Tanaman Hias Jakarta
Cantik dan Eksotik, Begini Cara Merawat Bunga Geranium Cantik dan Eksotik, Begini Cara Merawat Bunga Geranium
Geranium sebenarnya merupakan salah satu dari sekitar 300 jenis tumbuhan semak dalam keluarga Geraniaceae. Tumbuhan ini memiliki bunga warna-warni yang cerah dan indah. Oleh... Cantik dan Eksotik, Begini Cara Merawat Bunga Geranium

Geranium sebenarnya merupakan salah satu dari sekitar 300 jenis tumbuhan semak dalam keluarga Geraniaceae. Tumbuhan ini memiliki bunga warna-warni yang cerah dan indah. Oleh karena itu, tak heran jika bunga ini kemudian dibudidayakan sebagai bunga hias. Setiap orang pun tertarik untuk mengetahui cara merawat bunga geranium.

Apakah susah cara merawat bunga geranium?

Jawabannya adalah tidak. Bunga geranium yang ada saat di pasar tanaman hias adalah bunga geranium hibrida. Spesies baru hasil persilangan ini lebih mudah untuk Anda rawat. Kualitas bunganya pun lebih bagus daripada geranium yang ada di alam liar.

Sebelum mengetahui bagaimana merawat bunga ini, Anda harus tahu beberapa fakta mengenai bunga geranium. Bunga ini lebih sering kita sebut sebagai bunga tapak dara. Tidak ada perbedaan bunga geranium dan tapak dara karena keduanya adalah sama.

Tak hanya perawatannya yang mudah, Anda pun bisa memperbanyak bunga ini. Cara memperbanyak bunga geranium akan otomatis Anda ketahui setelah berhasil merawat bunga ini dengan baik. Oleh karena itu, mari cari tahu bagaimana cara merawat bunga cantik nan mempesona ini.

Daftar Isi

Baca Juga :  Jenis Jenis Tanaman Hias Yang Sedang Populer Saat Ini

1. Geranium Butuh Sinar Matahari Penuh

Geranium berada dalam keluarga Geraniaceae. Tanaman spesies ini umumnya membutuhkan sinar matahari langsung. Jadi, sangat cocok dijadikan tanaman outdoor.

Tanaman ini membutuhkan sekitar 5 sampai 6 jam sinar matahari. Dengan asupan cahaya matahari yang cukup, geranium akan lebih mudah untuk berbunga. Oleh karena itu, bunga ini sering sekali ditanam di halaman rumah, balkon, atau hiasan di dekat jendela luar rumah.

cara merawat bunga geranium dirumah

2. Kelembapan Harus Diperhatikan jika Menanam Geranium dalam Pot

Bunga geranium umumnya bisa tumbuh dengan baik jika berada di halaman meskipun tak mendapatkan perawatan ekstra. Tanah yang ada di halaman rumah sudah cukup subur untuk membuat tanaman tersebut berkembang.

Namun, jika Anda menanam geranium di dalam pot, kelembaban harus benar-benar Anda perhatikan. Gunakan media tanam yang tepat. Anda bisa mencampur tanah dengan pasir dan pupuk kompos. Masing-masing ukurannya adalah 1:1:1.

Dengan kombinasi media tanam tersebut, kelembaban tanah akan lebih terjaga. Tanaman geranium pun tidak mudah menguning dan busuk.

3. Segera Potong Bunga yang Layu

Meski sudah Anda rawat sedemikian rupa, bukan berarti Anda akan terhindar dari masalah bunga layu atau menguning. Hal ini adalah masalah yang sangat wajar. Setelah mekar dalam beberapa waktu, bunga akan layu.

Untuk mempercepat proses bunga baru tumbuh, segera potong bunga yang sudah layu. Ini juga akan membuat proses pertumbuhannya lebih baik.

Baca Juga :  4 Jenis Bunga Geranium Yang Bisa Anda Rawat Di Rumah

Memotong bunga yang layu adalah cara perawatan tanaman geranium yang sangat umum. Jadi, jangan ragu untuk memotong bunga-bunga yang layu, ya!

4. Perhatikan Suhu Tempat Geranium Ditanam

Berkaitan dengan suhu, sebenarnya geranium tidak begitu rewel. Selama dia berada di suhu di atas 10 derajat celcius, bunga ini akan tetap tumbuh. Namun, jangan membiarkan tanaman geranium di kondisi yang terlalu kering, ya.

Suhu yang terlalu kering tanpa penyiraman yang baik juga bisa menyebabkan bunga ini menjadi layu dan mati. Oleh karena itu, proses penyiraman pun perlu Anda lakukan dengan baik.

Waktu terbaik menyiram bunga ini adalah pada pagi hari. Ketika panas terik, sistem dalam tubuh bunga akan menyerap air untuk melakukan fotosintesis. Kelembaban akan terjaga, begitu pula suhunya.

5. Lakukan Perawatan dari Hama

Tanaman hias juga rentan akan hama. Untuk geranium, hama yang paling sering mengganggu adalah tungau laba-laba. Tungau yang satu ini memiliki bentuk seperti laba-laba yang hidup di bawah permukaan daun.

Jika Anda melihat daun bunga geranium yang tampak aneh, mungkin saja bunga tersebut sedang diserang oleh tungau laba-laba. Segeralah pisahkan bunga yang terserang hama dengan bunga lainnya agar tak menular. Selanjutnya, gunakan pestisida atau insektisida alami untuk mengatasi bunga-bunga yang terserang hama.

cara merawat bunga geranium teras

6. Waspada Musim Hujan

Geranium termasuk tanaman yang lebih suka berada di suhu atau cuaca yang panas. Bunga ini umumnya bermasalah jika musim hujan datang.

Baca Juga :  Bunga Gantung Di Teras Rumah, Jenis Mana Yang Anda Pilih?

Geranium tidak menyukai kondisi tanah yang terlalu basah. Hujan yang terus-terusan bisa menjadi penyebab bunga ini mati dan layu. Jadi, pemilihan waktu tanam juga penting, ya.

Pastikan bunga geranium yang Anda tanam sudah cukup umur saat musim hujan tiba. Jika mulai menanam pada musim hujan, kemungkinan keberhasilannya cukup rendah.

7. Lakukan Pemupukan untuk Tambahan Nutrisi

Pemupukan juga penting untuk memaksimalkan pertumbuhan bunga geranium. Anda bisa menggunakan pupuk cair untuk tanaman ini. Jika ingin pupuk yang lebih aman dan murah, kamu juga bisa memberikan pupuk kandang.

Pemupukan ini idealnya harus dilakukan secara rutin. Rentang waktu satu bulan sekali untuk pemupukan adalah yang paling direkomendasikan.

Jika melakukan perawatan yang tepat, geranium yang Anda tanam akan berbunga sekitar tiga bulan setelah tanam. Bunga ini juga bisa berumur panjang. Kamu pun bisa memperbanyak bunga geranium dengan benih atau tunas.

Untuk persiapan awal, sebaiknya mulailah menanam dengan membeli bibit bunga. Untuk pemula, Anda tidak disarankan untuk menanam bunga ini dari bijinya.

Anda harus fokus dulu bagaimana cara merawat bunga geranium. Setelah itu, Anda mungkin bisa memulai menanam langsung dari bijinya. Semoga bermanfaat!

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *