Tanaman Hias Jakarta
10 Manfaat Tanaman Begonia Untuk Kesehatan 10 Manfaat Tanaman Begonia Untuk Kesehatan
Merawat tanaman hias dapat menambah suasa di rumah menjadi lebih segar dan asri. Salah satu jenis tanaman yang saat ini banyak diminati adalah bunga... 10 Manfaat Tanaman Begonia Untuk Kesehatan

Merawat tanaman hias dapat menambah suasa di rumah menjadi lebih segar dan asri. Salah satu jenis tanaman yang saat ini banyak diminati adalah bunga Begonia. Ada berbagai jenis bunga Begonia yang bisa anda jadikan sebagai hiasan di rumah. Tidak hanya sebagai hiasan, ternyata tanaman Begonia juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan zat yang ada pada tanaman ini dapat diolah dan digunakan. Beberapa kandungan kimia yang dapat dimanfaatkan dari tanaman hias Begonia adalah:

  • Alkaloid
  • Saponin
  • Flavonoid
  • Vitamin C
  • Asam karbol
  • Kalsium

Berikut ini adalah manfaat tanaman Begonia untuk kesehatan:

1. Sebagai obat flu

Penyebab kita terserang flu biasanya adalah karena virus. Untuk meredakannya membutuhkan obat-obatan yang memiliki kandungan anti virus. Salah satu zat yang ada pada tanaman begonia dapat berfungsi sebagai anti virus dan anti bakteri sehingga dapat meredakan flu.

2. Obat batuk alami

Tidak hanya dapat mengobati flu, tanaman Begonia juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk meredakan batuk. Kandungan zat anti virus dan anti bakteri yang ada pada tanaman ini dapat membantu mengurangi batuk dan menyembuhkannya.

Baca Juga :  Cara Memperbanyak Bunga Begonia Dengan Stek Daun

3. Baik untuk sistem pencernaan

Beberapa jenis masalah pencernaan yang dapat di obati menggunakan Begonia adalah mual, muntah, dan diare. Ini disebabkan karena pada tanaman Begonia mengandung senyawa alami yang dapat mengobati masalah pencernaan.

4. Mencerahkan kulit

Memiliki kulit yang cerah ternyata tidak semahal yang dibayangkan. Anda dapat memanfaatkan bunga Begonia agar kulit tampak lebih cerah. Memanfaatkan tanaman ini merupakan salah satu cara yang mudah dan murah.

5. Menghentikan pendarahan

Ketika mengalami pendarahan, disarankan secepatnya untuk dapat dihentikan. Pendarahan yang terus berlanjut sangat berbahaya dan dapat mengancam jiwa karena kehilangan banyak darah. Salah satu cara alami untuk mengentikan pendarahaan adalah dengan memanfaatkan bunga Begonia.

6. Baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi

Kalsium adalah zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium sangatlah di sarankan. Salah satu jenis tanaman yang mengandung kalsium adalah bunga Begonia.

7. Mengobati bronkitis

Bronkitis adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena terhambatnya aliran oksigen ke paru-paru. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan tepat, tentu dapat menimbulkan hal yang lebih serius. Kandungan zat yang ada pada bunga Begonia salah satunya adalah anti inflamasi, ini sangat membantu untuk penderita bronkitis.

8. Obat rematik

Kandungan anti inflamasi yang ada pada bunga Begonia selain dapat mengobati bronkitis juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati rematik dan asam urat.

Baca Juga :  9 Jenis Bunga Begonia Termahal di Pasar Indonesia

9. Meredakan gejala asma

Penderita asma akan mengalami masalah kesulitan bernafas. Salah satu alternatif pengobatan yang bisa di lakukan untuk penderita asma ini adalah dengan mengkonsumsi bunga Begonia.

10. Mengobati disentri

Kandungan yang ada pada tanaman Begonia secara alami dapat mengobati disentri. Selain itu, menjaga kebersihan dan menjaga pola makan yang sehat juga di sarankan agat penyakit ini cepat sembuh.

Itulah beberapa manfaat tanaman Begonia untuk kesehatan. Sebelum mengkonsumsi tanaman ini sebaiknya anda konsultasikan ke dokter yang lebih ahli menangani penyakit yang sedang anda derita. Kesalahan dalam pengolahan, bukannya menjadikan tanaman ini sebagai obat, justru malah membahayakan kesehatan anda.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *