksom Merah menyenangi tempat yang sejuk dan lembab, namun tidak suka air yang menggenang.

Sebagai tanaman yang karakternya manja, batang dan akarnya mudah busuk jika terendam air. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menyirami tanaman ini ketika tanahnya terlihat tidak lembab saja.

Baca Juga :  Tanaman Hias Kekinian Yang Harus Anda Miliki

Beberapa orang menyarankan untuk menyiraminya 2 hingga 3 hari sekali. Dengan begitu, media tanam tetap lembab dan kesuburan tanaman hias ini tetap terjaga.

3. Perhatikan media tanam

Sebenarnya perawatan Aglonema Suksom Jaipong tidak merepotkan seperti tanaman hias lainnya. Namun memang ada beberapa hal, termasuk media tanam, yang wajib Anda penuhi agar pertumbuhannya sempurna.

Seperti penjelasan sebelumnya, tanaman yang satu ini menyukai tempat yang lembab dan sejuk serta tumbuh subur di hutan tropis. Oleh karena itu, media tanamnya gembur dan porous serta banyak humus natural.

Tentu saja Anda perlu menciptakan lingkungan yang serupa untuk tanaman hias yang satu ini yaitu dengan membawa media tanam yang benar. Agar tumbuh subur, Anda bisa mengkombinasikan pupuk kandang, sekam, dan kompos dengan perbandingan 1:2:1.

Media tanam Aglonema Suksom Jaipong di atas memungkinkan tempat yang lembab dan sejuk namun air juga cepat meresap, tidak menyebabkan genangan yang membuat akar dan batangnya cepat busuk.

petunjuk cara merawat aglonema suksom jaipong agar merah merona

4. Pemupukan wajib

Harga Aglonema Suksom Jaipong yang bisa tembus Rp. 500.000 untuk tiga helai daun ini tidak lepas dari kesehatan dan keindahan tanaman tersebut. Nah, Anda pun perlu memberikannya pupuk dasar yang wajib untuk pertumbuhan tanaman ini.

Pemberian pupuk bertujuan untuk memastikan unsur hara terserap oleh tanaman dengan baik. Kami sarankan untuk menggunakan pupuk osmocote atau dekastar yang unsur N-nya cukup tinggi, sehingga akar dan batang tanaman semakin kuat.

Baca Juga :  Untuk Memperindah Halaman, Ketahui 4 Jenis Aglonema dan Namanya

Satu sendok dekastar bisa Anda campur ke media tanam satu pot. Dengan begini, aglonema Anda akan tumbuh subur dan tetap merah merona, serta cepat tumbuh tunas baru.

5. Jangan biarkan gulma tumbuh

Seringkali, gulma tumbuh di pot tanaman kesayangan Anda. selain tidak sedap dipandang, keberadaannya juga mengganggu penyerapan unsur hara. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera membersihkan tanaman liar yang tumbuh di pot aglonema sampai ke akarnya.

6. Mengelap daunnya

Agar tampilan aglaonema kesayangan Anda tetap indah dan maksimal, tidak ada salahnya untuk rajin mengelap daunnya. Seringkali bekas cipratan air yang mengering dan debu yang menempel membuat daunnya terlihat kusam dan kurang merona.

Oleh karena itu, Anda bisa membersihkan kotoran tersebut dengan lap setengah basah hingga kotorannya hilang. Bisa kami pastikan kalau tampilan daun merahnya semakin mengkilap dan cantik.

Menjadi salah satu tanaman hias yang banyak menjadi pilihan pecinta tanaman hias, aglaonema suksom rupanya memiliki berbagai hal yang perlu Anda pahami sebelum mulai menjadikannya tanaman favorit Anda.

Setelah mengetahui apa itu Suksom, ciri-cirinya, dan cara merawatnya, semoga aglaonema merah merona di rumah Anda selalu tumbuh subur dan tetap sehat, ya. Demikian berbagai hal yang perlu Anda ketahui tentang perawatan Aglonema Suksom Jaipong. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *