Tanaman Hias Jakarta
6 Cara Menghilangkan Hama Pada Bunga Dengan Mudah 6 Cara Menghilangkan Hama Pada Bunga Dengan Mudah
Hama merupakan salah satu musuh bagi para pecinta bunga. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara menghilangkan hama pada bunga yang tepat. Anda... 6 Cara Menghilangkan Hama Pada Bunga Dengan Mudah

Hama merupakan salah satu musuh bagi para pecinta bunga. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara menghilangkan hama pada bunga yang tepat. Anda perlu membasmi hama agar tanaman dan bunga kesayangan bisa tumbuh dengan baik tanpa ada penyakit.

Bahaya Hama Pada Bunga

Hadirnya hama tentu akan mengganggu keindahan dari bunga yang Anda rawat. Tidak hanya mengganggu nilai estetika, ternyata hadirnya hama juga bisa memberikan dampak negatif seperti kematian tanaman hias.

Hama sendiri sebenarnya sudah menjadi musuh bagi setiap tanaman. Adapun jenis organisme yang menjadi hama ialah belalang, tungai, bekicot, tungau, dan kutu. Setiap organisme ini menyerang bagian yang berbeda pada tanaman. Ulat dan belalang pada umumnya akan menyerang bagian dedaunan.

Sementara kutu akan menyerang bagian pucuk bunga dan daun. Bekicot bisa menghambat pertumbuhan tanaman karena mengganggu bagian akar tanaman. Demi menghindari berbagai dampak negatif dari hadirnya hama, maka Anda harus memastikan bahwa tanaman dan kondisi lingkungan bersih dan sehat.

cara menghilangkan hama pada bunga dengan mudah monstera

Cara Menghilangkan Hama pada Bunga yang Efektif

Apakah Anda mengalami masalah untuk menghilangkan hama pada tanaman? Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah ini? Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan hama pada tanaman secara mudah dan bisa Anda lakukan di rumah:

Baca Juga :  7 Cara Menghilangkan Kutu Putih Pada Aglaonema!

1. Sabun Cuci Piring

Metode pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hama pada bunga hias ialah dengan memanfaatkan sabun cuci piring. Bahan ini tentu bisa Anda temukan dengan mudah dan produk ini bisa membasmi hama secara efektif.

Berikut ini ialah cara untuk membuat cairan pembasmi hama dengan menggunakan cairan sabun cair:

  • Campurkan beberapa tetes sabun cair dengan air hangat. Pilihlah wadah yang memudahkan Anda untuk menyemprot cairan ini.
  • Semprotkan cairan ini pada hama yang menempel pada bunga, misalnya kutu putih.
  • Diamkan hingga 15 menit dan lihatlah cairan ini mampu menghilangkan hama. Selanjutnya, sinar matahari yang akan membunuh hama pada bunga.

2. Bawang Putih

Bawang putih ternyata juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi hama yang mengganggu pertumbuhan bunga Anda. Bumbu dapur ini bisa secara efektif mengatasi hama seperti kutu, lalat putih, kumbang, kentang, dan sebagainya.

Bagaimana cara penggunaan bawang putih sebagai pestistida untuk mengatasi hama? Berikut ini adalah cara yang perlu Anda ikuti:

  • Siapkan 4 sampai 5 bawang putih lalu hancurkan sampai halus
  • Masukkan bawang putih yang sudah halus tersebut ke dalam 1 liter air
  • Anda bisa menambahkan sabun herbal ke dalam campuran ini
  • Saring air kemudian pisahkan ampasnya
  • Masukkan airnya ke dalam botol lalu tambahkan 2,5 gelas air
  • Semprotkan cairan ini pada bunga dan tanaman untuk menghilangkan hama
Baca Juga :  5 Cara Mengatasi Hama Tanaman Hias Secara Alami

3. Minyak Sayur

Bahan dapur selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi hama ialah minyak sayur. Minyak sayur mampu melapisi tubuh serangga dan mampu membuat hama menjadi tercekik. Hal ini karena minyak sayur mampu menghalangi jalur bernafas mereka yakni melalui pori-pori.

Berikut ini ialah cara membuat obat pembasmi hama menggunakan minyak sayur:

  • Siapkan satu gelas minyak sayur dan satu sendok makan sabun cair
  • Campurkan kedua bahan ini pada satu botol kemudian kocok hingga keduanya menyatu
  • Ketika Anda ingin menggunakan campuran ini sebagai pestisida, maka Anda perlu mengambil 2 sendok teh campuran minyak dan sabun lalu campurkan dengan satu liter air
  • Semprotkan air tersebut ke tanaman hias maupun bunga yang dihinggapi oleh hama

4. Bubuk Merica

Ternyata memang banyak bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengusir hama pada bunga kesayangan. Tidak perlu mengeluarkan uang banyak, perawatan alami ini tentu saja efektif untuk mengusir hama.

Bahan alami selanjutnya ialah bubuk cabai yang bisa Anda gunakan sebagai pestisida alami. Cara membuat pestisida ini sangat mudah, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Siapkan satu liter air kemudian campurkan satu sendok makan bubuk cabai
  • Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes sabun cair
  • Semprotkan kepada tanaman dan daun yang terkena hama
  • Cairan ini akan mampu mengatasi hama dan tanaman bisa tumbuh dengan baik
Baca Juga :  9 Cara Menghilangkan Semut Pada Tanaman Hias

5. Soda Kue

Apakah Anda suka membuat kue? Ternyata soda kue juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi hama dengan mudah. Soda kue bisa menjaga PH tanah agar tetap seimbang. Hal ini sangat baik untuk tanaman karena PH tanah yang seimbang akan mencegah munculnya hama yang mengganggu.

Cara membuat pestisida ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu mencampurkan soda kue dengan sabun cair dalam satu wadah. Kemudian semprotkan cairan ini pada tanaman hias dan bunga. Cairan ini ampuh untuk mengusir kutu putih, serangga, jamur hitam dan berbagai hama pengganggu lainnya.

6. Kapur Sirih

Cara menghilangkan hama secara alami selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kapur sirih. Anda hanya perlu menyediakan sekitar 100 gram kapur sirih lalu campurkan dengan 1 liter air. Kocok botol wadah sampai kedua bahan ini tercampur dengan baik.

Sama seperti campuran pestisida lainnya, Anda hanya perlu menyemprotkan cairan ini ke tanaman maupun bunga. Kandungan kavokol dan zat fenol pada kapur sirih sangat bermanfaat untuk membunuh hama seperti tungau.

Ternyata, banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir hama. Berbagai cara di atas sangat mudah dan murah. Sekarang, Anda sudah tidak bingung lagi untuk mengetahui cara menghilangkan tanaman pada bunga, bukan? Temukan cara terbaik dan lihatlah bunga dan tanaman hias tumbuh dengan baik.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *