Tanaman Hias Jakarta
7 Tips Sederhana untuk Merawat Miana Selendang Putri 7 Tips Sederhana untuk Merawat Miana Selendang Putri
Di antara banyaknya jenis tanaman hias Miana, Miana selendang Putri merupakan salah satu jenis yang cukup populer di kalangan pecinta bunga. Mungkin juga hal... 7 Tips Sederhana untuk Merawat Miana Selendang Putri

Di antara banyaknya jenis tanaman hias Miana, Miana selendang Putri merupakan salah satu jenis yang cukup populer di kalangan pecinta bunga. Mungkin juga hal ini yang menjadi alasan kenapa Anda mencari informasi tentang jenis tanaman hias ini.

Ingin tahu bagaimana cara merawat Miana selendang Putri agar tumbuh sehat dan rimbun? Apakah jenis ini memiliki perawatan yang berbeda daripada jenis Miana yang lain? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Berkenalan dengan Miana Selendang Putri

Bagi orang-orang yang hobi merawat tanaman hias, Miana merupakan salah satu tanaman yang tidak asing. Selain karena perawatannya yang cukup mudah, Miana merupakan salah satu tanaman hias yang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Menariknya, jenis ini memiliki harga yang juga relatif terjangkau. Anda bisa membeli tanaman ini mulai dari Rp 7.500. Miana sendiri memiliki berbagai jenis, dengan keunikannya masing-masing. Ada Miana Rainbow, Miana Rasta, Mania Wizard, dan salah satunya yaitu Miana Selendang Putri.

Lebih spesifik ke Miana Selendang Putri, apa yang membedakan jenis satu ini dengan jenis Miana yang lain? Penamaan dari tiap-tiap jenis tanaman hias Miana umumnya berdasarkan pada tampilan visual. Pun begitu dengan jenis ini yang memiliki visual daun meliuk-liuk seperti selendang.

Baca Juga :  Tanaman Dalam Vas Air Untuk Alternatif Hiasan Di Dalam Rumah

Miana Selendang Putri juga memiliki bentuk daun sedikit lonjong. Daunnya memiliki ciri khas berupa warna hijau kekuningan, dengan bagian tengah dari daunnya memiliki warna kuning keputihan. Pada bagian tengah daun yang berwarna kuning keputihan memiliki siluet warna pink yang sangat menawan.

tips sederhana untuk merawat miana selendang putri dirumah

Tips Merawat Miana Selendang Putri

Meskipun sederhana, bukan berarti Anda bisa sembarangan merawat tanaman ini. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tanaman hias Miana selendang Putri tumbuh sehat dan lebat.

1. Perhatikan pemberian Pupuk untuk Bibit Miana Selendang Putri

Bila Anda memiliki rencana untuk memperbanyak tanaman ini, sebaiknya Anda tidak langsung memberikan pupuk pada saat Anda baru melakukan stek dan menanamnya ke media tanam.

Untuk kesehatan tanaman ini, Anda bisa mulai memberikan pupuk 1 bulan setelah stek. Sebelum 1 bulan stek, akar Miana cenderung lebih sedikit dan lebih lemah. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memberikan rentang waktu bagi tanaman ini untuk beradaptasi dan berkembang.

2. Hindari Penggunaan Pot Besar

Anda tidak perlu menanam bibit bunga Miana hasil stek langsung di pot yang besar. Sebaiknya Anda menaruh bibit-bibit tanaman tersebut di tempat yang lebih kecil. Jika Anda merasa tanaman hias ini sudah lebih besar, Anda bisa memindahkannya ke tempat atau pot yang lebih besar pula.

3. Letakkan Tanaman Miana Selendang Putri yang di Tempat yang Ideal

Semua jenis tanaman hias Miana, termasuk jenis selendang Putri sebaiknya berada di tempat yang selalu terkena sinar matahari pagi dan sore. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak meletakkannya pada lokasi-lokasi yang memiliki intensitas cahaya.

Baca Juga :  Cara Menanam Miana dan Perawatannya Agar Memiliki Daun Yang Rimbun

Salah satu akibat yang mungkin timbul karena tanaman ini ini berada di lokasi yang minim intensitas cahaya adalah perubahan warna daun. Daun yang semula berwarna cerah, perlahan akan pudar dan cenderung pucat. Apalagi hama seperti ulat sangat menyukai lokasi-lokasi yang cenderung lembab dan gelap.

4. Pemilihan Pupuk

Karena perawatannya yang cukup mudah, Anda juga tidak perlu repot-repot memilih jenis pupuk yang sebaiknya Anda berikan untuk merawat Miana jenis ini.

Anda bisa memberikan pupuk kompos atau pupuk kandang alami setiap satu bulan sekali. Tanaman hias Miana cenderung bersifat fast growing atau cepat tumbuh, meskipun Anda jarang memberikan pupuk.

Bila perlu, Anda bisa menambahkan berbagai jenis pupuk, seperti pupuk penumbuh, atau pupuk pembasmi hama agar tanaman Miana bisa tumbuh lebih sehat.

5. Hindari Ampas dan Bubuk Kayu untuk Media Tanam

Meskipun Miana merupakan tanaman yang bersahabat dengan berbagai kondisi, sebaiknya Anda mempertimbangkan kembali jika Anda ingin menggunakan ampas atau bubuk kayu sebagai media tanam untuk Miana jenis ini.

Harus Anda ketahui, ampas dan bubuk kayu dapat membuat pot lembab dan air lebih lama menggenang. Bila ini Anda gunakan sebagai media tanam untuk Miana, batang Miana umumnya akan lebih mudah membusuk.

Jika Anda benar-benar tidak memiliki media lain, Anda sebaiknya membakar terlebih dahulu bubuk atau ampas kayu tersebut sampai menjadi arang. Barulah Anda bisa menggunakan sebagai campuran media tanam.

Baca Juga :  Cara Merawat Bunga Miana Agar Subur Dan Rimbun

6. Perhatikan Tekstur Media Tanam

Miana merupakan salah satu tanaman hias yang menyukai media tanam dengan sifat mudah menyerap air. Hal ini bisa terjadi lantaran batang dari tanaman Miana tidak mudah membusuk akibat air yang menggenang. Oleh sebab itu, Anda dapat memilih media tanam yang tidak padat. Untuk media tanam yang aman, Anda bisa menggunakan tanah yang bersifat gembur.

7. Jangan Menyiram Berlebihan

Selain ketepatan dalam pemilihan media tanam, Miana akan mudah mengalami pembusukan saat ia kelebihan air. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak terlalu berlebihan dalam menyiraminya.

Proses penyiraman sebaiknya Anda lakukan maksimal 2 kali dalam 1 hari yang dilakukan pada pagi dan sore hari agar media tanam tidak terlalu lembab. Kecuali saat hujan, Anda tidak perlu menyiraminya lagi.

Miana selendang Putri merupakan tanaman dengan perawatan yang cukup mudah. Namun, ada baiknya jika Anda tidak sembarangan dalam merawatnya. Beberapa tips di atas bisa Anda pertimbangkan untuk membuat tanaman hias ini lebih sehat dan cantik.

Itulah tadi beberapa tips sederhana dalam merawat Miana selendang putri. Apakah Anda sudah mencoba salah satunya?

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published.