Tanaman Hias Jakarta
9 Jenis Bunga Lavender dari Berbagai Dunia dan Ciri Khasnya 9 Jenis Bunga Lavender dari Berbagai Dunia dan Ciri Khasnya
Anda pasti sudah tidak asing dengan bunga lavender bukan? Bunga dengan ciri khas berwarna ungu nan cantik ini sering kita jadikan sebagai bunga pengusir... 9 Jenis Bunga Lavender dari Berbagai Dunia dan Ciri Khasnya

Anda pasti sudah tidak asing dengan bunga lavender bukan? Bunga dengan ciri khas berwarna ungu nan cantik ini sering kita jadikan sebagai bunga pengusir nyamuk. Ternyata, ada banyak sekali jenis bunga lavender lho. Kami akan menjelaskan sekitar 9 jenis di antaranya.

Seperti yang kita ketahui bersama, bunga lavender adalah salah satu jenis bunga yang memiliki wangi khas. Karena bau harum tersebutlah bunga ini bermanfaat sebagai penangkal nyamuk. Pasalnya, nyamuk memang tidak suka bau khas dari lavender.

Di samping manfaat bunga lavender sebagai penangkal nyamuk, bunga berwarna ungu ini juga sering dijadikan sebagai tanaman hias, lho. Ada manfaat ganda jika menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias, yakni sisi estetikanya dan juga untuk pengusir nyamuk.

Untuk Anda yang ingin menanam bunga lavender di rumah, berikut adalah beberapa jenis bunga lavender dari berbagai dunia.

1. Lavender Inggris

Lavender Inggris memiliki nama ilmiah Lavandula angustifolia. Meskipun ada unsur Inggris di dalamnya, bunga lavender ini bukan berasal dari Inggris, ya. Lavandula angustifolia berasal dari kawasan mediterania seperti Spanyol, Italia, Prancis, dan Kroasia.

jenis bunga lavender dari berbagai dunia dan ciri khasnya inggris

Bunga lavender ini memiliki daun sempit yang berwarna hijau. Panjang daun sekitar 2 – 6 cm dengan diameter 4-6 mm. Tinggi tanaman bisa mencapai 1 sampai 2 meter dengan bunga berwarna merah muda keunguan.

Baca Juga :  5 Jenis Tanaman Gantung Yang Bermanfaat

2. Lavender Spanyol

Jenis yang kedua adalah Lavender spanyol atau yang dikenal dengan Lavandula Stoechas. Lavender yang satu ini juga tumbuh dengan baik di beberapa negara mediterania, seperti Prancis, Spanyol, Portugal, Yunani, dan Italia. Ciri khas lavender jenis ini adalah bagian ujung bunga yang mekar. Ciri ini hampir tidak ditemukan pada jenis yang lainnya. Manfaat lavender Spanyol juga sama dengan lavandula lainnya.

jenis bunga lavender dari berbagai dunia dan ciri khasnya spanyol

3. Lavender Belanda

Selanjutnya ada juga lavender belanda yang memiliki nama latin Lavandula X Intermedia. Ciri khas lavender belanda adalah hampir seluruh bagian bunga mekar dengan baik. Warnanya pun lebih cerah daripada jenis lavender pada umumnya.

jenis bunga lavender dari berbagai dunia dan ciri khasnya belanda

Bunga lavender ini juga memiliki aroma yang khas. Lavender jenis ini mudah ditemukan di pasaran. Anda bisa menjadikannya sebagai tanaman hias yang kaya manfaat.

4. Lavender Portugal

Lavender portugal memiliki nama latin Lavandula latifolia. Ciri khas bunga lavender yang satu ini adalah memiliki daun yang lebar. Seperti Namanya, tanaman ini berasal dari wilayah Portugal. Lavender jenis ini juga bisa ditemui di Italia, Spanyol, dan Prancis bagian selatan.

jenis bunga lavender dari berbagai dunia dan ciri khasnya portugal

Beberapa orang menyebut lavender portugal sebagai salah satu jenis lavender paling wangi. Saat ini, lavender portugal sudah dibudidayakan di hampir seluruh negara di dunia.

5. Lavender Perancis

Selanjutnya, ada juga Lavender Perancis yang memiliki nama ilmiah Lavandula dentata. Bunga lavender ini juga sering disebut sebagai lavender berumbai. Warna bunganya ungu muda dengan bagian ujung berwarna ungu pucat. Tanaman jenis ini memiliki tinggi sekitar 60 cm.

Baca Juga :  Jenis Jenis Tanaman Hias Yang Sedang Populer Saat Ini

Meskipun namanya adalah bunga lavender perancis, bunga ini tak hanya bisa ditemukan di perancis. Lavender jenis ini ada di kawasan Mediterania, Semenanjung Arab, dan pulau-pulau Atlantik.

6. Lavender Mesir

Bunga lavender mesir juga memiliki ciri khasnya sendiri. Bunga ini mempunyai nama ilmiah Lavandula multifida. Negara asalnya adalah Mediterania Selatan, termasuk di dalamnya negeri Iberia, Canary Islands, dan Sisilia. Lavender jenis ini mempunyai batang berbulu dengan warna abu-abu. Bunganya memiliki warna ungu, biru tua, atau violet ungu. Sama seperti jenis bunga lavender lainnya, bung aini memiliki khasiat herbal yang sangat bagus.

7. Lavandula Pinnata

Selanjutnya, ada pula jenis bunga lavender yang memiliki nama ilmiah Lavandula pinnata. Jenis lavender yang satu ini berasal dari daerah Canaries dan Madeira. Ciri khas tanaman ini adalah memiliki tangkai bunga bercabang. Tanaman ini akan berbunga ketika musim panas tiba. Bunganya berwarna ungu terang.

jenis bunga lavender dari berbagai dunia dan ciri khasnya lavandula pinnata

Jenis bunga lavender yang satu ini memang cukup unik. Karena bisa tumbuh baik di kawasan beriklim panas, lavender jenis ini cocok dibudidayakan di Indonesia.

8. Lavender Putih

Jenis lavender yang satu ini memiliki tangkai berwarna putih, kadang juga merah muda. Karena itu, jenis lavender ini disebut sebagai lavender putih. Lavender ini memiliki nama ilmiah Salvia apiana.

Tanaman ini menjadi pelengkap ritual-ritual tradisional di suku pedalaman Amerika. Aroma lavender ini sangat kuat. Jika Anda menggosok-gosokkan daun lavender putih, akan muncul minyak dan resin yang mempunyai aroma yang sangat kuat.

Baca Juga :  4 Jenis Tanaman Hias Murah Dan Cantik

9. Salvia Officinalis

Hampir sama seperti lavender putih, Salvia Officinalis adalah jenis bunga lavender dari genus Salvia. Tinggi tanaman hanya sekitar 60 cm. Daunnya berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 6.4 cm dan lebar sekitar 2.5 cm.

Bagian bunganya bisa berwarna putih, ungu, atau pink. Namun, warna yang paling sering muncul adalah warna ungu. Di Eropa, bunga lavender jenis ini juga sering dipakai sebagai pelengkap masakan, lho. Hal ini disebabkan oleh jenis lavender ini memiliki minyak esensial yang kaya manfaat.

Ada banyak sekali jenis lavender yang ada di dunia. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri untuk membedakannya dengan jenis lain. Bunga lavender lokal pun sudah mulai dibudidayakan di daerah Bandung.

Tanaman yang bisa tumbuh di iklim sedang ini memang mudah beradaptasi dengan segala jenis tanah dan cuaca. Anda pun bisa menanamnya sebagai tanaman hias di rumah. Anda bisa memilih satu di antara 9 jenis bunga lavender yang sudah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat!

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *