Tanaman Hias Jakarta
Cara Menanam Bonggol Monstera, Lebih Mudah dan Menguntungkan! Cara Menanam Bonggol Monstera, Lebih Mudah dan Menguntungkan!
Membudidayakan tanaman Monstera jauh lebih ekonomis daripada ketika membelinya secara utuh. Sehingga banyak pecinta tanaman hias yang berusaha mencari tahu bagaimana cara menanam bonggol... Cara Menanam Bonggol Monstera, Lebih Mudah dan Menguntungkan!

Membudidayakan tanaman Monstera jauh lebih ekonomis daripada ketika membelinya secara utuh. Sehingga banyak pecinta tanaman hias yang berusaha mencari tahu bagaimana cara menanam bonggol monstera.

Sebenarnya, cara menanam bunga Monstera tidaklah sulit. Meski begitu, Anda perlu teliti dan bersabar dalam setiap tahapannya. Artikel ini akan menjelaskan tips dan cara menanam Monstera dengan memanfaatkan bagian bonggolnya.

Alasan Menanam Monstera dengan Metode Bonggol

Popularitas tanaman Monstera menyebabkan harga tanaman hias semakin tinggi karena permintaan konsumen yang juga meningkat. Tak jarang akhirnya, masyarakat lebih memilih untuk menanam Monstera dengan memanfaatkan bonggolnya daripada langsung membeli Monstera yang telah jadi.

Bonggol Monstera adalah batang paling bawah yang berakar pada tanaman hias Monstera. Tidak hanya tanamannya, bonggol Monstera juga telah banyak diperjualbelikan baik secara langsung maupun di e-commerce.

Dalam memilih bonggol Monstera di situs e-commerce, Anda perlu memperhatikan ukuran bonggol dan jenis tanamannya. Jenis bonggol Monstera yang banyak terdapat di situs e-commerce berasal dari jenis deliciosa dan king deliciosa.

Berdasarkan data dari 3 situs e-commerce ternama, harga bonggol Monstera yang tersedia memang beragam namun rata-rata harganya masih berada di bawah Rp20.000.

Harga bonggol Monstera yang jauh lebih murah menjadi alasan bagi pecinta tanaman hias untuk membudidayakan salah satu tanaman hits ini daripada membelinya langsung dengan harga yang lebih tinggi.

Baca Juga :  Perbedaan Monstera Deliciosa Dan Borsigiana

Syarat Bonggol yang Bagus untuk Menanam Monstera

Tidak sembarang bonggol dapat langsung Anda gunakan dalam membudidayakan tanaman ini. Ada beberapa syarat bonggol dikatakan bagus dalam budidaya Monstera.

Bagi yang baru tertarik untuk menanam bonggol Monstera, Anda perlu memperhatikan kualitas bonggol Ketika membelinya. Bonggol yang baik memiliki akar dan batang yang sehat atau tidak busuk. Ruas-ruas pada bonggol pun harus jelas antara batang dan akar.

Selain kualitas, Anda perlu menyiapkan media tanam bonggol Monstera seperti tanah maupun air. Untuk kesempatan ini, kita akan menggunakan media tanam berupa campuran tanah dan sekam.

Nantinya Anda hanya perlu mengontrol kelembaban dengan menempatkannya di tempat yang jauh dari jangkauan matahari.

Cara Menanam Bonggol Monstera

Cara menanam bonggol Monstera tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan cairan fungisida dan B1, media tanam berupa sekam dan tanah serta peralatan seperti gunting rumput, sekop, dan pot atau kotak sebagai media tanam.

Cara menanam tumbuhan ini lebih kurang sama seperti cara untuk melakukan stek batang pada tanaman lain. Namun untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah langkah untuk menanam bonggol Monstera yang bisa anda ikuti:

1. Cek Kondisi Bonggol

Tidak semua bonggol tanaman Monstera baik. Saat Anda membeli online, Anda perlu mengecek terlebih dahulu kualitas dari bonggol yang akan Anda tanam.

Jika ada salah satu bonggol di bagian akar atau batang yang tidak sehat, Anda tidak perlu khawatir. Cukup menggunting atau membuang bonggol yang rusak atau busuk tersebut. Jangan biarkan bonggol yang rusak atau busuk, karena dapat mempengaruhi kualitas tanaman Monstera yang akan anda tanam.

2. Bersihkan Bonggol Monstera

Sebelum proses menanam, Anda perlu membersihkannya terlebih dahulu. Caranya cukup dengan menyemprotkan air biasa sampai bersih.

Baca Juga :  Cara Memperbanyak Monstera Deliciosa Dengan Stek Batang

3. Potong Sedikit Bonggol Monstera

Apabila masih terdapat akar, Anda perlu memotong sedikit bonggol Monstera. Perkirakan sekitar satu jengkal dengan meninggalkan batas ruas buku tempat munculnya akar.

cara menanam bonggol monstera dirumah lebih mudah dan menguntungkan

4. Beri Cairan Fungisida dan Semprotkan B1

Setelah bagian bonggol Monstera bersih, beri fungisida pada bagian bekas yang baru saja dipotong. Hal itu dilakukan untuk mencegah jamur muncul pada tanaman.

Tidak hanya fungisida, Anda bisa menyemprotkan B1 pada bonggol tanaman ini. Tujuannya adalah untuk merangsang pertumbuhan akar dan tunas yang baru.

Sebelum menyemprotkan B1, bersihkan terlebih dahulu bekas tangkai daun yang mati dan mengering. Tujuannya agar tidak menutupi mata tunas dan mata akarnya.

Jika sudah, semprotkan B1 ke seluruh bagian bonggol secara merata sampai seluruh bagiannya basah. Ini bertujuan agar nantinya tanaman Monstera anda sehat, tidak stress, dan akarnya cepat keluar.

5. Masukkan bonggol ke media tanaman

Setelah proses di atas selesai, masukkan bonggol Monstera ke dalam media tanam campuran sekam dan tanah. Perbandingan sekam dan tanah adalah 2:1, artinya lebih banyak sekam daripada tanah agar media tanam tidak terlalu padat.

Tujuannya agar akar dan tunas nantinya tidak terlalu sulit untuk tumbuh dalam media tanam. Jangan menanam bonggol seluruhnya. Cara menanam bonggol Monstera ke media tanam yang benar adalah dengan membiarkan bagian atas tidak tertutupi semua agar tumbuhan masih bisa bernafas.

6. Semprot Media Tanam dengan Cairan Fungisida

Siram kembali cairan fungisida ke dalam media tanam sampai benar-benar basah di seluruh permukaan tanah.

7. Bungkus Bonggol Monstera dengan Plastik Bersih

Langkah terakhir untuk menanam bonggol Monstera adalah membungkus atau mengurungnya dengan plastik bersih selama seminggu. Letakkan di tempat yang teduh dan biarkan dalam posisi tersebut selama satu minggu. Ini karena bonggol Monstera membutuhkan suhu dan kelembaban yang pas.

Baca Juga :  Gampang! Ini 7 Cara Merawat Tanaman Janda Bolong

Anda baru akan melihat perkembangan tanaman ini satu minggu kemudian. Tanaman akan mulai mengeluarkan tunas. Munculnya tunas menandakan budidaya bonggol Monstera Anda sedang berjalan.

Tips Menanam Bonggol Monstera agar Tidak Busuk

Ada 2 tips menanam bonggol Monstera agar tidak busuk dan cepat menghasilkan tunas.

1. Gunakan Campuran Serbuk Batu Bata Merah ke Media Tanam

Potongan atau serbuk batu bata merah dapat membantu tanaman Anda tidak cepat busuk. Anda dapat mencampurkan serbuk batu bata merah tersebut ke dalam media tanam.

Media tanam kali ini adalah sekam dan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang. Nantinya campurkan serbuk batu bata merah ke media tanam dengan perbandingan 2:1. Yakni dua untuk media tanam dan satu untuk serbuk batu bata merah.

2. Tanam di Gelas Plastik Transparan

Untuk mencegah akar yang membusuk, Anda dapat menanamnya di dalam wadah gelas plastik transparan yang berukuran sedang terlebih dahulu. Hal itu untuk melihat perkembangan dari akar.

Untuk menanamnya, beri lubang-lubang kecil di setiap permukaan gelas plastik dan kemudian masukkan campuran media tanam dan serbuk batu bata merah tadi. Kemudian masukkan bonggol Monstera dalam posisi miring dan beri cairan fungisida ke media tanam.

Terakhir diamkan Monstera yang sudah ditanam sekitar satu minggu untuk melihat munculnya mata tunas dan akar-akar yang lebih panjang. Jika sudah muncul, Anda bisa memindahkannya ke pot atau wadah yang lebih besar lainnya. Selannjutnya, anda tinggal merawat tanaman Monstera ini seperti biasa.

Mudah bukan? Lakukan langkah di atas sebagai pedoman tentang cara menanam bonggol Monstera agar anda dapat melakukannya sendiri dirumah

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published.