Tanaman Hias Jakarta
Cara Menanam Bunga Aglaonema dan Merawatnya Agar Subur Cara Menanam Bunga Aglaonema dan Merawatnya Agar Subur
Apakah anda merupakan pecinta tanaman hias dan ingin merawat jenis tanaman baru? Bunga Aglaonema merupakan pilihan yang bisa anda pertimbangkan. Karena cara menanam bunga... Cara Menanam Bunga Aglaonema dan Merawatnya Agar Subur

Apakah anda merupakan pecinta tanaman hias dan ingin merawat jenis tanaman baru? Bunga Aglaonema merupakan pilihan yang bisa anda pertimbangkan. Karena cara menanam bunga Aglaonema tidaklah sulit dan cukup mudah.

Aglaonema merupakan bunga hias yang sedang naik daun. Nama lain dari bunga ini ialah Sri Rejeki yang memiliki banyak penggemar. Ada berbagai macam jenis bunga Aglaonema yang bisa anda jadikan pilihan untuk mempercantik rumah dan halaman.

Warna yang cantik, bentuk yang indah serta corak yang menarik menjadi alasan mengapa banyak orang ingin merawatnya. Apakah anda juga tertarik untuk merawat bunga yang berasal dari wilayah Asia ini?

Cara Menanam Bunga Aglaonema

Tertarik untuk menanam bunga Aglaonema? Jika iya, berikut ini ialah beberapa cara untuk menanam bunga ini dengan mudah dan cepat:

1. Menanam Dengan Biji

Cara menanam bunga Aglaonema dengan metode ini, kamu perlu biji atau benih untuk bisa mendapatkan tanaman hias yang subur. Pilihlah biji yang berkualitas yakni yang berasal dari pangkal bunga Aglaonema dewasa. Cuci biji bunga dalam air campuran atau air asam selama 2 sampai 3 jam.

Siapkan tanah yang sudah tercampur dengan pupuk lalu sebarkan biji diatasnya. Letakkan di bawah sinar matahari tidak langsung yang memiliki suhu 23 – 35 derajat celcius. Waktu yang diperlukan untuk benih berkecambah sekitar 45 sampai 60 hari.

Baca Juga :  Tanaman Hias Kekinian Yang Harus Anda Miliki

cara menanam bunga aglaonema dan merawatnya agar subur dirumah

2. Pembibitan Dengan Cangkok

Cara menanam bunga tanpa akar ialah dengan vegetatif atau tanpa kawin dengan memanfaatkan metode cangkok. Metode ini sebenarnya tidak terlalu sulit, namun memerlukan ketelitian yang tinggi. Apabila salah, maka akan terjadi pembusukan batang.

Pilihlah indukan bunga Aglaonema yang baik yakni yang memiliki batang kuat, kokoh dan berwarna coklat. Kupas sedikit bagian batangnya sampai terlihat bagian dalamnya yang berwarna putih. Lapisi menggunakan campuran humus, tanah sekam, pasir malang dan pakis menggunakan plastik.

Pastikan anda melubangi plastik agar sirkulasi udara untuk pengakaran baik. Jangan lupa untuk menyemprotnya setiap 2 kali sehari agar tanaman bisa tumbuh dengan baik dalam 3 sampai 4 minggu.

3. Menanam Aglaonema Dengan Stek

Cara menanam pucuk Aglaonema tanpa akar bisa kamu lakukan dengan metode stek. Kamu hanya perlu memilih 5-6 ruas daun indukan bunga Aglaonema dari indukan yang kokoh dan kuat.

Tanamlah pucuk daun ini pada media tanam yang sudah dipersiapkan. Cara ini cukup mudah, namun memiliki kelemahan yakni induk pucuknya akan menjadi bercabang.

4. Pemisahan Anakan

Anda juga bisa melakukan penanaman Aglaonema dengan memotong akar sambung antara induk dan anakan. Anakan yang bisa anda pilih ialah yang telah memiliki daun mekar dan tidak tergulung. Pastikan indukan memiliki akar yang kuat yakni akar yang berwarna putih dan berukuran gemuk.

Baca Juga :  Tips Merawat Dan Pemupukan Bunga Aglonema

Untuk mempercepat proses penunasan, maka potong pucuk indukan sampai hanya tersisa 1 saja. Langkah ini sangat ampuh untuk merangsang pertumbuhan tunas baru.

Metode ini termasuk metode yang aman dan cukup berhasil. Tanaman yang baru ditanam akan membangun sistem akarnya sendiri dalam 5 – 10 hari, simpanlah tanaman pada suhu 15 – 35 derajat celcius.

cara menanam bunga aglaonema dan merawatnya agar subur teras

Tips Merawat Bunga Aglaonema

Menrawat tanaman hias memang perlu ketelatenan, salah merawat akan membuat tanaman menjadi mudah mati. Bagi anda yang ingin merawat bunga Aglaonema, berikut ini ialah beberapa tips agar bunga ini dapat tumbuh dengan baik:

1. Pilih Media Tanam yang Tepat

Dalam menanam bunga ini, kamu harus menemukan media tanam Aglaonema yang tepat. Adapun kriteria media yang baik ialah media tanam yang memiliki tingkat keasaman netral.

Caranya ialah mencampurkan humus daun dan pasir dengan perbandingan 3:1. Siapkan pot dan letakkan genting atau bata merah sebagai dasar. Kemudian masukkan media tanam hingga ¾ bagian pot.

2. Lakukan Penyiraman yang Tepat

Setelah melakukan penanaman, maka anda harus merawat tanaman agar bisa tumbuh dengan baik. Salah satu yang penting ialah penyiraman bunga Aglaonema. Perlu anda ketahui bahwa Aglaonema dapat tumbuh dengan baik pada media yang tidak terlalu kering namun juga tidak terlalu basah.

Oleh karena itu, perhatikan kelembaban media tanam. Jangan menggunakan air kaporit dalam menyiram tanaman Aglaonema ini.

Baca Juga :  8 Jenis Tanaman Hias Outdoor Yang Mudah Dirawat

3. Pemilihan Pupuk

Ketika menanam tanaman termasuk bunga hias, pemupukan adalah hal yang penting untuk membuat tanaman dapat tumbuh menjadi lebih subur. Agar bunga Aglaonema dapat tumbuh dengan baik, maka lakukan pemupukan dengan rutin dengan menggunakan produk berkualitas.

Pemupukan bunga Aglaonema sebaiknya dilakukan dalam 3 bulan sekali dengan menggunakan pupuk terbaik. Anda bisa bertanya kepada ahlinya mengenai pupuk yang berkualitas dan terpercaya.

Apabila anda ingin menggunakan pupuk alami maka manfaatkan air cucian beras. Siram ke media tanam bukan pada batang dan daun. Letakan tanaman hias ini pada tempat yang teduh dan tidak terpapar matahari langsung.

4. Perawatan Daun Aglaonema

Daya tarik dari Aglaonema terletak pada bagian daun, sehingga anda perlu melakukan perawatan yang tepat untuk bagian ini. Agar daun menjadi mengkilap, anda bisa membersihkannya dengan air, susu hingga ampas kelapa.

Anda juga bisa menggunakan spon yang lembab kemudian bersihkan daun secara rutin. Ketika Anda memilih menggunakan susu, maka jangan lupa untuk menggunakan pestisida. Karena ketika menggunakan susu akan mengundang bakteri perusak tanaman.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk menanam bunga Aglaonema. Bentuknya yang indah dan perawatannya yang tidak terlalu sulit menjadi nilai tambah. Pilih cara menanam bunga Aglaonema yang mudah dan tepat untuk anda lakukan. Jangan lupa untuk tetap merawatnya agar tanaman bisa tumbuh subur.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *