Tanaman Hias Jakarta
9 Jenis Tanaman Hias Daun Kecil 9 Jenis Tanaman Hias Daun Kecil
Hobi berkebun dan bercocok tanam memang sangat menyenangkan. Apalagi ketika melihat tunas atau bibit yang Anda tanam dapat tumbuh dengan subur dan menghasilkan daun... 9 Jenis Tanaman Hias Daun Kecil

Hobi berkebun dan bercocok tanam memang sangat menyenangkan. Apalagi ketika melihat tunas atau bibit yang Anda tanam dapat tumbuh dengan subur dan menghasilkan daun serta bunga indah. Berbagai tanaman hias pun semakin banyak jenisnya, tak terkecuali untuk tanaman hias daun kecil. Apa saja contohnya?

Tanaman Hias Daun Kecil

Meskipun daunnya kecil dan imut, justru tanaman hias jenis ini dapat meningkatkan nilai estetika di dalam ruangan. Selain itu, tanaman yang daunnya kecil juga tidak terlalu memakan tempat seperti halnya tanaman berdaun lebar. Berikut ini beberapa jenis tanaman hias daun kecil yang bisa menjadi referensi anda.

1. Purple Oxalis

Bagi Anda pecinta warna ungu, maka tanaman satu ini sangat bagus untuk hiasan di rumah. Bentuknya unik seperti kupu-kupu sehingga menambah keindahan tanaman purple oxalis. Tanaman hias satu ini asalnya dari Brasil dan memiliki ciri khas berupa tekstur permukaan daunnya yang halus dan bunga mungil.

Selain cantik dan indah sebagai dekorasi di dalam rumah, purple oxalis cukup produktif karena dapat merambat di berbagai sisi. Selain itu, tanaman ini juga sensitif terhadap cahaya sehingga saat malam hari daunnya bisa menutup sendiri.

2. Baby Tears

Tanaman yang biasanya dimanfaatkan untuk aquascape ini memiliki ciri khas daun yang berbentuk sangat kecil dan rimbun. Sehingga sangat cocok untuk Anda tanam di media tanam plastik transparan atau kaca. Daunnya yang mungil dan berwarna hijau segar akan membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk.

Baca Juga :  10 Manfaat Bunga Bangkai Bagi Kesehatan

baby tears jenis tanaman hias daun kecil

Baby tears juga sangat cocok untuk tanaman meja maupun tanaman gantung. Namun, jangan lupa untuk menyiramnya setiap hari karena tanaman ini sangat menyukai kelembaban tinggi.

3. Asparagus Fern

Tanaman ini dikenal juga sebagai pakis asparagus dan sangat cocok untuk di ruang terbuka atau ruang bebas. Asparagus fern termasuk ke dalam golongan keluarga lili dan bisa diletakkan di rak, meja belajar, lemari dan lainnya agar dapat tumbuh dengan baik.

Tanaman hias daun kecil yang cantik, asparagus fern dapat bermanfaat untuk melenyapkan senyawa formalin pada perabotan di rumah terutama yang terbuat dari kayu. Meskipun penampilan tanaman ini terlihat halus, namun ketahanannya cukup kuat dan paling bagus tumbuh di bawah sinar matahari pagi.

4. String of Pearls

Tanaman hias string of pearls termasuk ke dalam keluarga Asteraceae karena daunnya mirip seperti untaian mutiara. Merawat tanaman ini juga cenderung lebih mudah karena tidak memiliki masalah hama atau penyakit. Bahkan tanaman ini juga bisa hidup hingga 5 tahun jika Anda merawatnya dengan benar.

Kemudahan merawat tanaman ini juga didukung dengan karakter string of pearls yang bisa bertahan dengan sedikit air dan dapat mentolerir lingkungan kering. Hal tersebut bisa terjadi karena tanaman berwarna hijau muda ini memiliki daun yang sifatnya dapat meminimalkan penguapan air dan mengurangi suhu.

Baca Juga :  9 Jenis Tanaman Hias Paling Laris Yang Diburu Kolektor

5. Chinese Money Plant

Penamaan tanaman ini cukup menarik karena berawal dari seorang misionaris asal Norwegia, Agnar Espergen yang membawa tanaman ini pada tahun 1940-an. Tanaman tersebut akhirnya ia bagikan untuk orang-orang tersayang. Saat ini, Chinese money plant sudah tersebar hingga ke seluruh dunia.

Ciri khas tanaman ini adalah memiliki bentuk unik bulat sedang serta berwarna hijau terang. Sehingga ketika melihatnya akan langsung menimbulkan efek segar dan sejuk.

6. Jade Plant

Tanaman ini juga sering orang menyebutnya sebagai tanaman keberuntungan. Jade plant merupakan tanaman hias sukulen yang memiliki daun tebal dan oval dengan bentuk unik dan indah. Menariknya tanaman ini bahkan bisa hidup hingga bertahun-tahan asal Anda memberinya perawatan yang tepat.

Dengan perawatan yang tepat, maka Anda pun bisa melihat daun jade plant tumbuh berkilau dan terus meningkatkan kemampuannya menyerap cahaya matahari. Jangan lupa untuk menyeka daun tanaman ini sesekali agar penumpukan debu bisa hilang sehingga tanaman tetap terlihat berkilau.

7. English Ivy

Bagi Anda yang menyukai tanaman hias anti ribet dalam hal perawatan, maka English ivy sangat cocok untuk menjadi pilihan. Tanaman ini dapat berkembang dengan baik di bawah cahaya terang namun tidak langsung terkena sinar matahari. Selain itu, English ivy juga dapat tumbuh dengan baik di lingkungan lembab.

Baca Juga :  10 Jenis Tanaman Hias Merambat yang Cocok Untuk Dekor Rumah

english ivy jenis tanaman hias daun kecil

Daun English ivy memiliki bentuk beraneka ragam dan lebih menonjol ketika berada di tingkat cahaya yang lebih terang. Bentuk daunnya unik dan cantik sangat cocok untuk menjadi tanaman hias di rumah. Selain itu, tanaman ini juga dapat menyerap udara kotor sehingga ruangan akan terasa lebih segar dan sejuk.

8. Peperomia

Tanaman ini juga termasuk jenis yang mudah dalam perawatannya dan pada umumnya hanya berukuran 15 – 30 cm. Daunnya memiliki bentuk tebal dan dapat menahan air dengan baik. Bahkan dapat bertahan meskipun tanpa hidrasi dalam periode waktu tertentu.

Namun, jika terlalu lembab justru peperomia akan mudah busuk. Oleh karena itu, lebih baik cukup menyiramnya seminggu sekali saja dan tidak perlu setiap hari. Tanaman ini juga akan tumbuh dengan baik di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Letakkan di atas meja, rak, lemari, dan lainnya.

9. Suplir

Tipe tanaman ini tak boleh ketinggalan untuk menjadi salah satu jenis tanaman hias daun kecil di rumah Anda. Karena tidak hanya indah dan membawa kesegaran, daunnya begitu mungil sehingga terlihat menarik dan minimalis. Perhatikan lokasi untuk menanamnya yakni tidak boleh terlalu kering dan udaranya bersih.

Berbagai jenis tanaman hias daun kecil di atas bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang bingung mencari dekorasi di ruangan rumah. Pilih sesuai selera dan budget karena setiap tanaman memiliki bentuk dan harga berbeda.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published.