Tanaman Hias Jakarta
7 Cara Merawat Bunga Gelombang Cinta dalam Pot 7 Cara Merawat Bunga Gelombang Cinta dalam Pot
Bukan hanya pecinta tanaman, siapa pun pasti pernah mendengar tanaman hias bernama gelombang cinta. Tanaman ini sempat viral beberapa tahun lalu karena harganya yang... 7 Cara Merawat Bunga Gelombang Cinta dalam Pot

Bukan hanya pecinta tanaman, siapa pun pasti pernah mendengar tanaman hias bernama gelombang cinta. Tanaman ini sempat viral beberapa tahun lalu karena harganya yang selangit. Apakah Anda tertarik untuk menanamnya? Ketahui dulu bagaimana cara merawat bunga gelombang cinta.

Setelah pandemi menyerang dunia, banyak orang yang mulai mencari aktivitas baru karena bosan di rumah. Sebagian besar dari mereka mengisi waktu di rumah dengan mempercantik rumah melalui tanaman hias. Salah satu tanaman hias yang kembali viral adalah gelombang cinta.

Apa yang istimewa dari tanaman ini?

Tanaman hias dengan daun memanjang dan bergelombang ini umum dijadikan sebagai hiasan dirumah. Apabila mendapatkan perawatan yang tepat, daun hijaunya mampu memperindah halaman depan rumah Anda. Tak hanya itu, jika menempatkan gelombang cinta di dalam rumah, ruangan tersebut pun akan segar.

Untuk anda yang masih pemula dalam merawat salah satu jenis bunga anthurium ini, kami akan menjelaskan serinci mungkin tips dan cara agar gelombang cinta cepat besar dan subur.

1. Perhatikan Kualitas Tanah dan Unsur di Dalamnya

Di alam liar, bunga athurium gelombang cinta memang bisa tumbuh dengan subur bagaimanapun kondisi tanahnya. Tanah yang ada di hutan memang cenderung lebih subur daripada tanah yang ada di dalam pot.

Baca Juga :  Tips Merawat Anthurium Andraeanum Untuk Pemula

Karena Anda menanam tanaman ini di dalam pot, kualitas tanah menjadi penting untuk Anda perhatikan. Pastikan tanah dalam pot mengandung gambut, arang, perut, kulit kayu, atau sabut kelapa. Anda bisa mencampur tanah dengan salah satu atau beberapa bahan-bahan yang kami sebutkan tadi.

Jika tak ingin repot, Anda juga bisa menggunakan tanah campuran khusus yang biasanya dibuat untuk tanah anggrek. Pemilihan bahan-bahan untuk tanah sebagai media tanam ini bertujuan agar tanaman gelombang cinta ini bisa tumbuh dengan maksimal. Kualitas tanah yang bagus akan memaksimalkan penyerapan nutrisi untuk berkembang.

cara merawat bunga gelombang cinta dalam pot rumah

2. Asupan Sinar Matahari Harus Cukup

Jika berbicara tentang kebutuhan sinar matahari untuk tanaman gelombang cinta, Anda benar-benar perlu memberi perhatian lebih. Tanaman gelombang cinta memang tanaman yang membutuhkan sinar matahari. Bahkan, kebutuhan akan sinar matahari mencapai 70-85%.

Angka kebutuhan sinar matahari yang tinggi tersebut membuktikan bahwa tanaman ini membutuhkan paparan sinar matahari langsung. Namun, paparan sinar matahari langsung justru bisa membuat daunnya terbakar.

Oleh karena itu, bunga ini akan lebih berkembang maksimal jika berada di taman indoor dengan cukup paparan matahari tak langsung.

3. Penyiraman Tidak Boleh Terlalu Sering

Untuk penyiraman, Anda juga perlu tahu fakta bahwa tanaman gelombang cinta adalah tanaman yang umumnya hidup di daerah yang kering. Ketika Anda merawatnya sebagai tanaman hias, Anda pun perlu menyesuaikannya dengan habitat aslinya.

Baca Juga :  Inilah Cara Memperbanyak Bunga Anthurium

Anda tetap perlu melakukan penyiraman secara teratur. Namun, pastikan Anda tidak terlalu berlebihan dalam menyiram, ya. Kamu bisa menyiramnya satu kali saja per hari. Pastikan juga media tanam bisa mengalirkan air dengan baik sehingga tidak menumpuk di dalam pot, ya.

4. Perhatikan Suhu, Jangan Terlalu Dingin

Masih berkaitan dengan penjelasan sebelumnya, gelombang cinta termasuk tanaman yang suka suhu yang hangat cenderung panas. Oleh karena itu, tempatkan tanaman ini di ruangan yang memiliki suhu antara 18 – 24 derajat Celcius.

Jika Anda menempatkannya di dalam rumah, sebaiknya hindari ruangan di dekat AC. Anda bisa meletakkannya di ruangan dengan cukup sinar matahari.

5. Lakukan Pemupukan secara Rutin

Meski merawat tanaman hias, bukan berarti Anda tidak membutuhkan pupuk. Anda tetap membutuhkannya. Ini adalah salah satu cara merawat gelombang cinta yang kuning. Pupuk apa yang Anda butuhkan?

Anda bisa menggunakan pupuk-pupuk organik. Anda juga bisa menggunakan pupuk untuk menutrisi daun agar pertumbuhan daun lebih baik lagi. Campuran pupuk NPK dengan air juga bisa Anda berikan untuk tanaman ini.

cara merawat bunga gelombang cinta dalam pot halaman

6. Jaga Keindahan dengan Merawat Daunnya

Agar hijaunya daun gelombang cinta ini bisa lebih menarik lagi, Anda juga perlu melakukan perawatan. Anda bisa mengelap bagian daun menggunakan spons halus dan susu cair.

Lakukan perawatan ini rutin tiap tiga hari sekali. Daun gelombang cinta pun bisa terlihat lebih indah dan terawat. Jika tidak mempunyai susu cair, cukup sering-seringlah mengelap bagian daun agar tidak tertutup debu.

Baca Juga :  Anthurium Lidah Gajah, Tanaman Hias Kekinian

7. Gunakan Fungisida untuk Mengendalikan Hama dan Penyakit

Meski sudah Anda rawat sedemikian rupa, bukan berarti tanaman hias ini akan selalu bebas penyakit. Untuk mencegahnya, Anda bisa menyemprotkan fungisida dengan dosis 10 gr/liter. Kamu bisa melakukannya ketika musim hujan tiba.

Fungisida pun merupakan insektisida yang mudah sekali Anda dapatkan. Kamu bisa memperolehnya di hampir seluruh toko bunga hias atau secara online.

Tanaman hias yang satu ini sebenarnya sangat mudah untuk Anda rawat. Agar pertumbuhannya sesuai dengan ekspektasi, Anda memang perlu memberikan perhatian ekstra. Tujuh cara ini bisa Anda jadikan panduan untuk merawat dan membudidayakan bunga ini.

Mari buat halaman depan rumah Anda makin cantik dengan tanaman gelombang cinta. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tanaman ini juga bisa Anda tempatkan di dalam rumah untuk mempercantik ruangan sekaligus menyegarkan udaranya. Semoga informasi tentang cara merawat bunga gelombang cinta ini bermanfaat, ya!

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *