Tanaman Hias Jakarta
10 Jenis Tanaman Hias Merambat yang Cocok Untuk Dekor Rumah 10 Jenis Tanaman Hias Merambat yang Cocok Untuk Dekor Rumah
Salah satu cara menghias rumah agar terlihat asri adalah dengan merawat tanaman hias merambat. Jenis tanaman yang merambat sangat cocok untuk menghiasi pagar maupun... 10 Jenis Tanaman Hias Merambat yang Cocok Untuk Dekor Rumah

Salah satu cara menghias rumah agar terlihat asri adalah dengan merawat tanaman hias merambat. Jenis tanaman yang merambat sangat cocok untuk menghiasi pagar maupun dinding rumah bagian luar.

Anda yang mempunyai ruangan outdoor juga bisa mempercantiknya dengan tanaman merambat. Tanaman hias yang merambat ini akan membuat rumah Anda terlihat lebih estetik bagaikan di negeri dongeng.

Ada banyak jenis tanaman rambat yang bisa Anda jadikan sebagai hiasan. Berikut ini kami berikan rekomendasi beberapa jenis tanaman hias merambat yang cocok untuk dekorasi rumah.

1. Morning Glory

Morning glory termasuk salah satu tanaman hias rambat yang cukup terkenal. Bunga ini dikenal sebagai tanaman hias rambat yang berbunga cantik.

morning glory jenis tanaman hias merambat yang cocok untuk dekor rumah

Warna bunga Morning Glory adalah biru yang menyegarkan. Seperti namanya, bunga dari tanaman ini hanya akan mekar pada pagi hari.

Morning glory cocok untuk ditanam dekat tembok rumah bagian luar. Anda juga bisa menanamnya di dinding pagar rumah. Dengan adanya tumbuhan ini, maka dinding rumah Anda akan terjaga dari sinar matahari dan hujan.

2. Mandevilla

Tanaman hias merambat dinding lainnya adalah mandevilla. Jenis tanaman ini mempunyai bunga dengan warna yang cantik. Warna bunga tanaman ini biasanya pink ke putih- putihan, walaupun ada juga yang berwarna merah.

Baca Juga :  9 Jenis Tanaman Hias Daun Kecil

Keindahan warna dari bunga mandevilla akan membuat rumah Anda terlihat cantik dan asri. Apalagi tanaman ini termasuk salah satu jenis tanaman yang tidak sulit dalam perawatannya. Anda hanya perlu menyiramnya satu kali sehari agar tanaman tidak layu.

3. Air Mata Pengantin

Jika Anda ingin melindungi dinding rumah dari perubahan iklim yang ekstrim, maka tanaman air mata pengantin cocok untuk Anda pilih. Jenis tanaman rambat ini tidak hanya bisa melindungi dinding luar tapi juga akan mempercantik rumah Anda.

Warna bunga air mata pengantin sangat indah yaitu merah dan putih. Bentuk bunganya memanjang khas tanaman hias rambat. Tidak hanya sebagai hiasan dinding, Anda juga bisa menanamnya agar merambat di pagar rumah.

4. Daun Dollar

Ingin membuat rumah tampak lebih segar? Anda bisa memilih daun dollar sebagai hiasan. Daun dollar adalah jenis tanaman hias yang tidak berbunga dan cocok untuk ditanam di pagar atau dinding luar rumah.

Tanaman yang satu ini bisa tumbuh di semua media tanam termasuk dinding yang kasar. Daunnya yang berbentuk kecil-kecil bisa tumbuh lebat menutupi dinding luar rumah Anda. Selain sebagai pelindung dan penghias dinding rumah saja, tanaman rambat daun dolar dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan.

5. Sirih Gading

Tanaman merambat seperti sirih gading juga cocok untuk Anda tanam di dinding luar rumah. Anda juga bisa menanam sirih gading menggantung di dalam ruangan. Tanaman gantung sirih gading ini bisa mempercantik ruangan sekaligus menyegarkan udara.

Baca Juga :  26 Jenis Bunga Gantung Di Teras Rumah

sirih gading devils ivy jenis tanaman hias merambat yang cocok untuk dekor rumah

Sirih gading tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias saja tapi bisa Anda manfaatkan untuk obat mata. Rendaman sirih gading bisa membantu mengatasi mata merah dan gatal.

6. Sukulen Tasbih

Ingin menghias ruangan outdoor rumah agar tampak lebih asri? Anda bisa memilih tanaman sukulen tasbih. Tanaman hias yang satu ini bisa tumbuh subur dengan berbagai media. Anda bisa menanamnya menggantung agar tumbuh seperti tirai. Sukulen tasbih juga cocok untuk menghiasi kanopi rumah.

Perawatan tanaman ini juga tidak sulit. Anda hanya perlu menyiramnya setiap hari. Media tanamnya juga tidak sulit, karena anda bisa menggunakan tanah biasa.

7. Melati Belanda

Tanaman hias merambat yang mudah dirawat salah satunya adalah melati belanda. Nama lain dari tanaman ini adalah honeysuckle atau sering disebut dengan ceguk.

Akar tanaman ini merambat dengan mudah sampai 8 meter. Tidak hanya akarnya, cabang dari tanaman ini juga bisa tumbuh sampai 20 meter.

Melati belanda mempunyai bunga yang indah dan mekar setiap musim panas. Bentuk bunganya menjuntai seperti terompet dengan warna yang indah. Tanaman ini cocok untuk menghiasi dinding rumah atau pagar Anda.

8. Kembang Telang

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman rambat yang satu ini bukan? Kembang telang merupakan tanaman rambat yang bisa tumbuh subur di Indonesia.

Tanaman yang berasal dari Ternate ini mampu tumbuh panjang sampai 3 meter dengan panjang sulur sampai 2,5 meter. Bunga dari tanaman ini adalah ungu terang yang indah. Anda bisa menanam tanaman ini di kebun depan rumah dekat pagar untuk menghiasi pagar rumah Anda.

Baca Juga :  10 Tanaman Hias Outdoor yang Mudah Dirawat di Teras Rumah

9. Bougenville

Bunga bougenville atau bunga kertas merupakan salah satu jenis tanaman hias merambat untuk kanopi. Belum banyak yang tahu jika bunga bougenville tumbuhnya merambat.

bougenville jenis tanaman hias merambat yang cocok untuk dekor rumah

Batang tanaman ini memang cukup kokoh dan bisa berdiri tanpa menggunakan media rambat. Jika Anda menanam bunga ini di dekat kanopi, bunga ini akan tumbuh merambat dengan indah. Kanopi Anda akan terlihat lebih cantik dengan bunga bougenville yang warna-warni.

10. Lee Kuan Yew

Tanaman rambat yang satu ini sudah sangat terkenal dan banyak diminati. Banyak orang memilih tanaman ini untuk membuat tirai alami di depan rumahnya.

Lee Kuan Yew bisa tumbuh subur tanpa banyak sinar matahari. Anda bisa menanamnya menggantung di depan teras rumah agar teras terlihat lebih sejuk.

Tanaman ini juga tidak membutuhkan banyak perawatan. Anda hanya perlu menyiramnya dua kali sehari agar bisa tumbuh subur.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menjadikan salah satu tanaman ini untuk dekorasi rumah Anda? Menanam tanaman hias merambat sebenarnya tidak sulit, tergantung dari jenis tanaman yang Anda pilih. Anda harus rajin menyiram dan memotong tanaman agar bisa tumbuh dengan subur.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published.