Tanaman Hias Jakarta
Cara Menanam Miana dan Perawatannya Agar Memiliki Daun Yang Rimbun Cara Menanam Miana dan Perawatannya Agar Memiliki Daun Yang Rimbun
Para pecinta tanaman hias tentu sudah tidak asing dengan nama Miana. Selain karena bentuknya yang unik, cara menanam miana maupun perawatannya tergolong mudah sekali.... Cara Menanam Miana dan Perawatannya Agar Memiliki Daun Yang Rimbun

Para pecinta tanaman hias tentu sudah tidak asing dengan nama Miana. Selain karena bentuknya yang unik, cara menanam miana maupun perawatannya tergolong mudah sekali. Sangat cocok juga untuk ditanam oleh pemula.

Untuk Anda yang belum tahu bagaimana cara menanamnya, silahkan simak artikel ini hingga selesai. Karena di artikel ini kami akan coba paparkan caranya dan media tanam miana yang bisa Anda gunakan.

Keindahan Bunga Miana

Sebelum lebih lanjut, pertama-tama kami paparkan terlebih dahulu apa yang menjadi daya tarik dari tanaman ini. Sekilas, Miana atau yang disebut dengan Coleus atropurpureus dalam bahasa ilmiah ini punya keindahan yang unik dari daunnya.

Tanaman ini punya daun yang indah. Warna daunnya pun cerah dan jarang sekali dimiliki oleh tanaman lain. Agar penampilannya lebih menawan, Anda bisa menggunakan media pot yang cantik.

Proses Penanaman Miana yang Baik dan Benar

Meski mudah, Anda tetap harus teliti saat menanam tanaman yang satu ini. Tujuannya agar tanaman tersebut bisa tumbuh sempurna dan indah. Di artikel ini kami sudah merangkum beberapa cara menanam miana tanpa layu yang bisa Anda aplikasikan.

Pembahasan kali ini juga akan menjelaskan bagaimana cara menanam bunga Miana dengan stek. Dengan begitu Anda bisa memilih sistem penanaman yang sesuai. Anda bisa menyimak langkah-langkahnya di bawah ini.

Baca Juga :  8 Jenis Bunga Miana, Sudah Tahu Belum?

Persiapan Media Tanam yang Tepat

Sebenarnya Anda tidak perlu bingung memilih media yang cocok untuk merawat Miana. Pasalnya Anda bisa menanamnya di beberapa tempat bahkan tanpa pot sekalipun, atau langsung di tanah.

Namun, jika Anda ingin tanaman tersebut tampak lebih berestetika, pilihlah jenis pot yang menarik. Kami menyarankan Anda untuk memilih jenis pot dari bahan porous untuk mengoptimalkan pertumbuhannya.

Porous merupakan jenis pot yang tepat karena air tidak mengendap pada jenis media tersebut. Di sisi lain, pot ini juga tidak membuat akar tanaman menjadi busuk. Selain itu, siapkan juga pupuk kandang karena media porous memerlukan pupuk organik tambahan.

cara menanam miana dan perawatannya agar memiliki daun yang rimbun dirumah

Rekomendasi Ukuran Pot yang Bagus untuk Miana

Selain jenisnya, Anda juga harus memperhatikan ukuran pot yang akan Anda gunakan sebagai salah satu media penanaman. Namun jangan terlalu khawatir terkait pemilihan ukurannya, karena cukup dengan menyesuaikannya saja.

Contohnya, jika Anda ingin menanam ukuran miana yang kecil, maka pilihlah media tanam yang kecil juga. Silahkan perhitungkan terlebih dahulu ukuran tinggi tanaman Anda sebelum membeli pot.

Contoh ukurannya misalnya Anda ingin menanam miana dengan tinggi 20 cm, maka carilah pot dengan ukuran 20×20. Untuk melihat ukurannya silahkan Anda cek di bagian bawah pot, atau tanyakan langsung pada penjual.

Selain ukuran, perhatikan juga penempatan tanaman tersebut. Jika Anda ingin menanamnya di pot, pastikan Anda menempatkannya di area yang teduh.

Baca Juga :  Perawatan Mudah Beragam Aneka Jenis Bunga Miana

Proses Penyiraman yang Baik dan Benar

Setelah Anda tanam, pastikan Anda menyiramnya secara rutin. Pemberian air setelah proses penanaman Anda lakukan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Pasalnya, air bisa mengurai seluruh nutrisi yang ada pada media tanam maupun pupuk.

Pot atau media tanam yang porous adalah pilihan yang paling ideal. Karena selain media yang bagus untuk miana, juga dapat mengoptimalkan proses penyiraman. Media porous dapat mengalirkan air secara optimal dan juga memiliki sirkulasi udara yang tetap terjaga.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan intensitas penyiraman. Pemberian air yang ideal untuk tanaman miana yaitu cukup 1 kali sehari saja. Tujuannya agar pertumbuhan tanaman tersebut tetap terjaga.

Kurang penyiraman bisa menjadi penyebab daun miana rontok dan layu. Maka dari itu, buat jadwal teratur, yaitu di pagi hari untuk menyiramnya.

Penempatan yang Ideal untuk Miana

Tempat Anda menyimpan tanaman juga dapat berpengaruh pada pertumbuhan sebuah tanaman. Terkait penempatan, berikut sudah kami rangkum sarannya di bawah ini.

  1. Untuk miana yang baru ditanam pada pot, simpan di tempat dengan suhu 23 derajat celcius. Biarkan selama 5 hingga 7 hari agar bisa beradaptasi.
  2. Setelah kurang lebih 1 minggu, jemur tanaman selama 2 hingga 3 jam saja. Pastikan proses penjemuran tidak terkena sinar matahari langsung.

Cara Menanam Miana dengan Stek

Saat ini, cara menanam bunga miana dengan stek cukup populer di kalangan masyarakat. Prosesnya pun mudah dan tidak ribet. Berikut kami juga sudah merangkum langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Pastikan Anda memilih batang yang cukup besar untuk ditanam.
  2. Potong bagian batang yang Anda inginkan.
  3. Siapkan media tanam yang spesifikasinya sudah kami paparkan sebelumnya.
  4. Siapkan pupuk, sekam dan tanah dengan perbandingan 1:2:1.
  5. Tancapkan batang yang sudah Anda siapkan ke media tanam.
  6. Siram satu kali sehari agar tidak layu.
  7. Tempatkan di tempat yang teduh atau tidak terkena langsung oleh paparan sinar matahari.
Baca Juga :  Cara Memperbanyak Tanaman Miana Di Rumah

Jika kita bandingkan dengan proses penanaman menggunakan biji dari bunga, proses stek jauh lebih mudah. Selain proses tersebut, ada juga stek miana media air yang tak kalah mudah. Sistem stek cocok untuk Anda yang tidak ingin ribet menanamnya.

Namun, perhatikan batang yang akan Anda pilih untuk ditanam kembali. Pastikan tidak memilih batang yang kecil. Pilihlah batang yang kuat dan agak besar untuk mengoptimalkan proses penanamannya.

Kesimpulan

Miana sangat ideal untuk para pecinta tanaman hias yang tidak ingin ribet. Mulai dari proses penanaman hingga perawatannya tergolong mudah. Meskipun mudah, Anda tetap tidak boleh asal saat menanamnya. Silahkan ikuti langkah-langkah di atas agar pertumbuhannya optimal.

Penjelasan cara menanam miana di atas kini bisa membantu Anda yang ingin memiliki tanaman hias di rumah. Silahkan siapkan alat-alat termasuk tanamannya untuk mulai proses penanaman.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published.