Tanaman Hias Jakarta
10+ Rekomendasi Pupuk untuk Sukulen dan Kaktus 10+ Rekomendasi Pupuk untuk Sukulen dan Kaktus
Sama seperti tanaman hias lainnya, sukulen juga membutuhkan pupuk untuk tumbuh subur. Pupuk untuk sukulen yang terbaik dapat menyuburkan sekaligus menyehatkan. Lalu jenis pupuk... 10+ Rekomendasi Pupuk untuk Sukulen dan Kaktus

Sama seperti tanaman hias lainnya, sukulen juga membutuhkan pupuk untuk tumbuh subur. Pupuk untuk sukulen yang terbaik dapat menyuburkan sekaligus menyehatkan.

Lalu jenis pupuk apa yang bisa digunakan untuk tanaman sukulen Anda? Lihat rekomendasinya pada tulisan kami di bawah ini.

Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Sukulen

1. NPK

Pupuk terbaik untuk perawatan sukulen adalah yang mengandung unsur fosfor serta hara nitrogen. Jenis ini merupakan pilihan yang baik untuk pertumbuhan tanaman kesayangan anda.

Dengan menggunakan pupuk NPK untuk kaktus dan sukulen, maka tanaman Anda dapat berkembang secara maksimal.

Manfaat menggunakan pupuk NPK untuk kaktus:

  • Membantu pembentukan cabang dan pembungaan.
  • Membuat warna sukulen lebih cerah
  • Memperkuat batang sukulen dan menjaga daya tahannya terhadap hama dan penyakit.

Pupuk NPK juga bekerja dengan baik dalam memberikan energi untuk aktivitas metabolisme tanaman sukulen.

2. Dekastar

Pupuk Dekastar baik untuk kaktus dan sukulen karena mengandung unsur makro dan mikro yang seimbang. Tidak hanya untuk sukulen yang baru tumbuh, Anda juga bisa menggunakan pupuk ini untuk merangsang pertumbuhan sukulen dewasa.

Baca Juga :  Kenali Cara Menanam dan Merawat Kaktus Kelinci dengan Benar

dekastar rekomendasi pupuk untuk sukulen dan kaktus

Pupuk dekastar melepaskan unsur hara secara perlahan, sehingga mencegah sukulen kehilangan unsur hara karena penyiraman. Penggunaannya adalah dengan menimbunnya pada media tanam sukulen.

3. Pupuk Organik Multi Mikroba

Jenis pupuk organik kaya akan nutrisi dan dapat menyuburkan tanaman sukulen Anda. Selain membuat tanaman lebih kuat juga membantu mempercepat pertumbuhan akar dan tunas.

Dengan pupuk ini warna daun sukulen akan terlihat lebih segar dan tahan terhadap cuaca buruk, serta penyakit, dan hama. Jenis ini berupa pupuk serbuk yang dapat Anda tabur ke area akar sukulen.

4. Cactus & Succulent

Merupakan pupuk yang bagus untuk sukulen supaya akarnya cepat tumbuh serta lebih tahan terhadap hama dan penyakit. Selain membuat sukulen menjadi lebih kuat, juga tampak lebih segar dan sehat. Berupa pupuk cair yang penggunaannya dicampur dengan air terlebih dahulu sebelum disiramkan pada media tanam.

5. Pupuk Cair Langsung Pakai

Pupuk cair yang bisa langsung Anda semprotkan pada tanaman tanpa harus mencampurnya dengan air terlebih dahulu. Sesuai untuk sukulen yang sedang membutuhkan asupan nutrisi. Karena pupuk instan ini bekerja maksimal mempercepat pertumbuhan akar dan cabang serta meningkatkan kesuburan sukulen.

pupuk cair instan rekomendasi pupuk untuk sukulen dan kaktus

6. Pupuk Hormon Vegetatif

Pupuk yang bisa Anda gunakan pada awal pertumbuhan serta selama pemeliharaan sukulen. Karena selain membantu pertumbuhan tunas juga menjaga supaya sukulen dapat berkembang dengan baik. Pupuk ini berbentuk cair dan penggunaannya adalah disemprotkan pada batang atau daun sukulen.

Baca Juga :  Mengenal Jenis Kaktus Dan Manfaatnya

Fungsi lainnya dari pupuk ini adalah:

  • Memperkuat tanaman
  • Membantu pembelahan sel pada akar
  • Mempercepat pertumbuhan akar

7. Pupuk Organik

Jenis pupuk yang bisa Anda manfaatkan pada sukulen yang layu serta untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tunas. Manfaat dari pupuk jenis ini diantaranya:

  • Memperkuat batang sukulen
  • Merangsang tumbuhnya akar dan anakan
  • Mencerahkan warna sukulen sehingga tampak lebih segar.
  • Meningkatkan daya tahan sukulen terhadap pengaruh buruk lingkungan dan hama.

Pupuk organik serbuk ini bisa langsung Anda tabur atau timbun pada media tanam atau melarutkannya ke dalam air.

8. Pupuk Cair Organik

Jenis pupuk ini berbentuk cair dengan saran penggunaan hanya sekitar 2 tetes untuk 500ml air. Manfaatnya adalah untuk mempercepat pertumbuhan akar dan tunas baru serta membantu proses keluarnya bunga.

9. Vitamin B-1 Liquinox

Saat memindahkan sukulen ke media tanam yang baru, tentu kaktus harus melakukan penyesuaian kembali. Keadaan tersebut dapat membuat sukulen stress dan mulai layu.

Di saat seperti itu, Anda dapat menambahkan Liquinox pada media tanam untuk memperbaiki media tanam dan memberi energi pada sukulen. Dengan begitu maka sukulen akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan media baru. Selain itu, Liquinox juga bisa Anda gunakan pada tunas sukulen maupun sukulen yang tampak layu dan kurus.

10. Pupuk Butir

Anda bisa menabur pupuk butir ini di atas media tanam atau mencampurnya dengan media tanam agar kaktus cepat besar. Selain itu juga memicu pertumbuhan akar sehingga tanaman kaktus maupun sukulen bisa lebih kuat. Bahkan jika digunakan pada jenis sukulen berbunga, pupuk ini akan mempercepat keluarnya bunga.

Baca Juga :  Mengenal Kaktus Bintang Serta Cara Menanam dan Merawatnya

11. Pupuk Organik GDM

Pupuk organik cair yang ini bermanfaat untuk:

  • Mempercepat pertumbuhan sampai perkembangan akar sukulen.
  • Mencerahkan warna bunga dan batang sukulen sehingga tampak lebih indah.
  • Membuat sukulen lebih tahan terhadap hama dan penyakit.
  • Memperkuat batang sukulen supaya tetap tegak saat cuaca ekstrem.
  • Mempercepat pertumbuhan anakan serta cabang sukulen.

Beberapa manfaat tersebut didapatkan berkat kandungan bakteri baik dalam pupuk organik cair GDM. Contohnya seperti Bacillus Brevis, Bacillus Pumilus, Bacillus Mycoides, micrococcus Roseus, dan lainnya. Anda bisa menggunakannya sejak penyemaian benih sampai untuk perawatan sukulen dewasa.

12. Pupuk Cair dari Growth Technology

Berupa pupuk cair yang bisa Anda campur dengan air dan diaplikasikan pada media tanam sukulen. Manfaatnya pada sukulen adalah untuk merangsang pertumbuhan cabang dan bunga. Selain itu juga memperkuat akar sukulen sehingga tidak mudah miring.

Rekomendasi pupuk untuk sukulen di atas bisa Anda gunakan hanya sesuai kebutuhan. Karena sukulen tidak membutuhkan terlalu banyak pupuk.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published.