Tanaman Hias Jakarta
6 Cara Merawat Kaktus Agar Cepat Besar dan Tumbuh Sehat 6 Cara Merawat Kaktus Agar Cepat Besar dan Tumbuh Sehat
Kaktus tergolong tanaman yang paling lambat pertumbuhannya. Untuk tumbuh sebesar ukuran kelereng besar saja, beberapa jenis kaktus membutuhkan waktu 6-12 bulan. Lalu apakah ada... 6 Cara Merawat Kaktus Agar Cepat Besar dan Tumbuh Sehat

Kaktus tergolong tanaman yang paling lambat pertumbuhannya. Untuk tumbuh sebesar ukuran kelereng besar saja, beberapa jenis kaktus membutuhkan waktu 6-12 bulan. Lalu apakah ada cara merawat kaktus agar cepat besar?

Untuk itu baca dan ketahui bagaimana cara membuat kaktus Anda tumbuh lebih cepat pada tulisan kami berikut ini. Namun sebelum itu, Anda juga harus memahami mengapa kaktus kesayangan anda memiliki pertumbuhan yang lambat.

Penyebab Kaktus Tumbuh Sangat Lambat

Berikut alasan yang membuat tanaman hias kaktus tidak cepat besar:

1. Serangan Hama

Saat kaktus terserang hama terutama serangga, kaktus akan sulit tumbuh bahkan berubah warna dan mati. Jadi, ketika Anda melihat bercak putih, tonjolan kuning, atau warna batang kaktus suram, segera semprotkan insektisida.

2. Kedalaman Tanam

Alasan selanjutnya adalah ketika Anda menanam kaktus terlalu dalam sampai bagian hijau kaktus juga tertutup tanah. Jika Anda menanam seperti itu, sebaiknya hentikan. Bahkan apabila Anda berniat menopang kaktus yang mulai miring, jangan gunakan media tanam tambahan. Akan tetapi cukup gunakan penyangga.

3. Infeksi

Infeksi atau pembusukan jamur juga bisa penyakit yang menjadi penyebab masalah pada kaktus. Maka dari itu, jika Anda melihat ada batang kaktus yang layu, segera buang agar tidak menyebar.

Baca Juga :  Cara Merawat Kaktus Koboi Berduri

4. Memiliki Sedikit Stomata

Stomata adalah salah satu alasan yang membuat kaktus tumbuh sangat lambat. Stomata adalah pori-pori dalam jaringan tumbuhan yang memungkinkan tumbuhan melakukan fotosintesis. Sementara itu, kaktus memiliki lebih sedikit stomata sehingga kurang mampu melakukan fotosintesis.

Cara Menanam dan Merawat Kaktus Supaya Cepat Besar

Berikut cara menanam dan merawat kaktus yang harus Anda lakukan supaya tumbuh lebih cepat:

1. Gunakan Tanah Terbaik untuk Kaktus

Salah satu cara merawat kaktus untuk pemula adalah memahami jenis tanah yang terbaik untuk tanaman ini. Kami sarankan menggunakan media tanam yang bisa cepat kering. Anda bisa mencampur tanah dengan sabut kelapa, sekam, pasir, atau batu apung dengan perbandingan 1:1.

tanah cara merawat kaktus agar cepat besar dan tumbuh sehat

Tujuannya untuk menjaga kaktus tetap sehat sehingga meningkatkan pertumbuhan sekaligus untuk menghindari serangan hama.

Kemudian tambahkan juga kerikil di media tanam. Cara ini dapat menghambat tumbuhnya rumput-rumput liar di media tumbuh kaktus yang dapat merebut nutrisi untuk kaktus.

2. Pilih Pot yang Kuat dan Lubangi

Kami sarankan menggunakan pot yang menarik sehingga dapat meningkatkan estetika tanaman kaktus Anda. Selain itu, pilih pot yang tidak mudah berlumut dan terbuat dari bahan yang awet sehingga dapat digunakan untuk waktu lama. Lebih dari itu, sesuaikan juga pot dengan ukuran kaktus supaya dapat berkembang dengan baik.

Ini penting terutama untuk cara merawat kaktus mini. Karena jangan berpikir pot besar membuat kaktus dapat berkembang dengan leluasa.

Baca Juga :  Kenali Cara Menanam dan Merawat Kaktus Kelinci dengan Benar

Sebaliknya, akar kaktus mini belum menyebar sehingga membuat media tanam berkumpul di pinggir dan menghambat aliran air. Jadi, akan lebih baik menggunakan pot yang tepat dan memindahkan kaktus saat tumbuh besar.

Namun, apapun jenis kaktus Anda, pastikan pot Anda bersifat porous. Artinya, pot harus memiliki sirkulasi udara yang baik supaya air dapat mengalir ke dasar pot. Sementara pada bagian dasar, lubangi pot sebagai saluran pembuangan air sehingga media tanam tidak kelebihan air.

3. Berikan Sinar Matahari yang Cukup Pada Kaktus

Anda jangan lupa, kaktus berasal dari padang pasir sehingga sangat penting memberinya sinar matahari. Namun tetap hindari sinar matahari yang berlebihan.

Lalu bagaimana jika Anda ingin meletakkan kaktus di dalam ruangan? Untuk cara merawat kaktus dalam ruangan, jemur setidaknya 4-5 jam sehari supaya mendapatkan cahaya matahari langsung. Alangkah lebih baik jika Anda menempatkannya di jendela supaya dapat menyerap sinar matahari.

Terlebih jika Anda menggunakan media tanam sabut kelapa yang menyimpan air lebih lama. Jika tidak dijemur, maka bisa membuat kaktus menjadi busuk.

4. Siram dengan Benar

Anda harus tahu, air yang berlebihan dapat menghambat pertumbuhan kaktus dan Anda akan gagal membuatnya tumbuh besar. Meski demikian, bukan berarti Anda tidak perlu menyiramnya.

Saat menyiram, cukup tuang air di dekat pangkal kaktus dan di seluruh media tanam. Ingat, bukan pada daunnya. Jadi, jangan menggunakan botol semprot. Tips menyiram kaktus:

  • Siram saat tanah sudah benar-benar kering.
  • Jangan biarkan kaktus Anda tergenang air, jadi gunakan sedikit air atau akarnya akan membusuk.
Baca Juga :  Cara Merawat Kaktus Mini Agar Rajin Berbunga dan Sehat

Maka dari itu, jangan terlalu rutin menyiram tanaman ini. Cukup siram tanaman kaktus anda saat diperlukan saja.

5. Gunakan Pupuk dengan Tepat

Meskipun kaktus tidak selalu membutuhkan makan, Anda tetap harus memberinya pupuk yang berkualitas. Akan tetapi, penggunaan pupuk tidak seperti penyiraman. Cukup gunakan saat awal penanaman dan ulangi setahun sekali.

pupuk cara merawat kaktus agar cepat besar dan tumbuh sehat

Cara memberi pupuk pada tanaman kaktus:

  • Sisihkan setengah pada bagian atas media tanam.
  • Lalu taburkan pupuk untuk kaktus di atas media tanam dalam pot.
  • Selanjutnya tutup pupuk dengan media tanam yang disisihkan tadi.

Dengan mengikuti cara tersebut, maka pupuk tidak akan menguap sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal.

6. Pertahankan Suhu yang Benar

Sebagai tanaman gurun, kaktus membutuhkan suhu hangat untuk berkembang. Jadi cara agar kaktus cepat bercabang dan tumbuh besar, tidak disarankan merawat kaktus di dalam ruangan ber-AC. Idealnya, kaktus membutuhkan suhu udara sekitar 16 – 34° C.

Dengan mengikuti tips dari kami diatas, diharapkan kaktus Anda bisa tetap sehat dan pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan. Jadi, segera terapkan cara merawat kaktus agar cepat besar di atas supaya tumbuhan sukulen Anda hidup dengan baik.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published.