Tanaman Hias Jakarta
6 Kesalahan Dalam Merawat Bunga Anthurium! 6 Kesalahan Dalam Merawat Bunga Anthurium!
Sebagai tanaman hias yang sangat populer di seluruh belahan dunia, bunga Anthurium termasuk jenis yang sebenarnya cukup mudah untuk di rawat. Namun, biasanya banyak... 6 Kesalahan Dalam Merawat Bunga Anthurium!

Sebagai tanaman hias yang sangat populer di seluruh belahan dunia, bunga Anthurium termasuk jenis yang sebenarnya cukup mudah untuk di rawat. Namun, biasanya banyak yang lalai dan sering melakukan kesalahan dalam merawat bunga Anthurium mereka.

Menghindari kesalahan dalam perawatan dapat menjaga agar tanaman anda tetap tumbuh sehat. Berikut ini adalah 6 kesalahan umum yang sering dilakukan pemula dalam merawat bunga Anthurium:

1. Menyiram berlebihan

Ini adalah kesalahan yang paling umum terjadi dalam merawat bunga Anthurium. Hampir semua jenis bunga Anthurium menyukai kondisi tanah yang lembab, bukan yang terlalu banyak air. Penyiraman yang berlebihan dalam jangka panjang dapat meyebabkan pembusukan pada akar.

2. Kekurangan air

Menjaga agar Anthurium tidak kelebihan air memang sangat disarankan. Namun, jangan sampai karena hal tersebut justru anda malah menjadikan tanaman ini kekuarangan air. Menyiram tanaman ini ketika tanah sudah mulai terlihat kering sangatkah di anjurkan. Untuk menjaga kelembapan anda dapat menyiramnya sekali dalam seminggu.

3. Terserang hama

Anthurium yang di rawat di luar ruangan memiliki resiko terserang hama lebih besar. Bisanya hama yang menyerang tanaman ini adalah jenis yang menghisap getah tanaman. Resiko ini semakin besar biasanya karena pemilk Anthurium jarang memperhatikan dan memeriksa kondisi daunnya. Dengan rutin mengelap daun menggunakan insektisida dan menggunakana sabun tentu bisa menangkal serangan hama lebih awal.

Baca Juga :  Anthurium Lidah Gajah, Tanaman Hias Kekinian

4. Daun hangus dan terbakar

Kelebihan sinar matahari dapat menjadikan daun tanaman Anthurium menjadi hangus dan terbakar. Meletakkan tanaman ini di luar ruangan harus mempertimbangkan paparan sinar matahari. Jangan meletakkan Anthurium kesayangan anda di tempat yang panas dan terpapar sinar matahari secara langsung. Jika cuaca mulai tidak bersahabat, anda sementara dapat memindahkannya ke dalam ruangan.

5. Suhu dan kelembapan yang tidak sesuai

Suhu yang ideal untuk tanaman ini adalah sekitar 21 – 32 derajat celcius. Meletakkan Anthurium di lokasi degan suhu yang lebih dingin atau lebih panas dapat menyebabkan masalah pertumbuhan dan bahkan merusak tanaman. Sementara untuk kelembapan, usahakan lingkungan tempat tanaman ini berada berkisar di atas 80%. Anda dapat menambahkan pelembab ruangan jika diperlukan.

6. Tidak mengganti pot

Bunga Anthurium membutuhkan pergantian pot yang rutin setidaknya setiap dua atau tiga tahun sekali. Ini bertunjuan agar pertumbuhan dari tanaman tidak terhambat. Ketika tanaman semakin dewasa, maka akar akan semakin memenuhi pot dan tentu nutrisi yang dibutuhkan semakin berkurang jika ada tidak menggantinya dengan pot yang lebih besar.

Itulah beberapa kesalahan yang biasanya sering dilakukan oleh pumula dalam merawat bunga Anthurium. Setelah membaca tulisan ini diharapkan anda dapat menghindarinya agar tanaman kesayangan anda dapat tumbuh dan bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *